Pendidikan anak usia dini merupakan jenjang pendidikan paling dasar yang merupakan pondasi paling penting dalam mempersiapkan diri menuju jenjang pendidikan selanjutnya. Pendidikan usia dini dilaksanakan untuk anak yang berusia 2-6 tahun (PAUD, Playgroup, dan Taman Kanak-Kanak ) .
Setelah dilakukannya pembelajaran diperlukan evaluasi untuk mengetahui seberapa jauh anak memahami materi yang diberikan, dan hasil evaluasi juga akan digunakan  untuk mengembangkan perkembangan anak selanjutnya. Sebelum membahas evaluasi lebih lanjut, maka mari kita mengenal apa itu evaluasi ?
Menurut (Nurkancana , 1983) evaluasi adalah suatu proses yang dilakukan yang berkenaan dengan prosses untuk menentukan nilai suatu hal. Menurut (Gronlund , 1975) evaluasi merupakan suatu proses secara sistematis menentukan tujuan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan dari pengajaran telah dicapai oleh siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa evaluasi merupakan proses menilai atau mengukur sesuatu yang dilaksanakan sesuai dengan tujuan yang telah direncanakan.
Maka untuk mengetahui bagaimana evaluasi berjalan maka saya melakukan mini riset , mini riset ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak Muslimat NU 2 Gresik, Alasan dilakukannya mini riset ini untuk mengetahui model evaluasi yang digunakan di TK Muslimat NU 2 Gresi k dan melihat bagaimana proses evaluasinya dilakukan . Tujuan dilakukannya mini riset ini untuk mengetahui macam-macam model evaluasi untuk jenjang PAUD, mengetahui bagaimana tindakan yang dilakukan guru untuk mengembangkan hasil evaluasi anak jika hasilnya kurang memuaskan.
Di TK Muslimat NU 2 menggunakan lebih dari satu model evaluasi dalam menilai perkembangan anak didiknya, antara lain :
Penugasan
Di TK Muslimat NU 2 menggunakan model evaluasi penugasan pada anak didiknya untuk menilai perkembangan anak, penugasan diberikan setiap hari kemudian akan direkap saat akhir semester. Sebelum diberikan tugas , anak terlebih dahulu dijelaskan terkait materi yang sedang dibahas , kemudian anak juga diberikan contoh langsung agar anak paham untuk penugasannnya.
Unjuk kerja dan karya
Di TK Muslimat NU 2 juga menggunakan model evaluasi unjuk kerja , evaluasi unjuk kerja merupakan penilaian berdasarkan hasil pengamatan terhadap hasil kerja anak. Penerapan pada evaluasi unjuk kerja yaitu seperti membaca, berpuisi, menyanyi, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk karya , anak diajak membuat hasil karya.
Checklist
Di TK Muslimat NU 2 juga menggunakan model evaluasi checklist , evaluasi checklist merupakan penilaian yang didasarkan kepada standar kerja yang sudah ditetapkan dan bobot kerja juga sudah ditetapkan , lalu dilakukannya penilaian terhadap pencapaian anak apa sudah memenuhi standart yang ditentukan.
Penilaian yang dilakukan di TK Muslimat NU 2 juga dilakukan dalam kurun waktu yang berbeda-beda. Setiap harinya anak mendapatkan penugasan , seperti mewarnai, membaca, menulis, berhitung , dan lain sebagainya . Namun di waktu tertentu seperti pada saat berakhirnya sebuah tema , penugasan akan dimasukkan dilaporan akhir semester yang biasanya disebut raport. Untuk mempelajari satu tema bisa memakan waktu kurang lebih 3 minggu.
Untuk evaluasi unjuk kerja dan hasil karya ,biasanya dilakukan sekali dalam satu kali tema . Hasil karya dari anak akan difoto oleh guru , dikirimkan kepada orang tua dan akan dimasukkan kedalam raport anak.
Untuk evaluasi checklist biasanya dilakukan setiap minggu oleh guru, untuk evaluasi checklist digunakan untuk menilai aspek nilai agama dan moral anak. Seperti , Anak hafal surat alfatihah, anak mampu membaca syahadat, anak mampu menirukan gerakan shalat, dan lain-lain.
Didalam laporan akhir semester / raport anak didik TK Muslimat NU 2 Gresik berisi tentang ulasan laporan capaian perkembangan anak , berupa :
- Nilai agama dan moral yang berisi bagaimana perilaku anak dan kemampuan anak dalam berdoa dan beribadah.
- Jati diri yang berisi bagaiman kepribadian anak , cara anak mengekspresikan perasaannya , dan berisi saran kepada orang tua untuk meregulasi emosi anak.
- Dasar literasi STEAM (Sains , Technology, Engineering, Art, and Mathematic) yang berisi pengetahuan dan kemampuan anak tentang sains , matematika, rekayasa, seni , dan teknologi disertai dengan saran kepada orang tua untuk mengembangkan kemampuan STEAM anak.
- Projek penguatan profil pancasila yang berisi kemampuan anak dalam mencintai negara republik indonesia.
- Pengenalan lingkungan sekitar yang berisi sikap anak saat berada dilingkungan sekitar, dalam hal ini anak diajak untuk belajar diluar lingkungan sekolah. Seperti : Berenang di kolam renang, berkunjung dimakam sesepuh, studi wisata dimalang, pergi kepacuan kuda.
- Dan terdapat catatan checklist yang berisi tentang kemampuan nilai agama dan moral anak.
Untuk anak yang hasil penilaian akhir semesternya kurang memuaskan , atau tidak mencapai standart tingkat pencapaian perkembangan anak maka akan diarahkan guru untuk melakukan pembelajaran berkelanjutan, bisa dengan bimbingan belajar. Sejalan dengan libur semester , maka anak mempunyai waktu untuk mengejar ketertinggalannya dengan melakukan bimbingan belajar.
Dalam laporan akhir semester / raport di TK Muslimat NU 2 dalam setiap lembar penilaiannya diisi ulasan dan berisi foto anak saat melakukan kegiatan yang berhubungan dengan penilaiannya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H