Pemahaman konsep diri siswa merupakan aspek krusial dalam dunia pendidikan untuk membantu mereka mengembangkan potensi dan menghadapi berbagai tantangan. Penulisan ini berfokus pada siswa kelas 10 berusia 16 tahun dari SMK Fadilah, yang Bernama Ahmad Agni Algi dengan jurusan DKV. Sebagai narasumber untuk melakukan pernyataan mengenai konsep diri negatif dan positif. Tujuan wawancara untuk menganalisis pengaruh konsep diri positif dan negatif dalam kehidupannya. Berdasarkan teori Hurlock, Konsep diri primer mencakup gambaran diri (self image), baik itu fisik maupun psikologis. Dengan meningkatnya pergaulan dengan orang di luar rumah, anak memperoleh konsep lain tentang diri mereka. Ini membentuk konsep diri sekunder. Konsep diri ini berhubungan dengan bagaimana anak melihat dirinya melalui mata orang lain. Artikel ini akan memaparkan hasil wawancara mendalam melalui wawancara terkait konsep diri siswa tersebut.
*Konsep diri Positif
Pertanyaan
1. Penanya: "Apa kelebihan dan kekurangan mu? Dan apakah kamu merasa nyaman dengan dirimu yang sekarang?"
Narasumber: "Saya memiliki keterampilan dalam menggambar. Namun, kelemahan saya terletak pada kurangnya improvisasi terhadap teknik yang saya gunakan. Meskipun demikian, saya terus berusaha memperbaiki diri dan mempelajari berbagai teknik menggambar yang baru. Iya saya merasa sangat nyaman dan dihargai oleh lingkungan sekitar saya, karena lingkungan saya sangat men-support dan selalu mengahargai apa yang saya lakukan"
2. Penanya: "Apakah kamu merasa diterima dan dihargai oleh orang-orang di sekitarmu?"
Narasumber: "Saya merasa sangat diterima karena orang tua saya selalu mendukung setiap langkah yang saya ambil. Contohnya, ketika saya menggambar, mereka dan orang-orang di sekitar saya memberikan kebebasan untuk berimajinasi tanpa batas."
3. Penanya: "Apa yang membantumu tetap optimis meskipun menghadapi tantangan besar dalam hidup?"
Narasumber: "Semangat saya tumbuh karena saya memiliki cita-cita yang ingin saya wujudkan di masa depan. Harapan untuk meraih impian mendorong saya tetap bersemangat dan optimistis. Tekad untuk mencapai tujuan hidup di masa depan membangkitkan motivasi dan optimisme saya."
4. Penanya: "Bagaimana kemampuanmu dalam menyelesaikan konflik tanpa marah berlebihan?"
Narasumber: "Saat marah, saya lebih memilih untuk diam dan mengalihkan emosi dengan menggambar. Menggambar menjadi cara saya menenangkan pikiran dan mengubah perasaan negatif menjadi sesuatu yang bermakna. Keheningan dan seni menjadi kunci saya mengelola amarah, di mana diam dan menggambar membantu saya meredakan ketegangan dan menemukan keseimbangan emosi."
5. Penanya: "Bagaimana cara kamu memandang diri sendiri secara positif bahkan Ketika menghadapi kekurangan."
Narasumber: "Ya, saya punya tantangan. Kekuranganku memang nyata, tapi saya nggak mau kalah. Saya akan terus belajar, meskipun kadang merasa lemah. Setiap hari saya coba sedikit demi sedikit. Nggak perlu jago langsung, yang penting tetap maju."
*Konsep Diri Negatif
Pertanyaan
1. Penanya: "Apakah kamu jarang diberikan pujian dan hadiah apabila kamu mencapai suatu prestasi?
Narasumber: "tidak, saya selalu di apresiasi oleh oranag tua saya meskipun bukan berupa hadiah tetapi mereka selalu mensupprot saya dari belakang."
2. Penanya: "apakah ada situasi di mana kamu merasa kurang percaya diri? Apa penyebabnya?
Narasumber: "tidak, saya selalu bersikap percaya. Saya senantiasa menjaga keyakinan diri tanpa ragu. Kepercayaan terhadap kemampuan pribadi adalah prinsip utama yang saya pegang teguh dalam setiap Langkah."
3. Penanya: "Apa yang terjadi dalam pikiranmu Ketika kamu mengalami kegagalan, seperti nilai buruk di ujian?"
Narasumber: "sempet sedih, tapi nggak boleh larut. Besok masih ada kesempatan buat memperbaiki semua yang telahj terjadi."
4. Penanya: "Bagaimana perasaanmu Ketika mendapatkan kritik atau merasa tidak diterima oleh guru atau teman sekelas?"
Narasumber: "jika saya dikritik, saya tidak akan marah. Justru saya malah menjadikan kritikan tersebut sebuah motivasi untuk terus berkembang dan improvisasi diri."
5. Penanya: "apakah kamu menjalani hidup sesuai dengan kemauan dirimu sendiri? Jika tidak, apakah hal tersebut dikarenakan kamu mendapat pengontrolan yang sangat ketat dari keluargamu?
Narasumber: "tidak, orang tua dan lingkungan saya tidak pernah melarang hal-hal yang berbau positif. Namun dengan larangan tidak boleh melakukan hal yang negative.Â
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, Algi menampilkan gambaran pribadi yang menarik. Terdapat potensi yang cukup besar dalam dirinya untuk membangun konsep diri positif, namun masih terdapat beberapa kendala internal yang perlu diperbaiki, terutama terkait tingkat kepercayaan dirinya yang masih rendah. Observasi menunjukkan bahwa Algi memiliki kemampuan dasar yang baik, tetapi belum mampu sepenuhnya mengeksplorasi potensi tersebut akibat kurangnya keyakinan pada diri sendiri. Hal ini menjadi catatan penting untuk pengembangan pribadinya ke depan. Potensi positif yang dimiliki Algi dapat menjadi modal utama, namun perlu didukung dengan upaya penguatan mental dan pembangunan rasa percaya diri yang lebih kuat agar dapat berkembang secara optimal.
Konsep diri seseorang terbentuk tidak hanya dari pengalaman pribadi, melainkan juga dari interaksi sosial dan pengaruh lingkungannya. Setiap individu tidak berkembang sendirian, tetapi melalui hubungan dan dukungan dari sekitarnya. Membangun generasi muda yang tangguh membutuhkan pendekatan yang komprehensif. Bukan sekadar melihat kelemahan, melainkan bagaimana kita mampu mengubah tantangan menjadi kekuatan. Penguatan positif dan pembimbingan yang tepat dapat menghasilkan individu-individu yang penuh percaya diri dan optimisme. Lingkungan memiliki peran fundamental dalam membentuk karakter dan kepribadian. Dengan memberikan dukungan, ruang pengembangan, dan stimulus yang konstruktif, kita dapat membantu setiap individu mengembangkan potensi terbaiknya dan membangun konsep diri yang positif.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H