Innisfree merupakan brand kecantikan Korea pertama yang mengusung produk-produk alami. Â Produk dari Innisfree berasal dari bahan-bahan yang diambil langsung dari Pulau Jeju. Salah satu pulau di Korea yang terkenal akan alam yang masih alami dan pemandangan yang indah. Â Produk dan brand Innisfree tidak hanya dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat Korea namun juga masyarakat Asia dan seluruh dunia.
Memiliki konsumen yang sudah tersebar luas di seluruh dunia, tentu saja tidak mudah didapatkan oleh perusahaan produsen Innisfree. Ada banyak strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan brand awaraness kepada masayarakat. Â Dari sekian banyak strategi yang dilakukan, salah satunya adalah menggunakan media sosial untuk meningkatkan brand awareness dan juga sekaligus untuk memasarkan produk Innisfree.
Penggunaan media sosial, juga tak bisa dilakukan dengan sembarangan. Diperlukan seorang social media manager yang bertugas untuk menciptakan reputasi yang baik atas brand Innisfree. Agar memiliki reputasi yang baik, social media manager tentunya juga harus kreatif dan inovatif agar media sosial brand Innisfree menarik untuk diikuti/difollow oleh para pengguna media sosial. Hal tersebut juga dilakukan oleh media sosial Innisfree Indonesia.
Media Sosial Innisfree Indonesia
Innisfree Indonesia memiliki akun instagram dan facebook. Akun instagram Innisfree Indonesia yang memiliki 100 ribu followers mengunggah konten baru setiap minimal dua kali dalam seminggu. Akun facebook Innisfree Indonesia yang memiliki 120 ribu followers mengunggah konten yang baru setiap minimal tiga kali dalam seminggu. Akun media sosial tersebut memiliki perbedaan dalam isi konten.Â
Jika dalam akun instagram berisikan konten promosi produk-produk Innisfree dan maka pada akun facebook berisikan konten tentang challenge dan giveaway serta kebaruan informasi tentang gerai baru atau produk baru Innisfree. Namun, pada kedua akun tersebut juga memiliki kesamaan yaitu interaktif terhadap followers melalui kolom komentar.
Identify Target Customers
Akun Instagram dan Facebook dari Innisfree Indonesia sesuai dengan target konsumen yaitu wanita muda, generasi millenial, yang hidup di kota metropolitan dan memiliki kesibukan tinggi serta aktif menggunakan media sosial. Innisfree Indonesia menggunakan caption yang menarik dan menggunakan bahasa inggris maupun bahasa indonesia secara bergantian dan simpel. Penggunaan warna dalam gambar atau foto yang diunggah disamakan dengan warna produk memudahkan calon konsumen untuk mengingat produk. Innisfree Indonesia juga menawarkan berbagai challenge dan giveaway kepada para konsumen agar lebih tertarik pada produk Innisfree.
Set Clear Objectives
Akun instagram dan facebook Innisfree Indonesia memiliki tujuan untuk mempromosikan identitas brand sebagai produk dengan bahan alami. Ditunjukkan dengan gambar dan foto yang diunggah dalam akun media sosial selalu berlatarbelakang alam/mengandung benda dari alam seperti dedaunan,kayu,batu,bunga,air dan sebagainya. Akun media sosial juga memiliki tujuan untuk meningkatkan brand awareness, tidak untuk kegiatan transaksi produk dan untuk membangun relasi dengan konsumen.Â
Hal ini ditunjukkan dengan mengunggah informasi kebaruan produk-produk Innisfree dan tidak adanya harga yang dicantumkan dalam konten yang diunggah. Akun media sosial selalu membalas komentar yang diajukan oleh konsumen pada kolom komentar. Selain itu, penggunaan panggilan "Innisfriends" yang ditujukan kepada konsumen juga menunjukkan akun media sosial Innisfree yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada para konsumen.
Visual Design and Web Development Strategy
Tampilan visual pada akun instagram dan facebook Innisfree Indonesia selalu mengunggah konten dengan gambar atau foto dan video. Tampilan visual tersebut disusun dengan konsep feeds yang tertata rapi dengan warna-warna yang menarik untuk dilihat. Visual yang selalu menggunakan bahan alam/berhubungan dengan alam mampu menarik konsumen Innisfree.
Promotion Strategy
Innisfree Indonesia melakukan promosi produknya dengan melakukan berbagai challenge dan giveaway melalui akun media sosial terutama facebook. Contohnya adalah challenge yang dilakukan dengan melakukan misi yaitu PhotoChallenge yang berlaku pada tanggal 30 April-11 Mei, 3 pemenang akan mendapatkan produk khusus Innisfree, Green Tea Super Box.
Engagement Strategy
Akun media sosial Innisfree Indonesia mampu menarik minat konsumen dengan menggunakan bahan alami yang berasal dari Pulau Jeju sekaligus memanfaatkan popularitas Pulau Jeju yang terkenal akan kondisi alam yang masih alami (melalui pemandangan alam yang diabadikan melalui foto atau video yang diunggah dalam akun media sosial) serta menggunakan brand ambassador artis terkenal dari Korea Selatan.Â
Challenge dan Giveaway yang dilakukan juga cukup mampu menarik minat konsumen untuk mengkonsumsi produk Innisfree. Penggunaan kata-kata "Have you tried it?", "Agree?", "Which one do you love the most?", "Do you want to try?" membuat konsumen terpersuasi untuk menggunakan produk Innisfree.