Mohon tunggu...
AmaliaCH
AmaliaCH Mohon Tunggu... Novelis - Penulis-

Hello! Guys... Disini aku masih belajar dalam dunia kepenulisan dan selamanya akan terus belajar, jangan lupa say hello ke aku dengan mampir di Instagram aku di @amaliach04 dan @katapola0_0. See you....

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

About Product Management

15 Oktober 2023   13:10 Diperbarui: 24 Januari 2024   18:14 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kali ini hal yang mau dibagikan adalah tentang Product Management, pasti kalian sudah tidak aneh lagi dengan hal ini. Semua serba teknologi dan ada saja kemajuan yang terkadang membuat kita semakin tertinggal. Istilah terbaru terkait dengan PER-ONLINE dan lowongan pekerjaan terbaru yang malah membuat kita melongo bahkan merasa kosong,  setuju? 

Muncul digital marketing, kemudian muncul lagi product management dan lain sebagainya. Cukup repot dan bercabang jika kita mempelajarinya satu persatu. Okay! Tanpa banyak basa basi kita langsung saja ke point tentang Product Management.

Pertama kita bahas dulu tentang pengertian dari Product Management. Jadi, Product management adalah disiplin manajemen yang berfokus pada perencanaan, pengembangan, peluncuran, dan pengelolaan produk atau layanan. Singkatnya begitu, tentu saja sebagai seorang Product Management memiliki peran yang cukup penting dalam hal memahami kebutuhan pelanggan, pasar, dan tujuan bisnis perusahaan. Kemudian, mengkoordinasikan upaya untuk menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan ini dan mendukung tujuan bisnis. 

Lanjut, setelah penjelasan kita bisa lanjut membahas tentang aspek dari peran Product Management itu sendiri yang meliputi:

1. Pengembangan Strategi Produk:

Seorang Product Management harus bisa mengembangkan strategi produk yang mencakup tujuan jangka panjang, visi produk, dan roadmap pengembangan produk. Ini bagian yang terbilang cukup penting dan umum yang harus dilakukan, kalau ingin semuanya berjalan dengan lancar.

2. Pengumpulan dan Analisis Data:

Poin yang kedua sebagai seorang Product Management harus bisa melakukan riset pasar untuk memahami pelanggan, pesaing, dan tren industri. Seorang Product Management juga harus bisa menganalisis data pengguna untuk membuat keputusan yang didasarkan pada bukti dan tidak bisa sembarangan.

3. Pengembangan Produk:

Lanjut kita ke poin yang ketiga adalah sebagai seorang Product Management kita harus bisa bekerja sama dengan tim teknis dan desain untuk mengembangkan produk. Tentu ini bagian penting karena posisi sebagai seorang product Management bisa dikatakan sebagai Leader alias pemimpin. So, kita bertindak sebagai penghubung antara berbagai fungsi dalam organisasi.

4. Manajemen Prioritas:

Seorang Product Management  juga harus bisa memprioritaskan fitur dan perbaikan berdasarkan nilai bisnis, kepentingan pelanggan, dan sumber daya yang tersedia. Simpelnya begitu, kalau semua tidak memenuhi maka semuanya akan berantakan dan tidak akan berjalan menuju usaha yang berhasil.

5. Peluncuran Produk:

Product Management harus mampu merencanakan dan mengelola peluncuran produk, termasuk strategi pemasaran, komunikasi, dan dukungan pelanggan. Cukup ribet dan pusing, tapi mau gimana lagi tugas kita sebagai seorang Product Management.

6. Pengukuran Kinerja:

Menjadi salah satu bagian penting, seorang Product Management harus bisa menetapkan KPI (Key Performance Indicators) untuk mengukur kinerja produk dan memantau apakah produk mencapai tujuan bisnis. Ini adalah pelajaran yang cukup rumit karena kita harus mempelajari juga tantang Key search atau search engine agar produk yang kita buat berada di urutan yang paling atas.

7. Iterasi Produk:

Lanjut ke poin yang ke tujuh dimana seorang Product Management harus bisa melakukan iterasi produk. Simpelnya begini, kalian harus tahu apa itu iterasi. Iterasi disini mempunyai arti suatu proses atau metode yang digunakan secara berulang-ulang (pengulangan) dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematik.  So, produk yang sukses tidak pernah statis. Product Management harus  terus mengumpulkan umpan balik pelanggan dan data untuk meningkatkan dan mengembangkan produk.

8. Pengelolaan Siklus Hidup Produk: 

Point yang terakhir, seorang Product Management juga harus bisa bertanggung jawab untuk mengelola siklus hidup produk, yang dapat mencakup pembaruan produk, pemeliharaan, atau akhir siklus produk.

Intinya adalah Produk Management merupakan peran yang sangat penting dalam banyak perusahaan, terutama di industri teknologi dan perangkat lunak, di mana inovasi produk dan respons cepat terhadap perubahan pasar adalah kunci sukses. Seorang Product Manager harus memiliki kombinasi keterampilan teknis, analitis, komunikasi, dan kepemimpinan yang kuat untuk berhasil memimpin pengembangan dan keberhasilan produk.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun