Rencana pembangunan jalur MRT fase II sedang dalam persiapan. Ground breaking direncanakan sekitar awal Januari 2019. Seperti halnya fase I, pendanaan fase II juga berasal dari pinjaman JICA. Sedangkan fase berikutnya akan berasal dari skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha).
Pembangunan jalur MRT (mass rapid transit / moda raya terpadu) fase I (Lebak Bulus-Bundaran HI) sudah mencapai 97,08%. Uji coba perjalanan kereta MRT pun sudah mulai dilakukan untuk memastikan kehandalan semua perangkat pendukungnya baik itu jalan rel, persinyalan, PSD (platform screen doors), keretanya itu sendiri serta sistem operasi yang nantinya terpusat dikendalikan oleh OCC (operation control center).Â
Selain itu yang tidak boleh terlewati yaitu seluruhnya harus dilakukan pengujian pertama untuk sertifikasi oleh Ditjen Perkeretaapian, yang meliputi pengujian jalur KA dan bangunan, pengujian fasilitas operasi (sinyal, telekomunikasi dan listrik aliran atas), pengujian sarana kereta MRT, dan juga pengujian SDM perkeretaapian yang akan mengoperasikan, memeriksa dan merawatnya. Pada fase I ada 13 stasiun, 1 depo, dan 16 trainset/ rangkaian kereta MRT yang siap dioperasikan pada Maret 2019.
![Progres konstruksi fase 1 Lebak Bulus-Bundaran HI. (Dok. PT MRT Jakarta)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/10/31/progres-fase-1-mrtj-5bd979da43322f3a83540352.jpg?t=o&v=770)
Seiring akan beroperasinya fase I, saat ini juga sudah mulai dipersiapkan untuk pembangunan jalur MRT fase II dari Bundaran HI-Kampung Bandan sepanjang 8,3 kilometer (km) yang groundbreaking-nya akan dilakukan pada awal Januari 2019.Â
Trase (jalur keretanya) akan dibangun dengan konstruksi bawah tanah (underground) di bawah jalan utama MH Thamrin, Medan Merdeka Barat, Gajah Mada dan Hayam Wuruk sampai ke Kampung Bandan.Â
Adapun 8 stasiun yang akan dibangun yaitu Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, Kota, dan Kampung Bandan. Satu depo juga akan dibangun di Kampung Bandan untuk bisa menampung 14 trainset kereta MRT.
![Rencana jalur MRT fase II Bundaran HI-Kampung Bandan. (Dok. PT MRT Jakarta)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/10/31/fase-2-mrtj-5bd979c212ae9476b40d656d.jpg?t=o&v=770)
![Kontrak paket fase II dan cakupan pekerjaannya. (Dok. PT MRT Jakarta)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/10/31/contract-package-fase-2-mrtj-5bd97a7b43322f171b473b15.jpg?t=o&v=770)
Adalah usulan dari Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang berharap koridor MRT Jakarta tidak hanya sampai Lebak Bulus, namun berlanjut ke wilayah Tangerang Selatan. Usulan tersebut pun diakomodir oleh BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek) yang semula dari Lebak Bulus akan dilanjut sampai Pondok Cabe. Dan PT MRT Jakarta diberikan tugas untuk melakukan pra feasibility study.
![Penugasan kepada PT MRT Jakarta dari BPTJ. (Dok. PT MRT Jakarta)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/10/31/usulan-mrt-ke-tangsel-5bd97cd3aeebe14d35047473.jpg?t=o&v=770)
![Lini masa untuk koridor Lebak Bulus-Tangsel. (Dok. PT MRT Jakarta)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/10/31/lini-masa-tangsel-5bd97bd6677ffb7b6860dba5.jpg?t=o&v=770)
![Rencana trase/ jalur MRT Lebak Bulus-Tangsel yang dibuat oleh BPTJ. (Dok. PT MRT Jakarta)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/10/31/usulan-trase-mrt-tangsel-5bd97aa012ae942c4271ef47.jpg?t=o&v=770)
Direktur Keuangan & Administrasi PT MRT Jakarta, Tuhiyat dalam paparan kepada para Peserta Program Fellowship Jurnalis MRT Jakarta di Kantor MRT Jakarta, (26/10/2018) menjelaskan bahwa sumber pendanaan proyek pembangunan MRT fase II berasal dari dana pinjaman Jepang lewat Japan International Cooperation Agency (JICA).Â
Pinjaman yang akan digelontorkan JICA sebesar 217 miliar yen atau ekuivalen Rp 25 Triliun. Namun perinciannya, biaya pembangunan fase II sebesar Rp 22,5 triliun dan Rp 2,5 Triliun untuk membiayai kekurangan pembiayaan fase I karena adanya penyesuaian standar konstruksi mengikuti permintaan dari Pemerintah.
![Komitmen pendanaan fase I & fase II. (Dok. PT MRT Jakarta)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/10/31/financial-close-mrtj-5bd97c52677ffb7884610395.jpg?t=o&v=770)
"Untuk pelaksanaannya, PT MRT yang melakukan kontrak pekerjaan dengan para Kontraktor dan konsultan namun pembayaran kepada Kontraktor/ Konsultan dibayarkan langsung oleh JICA setelah dilakukan verifikasi tagihannya oleh PT MRT, Pemprov DKI Jakarta, Ditjen Perkeretaapian dan tim verifikasi lainnya. Ini yang dinamakan directpayment. Jadi jelas ya alurnya,uangnya dari JICA langsung ke Kontraktor/Konsultan," jelas Tuhiyat.
![Skema pembiayaan dan sistem akuntansi pinjaman dari JICA. (Dok. PT MRT Jakarta)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/10/31/skema-pinjaman-mrtj-5bd97d21aeebe10b6f516fc2.jpg?t=o&v=770)
#Ubah Jakarta
#UbahJakarta adalah inisiatif PT MRT Jakarta sebagai bagian dari kampanye untuk mengubah pemahaman dan gaya hidup masyarakat Jakarta untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi publik. Untuk mendukung kehadiran MRT Jakarta, PT MRT Jakarta mulai mengkampanyekan ajakan untuk beralih menggunakan transportasi publik.Â
Sosialisasi ini diantaranya dengan mendatangi sekolah-sekolah di Jakarta, pertemuan rutin Forum Jurnalis & Blogger, dan berbagai kesempatan acara lainnya untuk mengenalkan MRT Jakarta dan ajakan naik transportasi publik kepada masyarakat, ajakan berperilaku dalam bertransportasi publik dengan kereta, dan juga cara menggunakan MRT Jakarta.
![Alur cara menggunakan MRT Jakarta. (Dok. PT MRT Jakarta)](https://assets.kompasiana.com/items/album/2018/10/31/ubahjakarta-mfp-rev-1-014-5bd97d6812ae940e2e432398.jpg?t=o&v=770)
AMAD SÂ
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI