Mohon tunggu...
Amila Nurjanah
Amila Nurjanah Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pentingnya Komputer dalam Proses Pembelajaran

14 April 2016   07:39 Diperbarui: 14 April 2016   07:51 2484
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pembelajaran berbasis Multimedia

Pendahuluan

Di jaman yang sudah modern seperti saat ini, kecanggihan teknologi sudah seharusnya di manfaatkan dengan baik oleh masyarakat, terutama dalan bidang pendidikan yang seharusnya memberikan dampak positif bahkan bisa meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yang saat ini masih rendah. Pemerintah yang telah mengganti kurikulum memang merupakan tindakan yang benar karena sudah lebih dari 10 tahun kurikulum di Indonesia belum mengalami perubahan, jika kurikulum berganti maka proses pembelajarannya pun ikut berubah salah satunya dalam mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu pembelajaran berbasis teks, begitu pula dengan media pembelajaran menggunakan computer atau pembelajaran berbasis multimedia.

Seiring dengan berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) berdampak pada bertambahnya media dan sumber belajar yang praktis dalam proses belajar mengajar, salah satu media hasil dari perkembangan teknologi adalah komputer. Kecanggihan  teknologi yang semakin pesat juga sangat mempengaruhi tingkat kemajuan pendidikan di Indonesia, dengan adanya teknologi tentu sangat membantu dalam proses belajar mengajar. Bagi siswa komputer dapat digunakan dalam belajar dan mengerjakan tugas, dan bagi guru komputer dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang efektif.

            Kenyataannya tidak semua praktisi penddikan bisa menggunakan komputer dengan baik dan benar. Banyak di antaranya yang tidak tahu cara menggunakan komputer dengan baik dan benar, apa manfaat dari komputer itu sendiri? Bahkan banyak yang menggunakan komputer untuk hal-hal yang negatif, sebagian orang yang tidak pahamlah yang memandang teknologi sebagai dasar yang menyebabkan perilaku siswa berubah menjadi nakal dan tidak sesuai dengan keinginan orang tuanya oleh sebab itulah banyak orang tua yang menggap bahwa teknologi itu tidak penting dan untuk apa bisa menggunakan komputer jika akhirnya memiliki banyak pengaruh negatif di bandingkan  dengan dampak positifnya, pola pikir masyarakat yang seperti itulah yang harus kita ubah.

kurang sadarnya pemerintah dan praktisi pendidikan dalam menanggapi perubahan teknologi yang sarananya memiliki peranan yang besar dalam pendidikan, contoh : kurang tanggapnya pemerintah dan praktisi pendidikan dalam menyediakan dan prasarana di sekolah membuat siswa kurang mendapatkan pengetahuan mengenai teknologi dan tidak sedikit siswa yang tak paham cara menggunakan komputer, bahkan mengganggap belajar komputer itu sulit, dan akan menjadi beban bagi para siswa yang memiliki kemampuan pasif.

Salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah dengan di tetapkannya peraturan pelaksanaan UN (Ujian Nasional) dengan berbasis teknologi yang akan dilaksanakan mulai tanggal 04-07 April 2016 pada tingkat SMA di seluruh Indonesia.

Pembahasan

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan, dan kenyamanan hidup manusia dan kumpulan alat, termasuk mesin, modifikasi, pengaturan dan prosedur yang digunakan oleh manusia. Teknologi yang sering di gunakan oleh siswa adalah  sosial media seperti : facebook, twitter, line, instagram yang memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai alat berkomunikasi.

Komputer adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung dan memberikan hasil pengolahan serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi) biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan serta unit pengontrolan.Komputer adalah media yang dapat digunakan dalam pengajaran dengan berbagai metode yang berbeda-beda.

Peran komputer secara umum adalah sebagai berikut :1. Komputer dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar, 2.Dengan komputer para pembelajar bahasa dapat menentukan sendiri program bahasa yang disukainya dan belajar sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki, 3.Dapat memotivasi para pembelajar lewat variasi pelajaran dengan suara dan gambar, 4.Program komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis, sehingga para pembelajar dapat mengetahui skor/nilai segera setelah soal-soal dikerjakan.

Bentuk-bentuk pembelajaran dengan meggunakan komputer antara lain sebagai berikut :

1.      Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Word. Dengan memanfaatkan program Word, dapat mengetik  bahan ajar yang menarik, menggunakan berbagai format tulisan, warna dan ukuran kertas yang bervariasi.

2.      Pembelajaran dengan format PDF. Biasanya format PDF digunakan untuk menyajikan berbagai macam bentuk presentasi yang dilengkapi dengan suara dan gambar.

3.      Pembelajaran dengan menggunakan tabel atau grafik dengan memanfaatkan program PDF atau Microsoft Office..

4.      Pembelajaran dengan menggunakan komputer yang tersambung dengan internet. Apabila suatu komputer dapat tersambung dengan jaringan internet, maka proses pembelajaran  dapat diselenggarakan secara online dan materi ajar terkini dapat diakses dengan cepat dan seketika.

5.      Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Power Point, biasanya di manfaatkan untuk mempermudah persentasi karena yang ada di dalamnya adalah intisari dari materi atau makalah yang akan di persentasikan.

6.      Pembelajaran dengan menggunakan Microsoft Excel. Dengan memanfaatkan program Excel dapat mengetik bahan ajar yang berhubungan dengan angka akan lebih mudah dan cepat.

Hambatan Pemanfaatan Komputer dalam Proses Pembelajaran diantaranya adalah: penolakan/keengganan untuk berubah kepala sekolah dan guru yang mungkin akan merubah dan memajukan kualitas sekolah tersebut, kesiapan SDM dan kompetensi guru, kurangnya pelatihan yang di siapkan pemrintah bagi guru untuk bisa bersaaing di dunia kerja,  ketersedian fasilitas komputer yang ada di sekolah; ketersediaan bahan belajar berbasis aneka sumber; dan keberlangsungan  karena keterbatasan dana tetapi kebutuhan belum terpenuhi sepenuhnya.

Dampak positif dari adanya komputer antara lain : a. Komputer sebagai sarana mempermudah kerja, b. Kompter sebagai sarana komunikasi, c. Komputer sebagai alat hiburan, d. Komputer sebagai alat pendidikan e. Komputer sebagai sarana informasi.

Dampak negatif dari adanya komputer antara lain : a. Dengan adanya fasilitas komputer sebagai alat hiburan seperti chating dan game, orang banyak yang terlena sehingga mereka lupa terhadap tugas dan tanggung jawab mereka, seperti belajar, bekerja dll,  b. Dengan mengakses situs-situs yang menampilkan gambar serta video porno dapat merusak akhlak seseorang, c. Banyak terjadi aksi penipuan dengan membuat Website untuk mendapatkan uang secara mudah.d. Programer yang terkenal dengan sebutan Hacker, yang dapat mengambil data seseorang untuk diperjual belikan, serta dapat merusak sistem orang.

Kelebihan yang dimiliki komputer dalam proses belajar mengajar antara lain :1. Kita  bisa belajar sesuai dengan kecepatan memahami yang dimiliki, 2. Adanya kebebasan untuk menentukan jadwal untuk belajar, 3.Kemampuan mengatasi kendala jarak dan waktu, 4.Kemudahan bagi mereka yang berkebutuhan khusus

Kekurangaan penggunaan komputer dalam proses pembelajaran antara lain :1. Kurangnya perhatian guru kepada siswanya,  membuat siswa terbengkalai, karena gurunya terlalu fokus dengan komputer. 2. Tidak bisa menunjang kemampuan psikomotor, karena komputer hanya dapat menginput data serta informasi, tetapi tidak bisa menggantikan guru secara utuh ketika proses pembelajaran berlangsung. 3. Ketergantungan terhadap teknologi, ketergantungan teknologi juga dikaitkan dengan masalah biaya dan kesetaraan. Sekolah dan lingkungan belajar yang tidak memiliki komputer akan dirugikan. 4. Mengganggu psikologis serta kesehatan, menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer akan mengakibatkan kesehatan fisik lainnya, seperti kelelahan mata, sikap tubuh yang buruk dan masalah lainnya dari duduk sepanjang hari, dan radang pergelangan tangan serta akan merusak mata

Penutup

Perkembangan teknologi telah memberikan pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan kita, salah satunya dalam bidang pendidikan.Perkembangan teknologi memang merangsang seluruh komponen pendidikan untuk lebih bijak dalam menyikapinya. Terutama untuk memilih media apa yang sesuai dengan proses pembelajaran dan tahubagaimana cara menggunakannya dengan baik, tanpa menggeser makna pendidikan itu sendiri. Pentingnya komputer sebagai membelajaran akan meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi siswa dalam belajar.

Penggunaan komputer dalam kegiatan pembelajaran memberikan keuntungan yang banyak, tetapi tidak dapat dipungkiri juga memiliki kerugian. Tergantung bagaimana guru menyikapi dan mengatur serta menerapkan metode dan media pembelajaran yang tepat agar  kegiatan belajar mengajar bisa berjalan dengan baik serta materi yang disampaikan bisa diserap oleh siswa dengan baik.

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi hendaknya berbanding lurus dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru, karena guru yang baik adalah guru yang mampu menciptakan siswa yang baik, dan yang harus selalu diingat adalah komputer hanyalah benda mati, tidak bisa menggantikan sepenuhnya peran guru dalam proses pembelajaran.

Semoga berbagai kalangan yang terlibat dalam penyusunan program pembelajaran berbasis multimedia cukup menjaga tingginya pergeseran nilai pendidikan yang ada selama ini.Kehadiran sarana multimedia cukup memberikan warna baru pada proses pendidikan di kelas. Guru hendaknya berpandangan, multimedia sebagai sarana pokok dalam pembelajaran, eksistensinya tetap diperlukan. Siswa sangat memerlukan arahan dan bimbingan guru. Sehebat apapun alat peraga yang paling canggih, peran guru tetap yang akan menentukan. Dunia pendidikan termasuk di Indonesia, komputer sudah diperkenalkan dan digunakan pada sekolah-sekolah dari pendidikan dasar sampai tingkat perguruan tinggi.Peranan orang tua pun tentu sangat di perlukan untuk mengawasi anaknya di luar lingkungan sekolah dalam penggunaan komputer yang memiliki dampak positif dan dampak negatifnya, tertapi hal tersebut tergantung pada penggunanya.

 

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun