Mohon tunggu...
Amelia
Amelia Mohon Tunggu... Tutor - Menulis Dengan Tujuan

Penulis amatir , mencari inspirasi dan terinspirasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Drama Driver Ojek Online

29 Januari 2024   22:10 Diperbarui: 29 Januari 2024   22:52 345
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi komplainan penumpang atas perilaku driver ojek online (Foto : Dok Tribun Jambi)

Beberapa waktu lalu, viral komplainan driver ojek online karena hanya di bintang satu oleh penumpang gegara sang penumpang yang masih berusia belia tersebut di sarankan untuk memakai helm oleh pengemudi ojek online demi keselamatan nya. Saya selaku pengguna jasa ini juga pernah di tawarin ingin pakai helm atau tidak, sering nya saya menolak karena jarak tempuh saya yang dekat. 

Jika saya ngojek saya jarak nya jauh misalkan dari Tangerang ke Jakarta, saya akan pakai helm. Tapi mungkin saya akan memilih membawa helm sendiri. Sebetulnya sang pengemudi ojek online sudah bijak dengan menawarkam helm kepada penumpang. Karena saya yakin, para driver ojol ini memiliki SOP dalam pekerjaannya. 

Sekalian saya sharing ya, saya juga pernah mengalami kejadian kocak dan kejadian yang nyebelin serta mengesankan perihal ojek dan mobil online. 

Yang pertama, kejadian ini terjadi beberapa waktu lalu. Di pagi hari yang ribet, saya memesan ojek online kemudian ponsel saya tinggal sebentar bersama anak - anak saya. Kemudian , sang driver membatalkan pesanan saya dan secara otomatis mencari driver baru. Dapatlah driver yang baru. Tak lama kemudian, ojol datang mengantarkan anak - anak saya. Kemudian saya tinggal ke dapur untuk melanjutkan pekerjaan. 

Tak lama, ponsel saya berbunyi dari nomor yang tidak di kenal. Ketika saya angkat dan berbicara sebentar saya terkejut melihat keluar. Saya mematikan ponsel dan berbicara kepada pengemudi ojek online di depan teras. 

"Bu , maaf tadi pesan ojol ya ?"

" iya pak tapi anak saya udah berangkat tadi...", saya dan bapak ojol sama - sama bingung. Kemudian bapak ojol, menawarkan solusi. Jadi saya kepencet dua kali dalam memesan ojek online karena tidak sengaja. Jadi akhirnya bapak ojek online tersebut memberikan saran agar beliau tetap menjalankan pesanan saya menuju sekolah, namun uang trip nya akan beliau kembalikan kepada saya. Jujur, saja. Saya gak sampai hati meminta uang trip saya kembali. Dan ribet sekali sistematika nya.

" saya bilang ; pak, uang nya gak usah di balikin gapapa pak. Lagian bapak ke sana kan perlu uang bensin". 

"Baik bu, mohon maaf saya jangan di kasih bintang 1 ya bu". Ya Allah saya gakan sampai hati begitu nya. Hiks... bapak ojek online tetap menjalankan rute saya namun tidak berpenumpang karena kesalahan saya dalam memesan. Bintang 5 tetap saya berikan karena terkesan dengan dedikasi bapak driver ojek online tadi.

Sudah 2x saya menemukan permohonan seperti ; " tolong kak kasih bintang lima ya..." atau....

Pernah ada cerita driver ojek online yang ; 

"Maaf kakak nya salah titik ya, saya tetep jalanin ya kak , karena kalo gak, akun saya jadi jelek karena tidak menjalankan rute pemesan sesuai aplikasi". 

"Atau.. kaka boleh cancel", sambungnya lagi. 

"Emang boleh saya cancel mas? gak apa - apa gitu?" Tanya saya gak enak.

"Saya mah santai aja kak, gapapa. Jadi kakak saja yang cancel", ujar nya lagi. 

Jadi pesanan saya cancel. 

Pemberian bintang seperti nya bukan hal sembarangan bagi pengemudi ojek online, karena seperti nya, reputasi yang di pertaruhkan. Ada istilah akun bagus dan jelek. Nyata ada nya. Bukan hal yang mudah bagi pengemudi ojek online membawa penumpang dengan tanggung jawab penuh. 

Nah ada cerita yang ngeselin nih, berbeda sikap dengan pengemudi mobil online. Saya selalu mendapat driver ojek online motor yang sopan dan santun juga ramah. Terkadang ada juga driver mobil yang gak ramah.

Ketika itu saya memesan ojek mobil online di hari Jumat yang padat. Jam pulang anak sekolah mendekati jam solat Jumat, yang mana traffic nya tinggi. Ketika itu saya memesan di antara jam 11:00 - 11:30 di hari Jumat. Ternyata untuk memesan mobil online dengan jarak tempuh yang dekat dan menggunakan voucer promo , kayak nya gak menguntungkan di sisi pengemudi. Bahkan saya pernah mendapat chat dari pengemudi ojek mobil online bernada seperti ini ;

" maaf kak, orderan nya gak saya ambil ya , karena di argo saya gak sampe bensin nya". Menyebalkan! Sayang nya saya gak gerak cepat menangkap layar chat tersebut.  Di hari itu sedang hujan dan traffic tinggi. Sehingga nambah mumet mikirin anak yang nunggu di jemput di sekolah. Kalaupun dapet, kadang pengemudi mobil online , cembetut. Karena mungkin voucher promo gak untung malah buntung buat mereka. 

 

Ilustrasi di balik layar pemesanan ojek mobil online yang saya cancel karena padat dan sulit nya mendapatkan pengemudi (Dokpri Amelia)
Ilustrasi di balik layar pemesanan ojek mobil online yang saya cancel karena padat dan sulit nya mendapatkan pengemudi (Dokpri Amelia)

Gambar di atas adalah pesanan yang saya cancel karena kesulitan mencari pengemudi di jam padat yang memaksa saya tetap harus memesan karena sudah 1 jam kami menunggu untuk pulang. Tapi, saya di cancel driver mobil lebih banyak , mungkin ada 5 kali. Ada yang sudah otw menuju ke titik jemput, eh malah di cancel sang driver, tepok jidat.

Pengalaman terbaru saya, memesan ojek mobil online dengan tujuan dari bandara Soekarno Hatta menuju rumah. Saya berdua dengan suami. Suami memutuskan untuk naik motor. Saya naik mobil karena membawa banyak tas. Ketika di tengah perjalanan, terjadi percakapan antara saya dan pengemudi.

Driver : "bu, maaf ya.. itu bapak nya pulang nya gimana ya? Tadi kayak nya ibu barengan sama bapak".

Saya : " oh iya suami saya bawa motor mas. Tapi bawaan barang kami banyak dan ga mungkin bawa banyak barang baik motor".

Driver : " oalaah gitu bu. Kasian si bapak ya. Saya jadi bingung dan ga enak ini angkut ibu nya aja".

Saya : " hehe ya gapapa mas.."

Driver : Bapak lewat mana ya ? Kalau kita mah enak bu, lewat tol. Cepet. Ga sampe 1 jam".

Saya :" Lewat pinggir tol bandara mas pastinya, saya juga gak paham. Tapi yang penting barang -barang nya sudah sama saya mas. Jadi bapak naik motor nya juga leluasa"..

Ternyata saya beruntung dapet pengemudi yang ramah dan peduli dengan penumpang. Bahkan ketika bayar tol pun di talangin pake kartu e-money nya. 

"Saya bayar tol gimana ini mas"?

"Itu mah nanti aja bu, gampang, itung - itunganya, pake e-money saya aja dulu bu". 

Saya pun lanjut bertanya ; 

Saya : "Mas ini kan saya pake promo voucher, mas kira -kira dapet berapa %?"

Driver :" ini kan tarif nya 200 -an bu, saya dapet cuma 100 rb sekian deh". 

Saya : " lumayan apa gimana tuh mas"

Driver : "harus nya gak segitu sih bu"

Saya : "saya ngira nya mas dapet 150.000 sisa nya ke aplikasi"

Driver : " wah kalo segitu saya seneng bu, ini kan ga sampe segitu bu, maka nya saya kejar setoran. Abis anterin ibu, saya balik ke bandara lagi. Karena bandar kan 'tanah basah' bu , tarif nya lebih gede. Karena lokasi strategis". 

"Coba aja ibu cek dari rumah ke bandara ga semahal dari bandara ke rumah".

Oh iya juga ya...akurat!

Saya sebagai pengguna moda transportasi ini sangat diuntungkan dengan voucher promo. Khan lumayan diskon 10% - 50%. Tapi nampak nya hitungan di mereka berbeda dengan saya. Maka nya terkadang ada beberapa driver yang cembetut. Tapi driver yang saya dapat malam itu ramah dan komunikatif.

Lain lagi pengalaman nya, setiap saya memesan ojek online untuk menjemput anak - anak pulang sekolah. Mereka dengan sabar mau menunggu anak anak keluar sekolah dengan rentang waktu 10 -20 menit. 

Untuk mengatasi situasi tunggu menunggu, biasa nya saya informasikan pengemudi kalau anak saya kemungkinan keluar kelas terlambat. Menjaga komunikasi ini sangat penting. Karena mereka tidak tahu kepada siapa mereka berkomunikasi di sekolah. Pasti akan menimbulkan kebingungan - kebingungan bagi mereka. 

Cerita mengenai pengemudi ojek online pun sangat beragam di sosial media. Mulai dari yang biasa hingga yang aneh -aneh. Bahkan saya lihat, di sosmed ada babang gojek sampe di minta bantuan jadi pacar bayaran, hehe... ada - ada saja. 

Gak hanya itu aja, kadang jika saya berbelanja ke mini market, ada juga pengguna yang memesan barang - barang seperti , makanan kucing, sesisir pisang, popok dan barang - barang kecil lain nya yang mungkiiin bisa di beli sendiri tanpa pesan online. 

Apapun itu jangan sampai hal instan dan praktis ini membuat kita jadi malas bergerak alias mager. Malam - malam order ojek online sekedar beli permen atau bahkan pembalut, oh tydaaaack.... hehe.... mereka juga butuh istirahat khan?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun