Mohon tunggu...
Alya Salsabilla
Alya Salsabilla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Muhammadiyah Jakarta

Seorang Mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Jakarta dengan hobi membaca buku.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Motivasi dalam Belajar Gen Z di Masa Pandemi Covid-19

6 Januari 2023   13:15 Diperbarui: 8 Januari 2023   22:49 551
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan menurut UU RI No. 20 Tahun 2003 merupakan usaha secara sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Lalu, pada pasal 1 No. 15 menyatakan bahwa Pendidikan jarak jauh adalah pendidikan yang peserta didiknya terpisah dari pendidik dan pembelajarannya menggunakan berbagai sumber belajar melalui teknologi komunikasi, informasi, dan media lain

Apa sih Motif dan Motivasi itu?

Dalam melakukan suatu tujuan atau pekerjaan tentunya diperlukan motif atau stimulus atau dorongan dalam melakukan suatu upaya pekerjaan tersebut, lalu dibutuhkannya juga roda penggerak sebagai alat untuk menindak lanjuti motif untuk mencapai suatu tujuan maupun kepuasan yang mana roda penggerak tersebut merupakan motivasi.

Menurut Giddens dalam Alex Sobur motif tidak wajib menggunakan persepsi secara sadar, motif ini didefinisikan sebagai kekuatan atau dorongan yang mengilhami tindakan manusia berperilaku untuk mencapai suatu kepuasan atau untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan motivasi menurut M. Utsman Najati (dalam Abdul Rahman Shaleh) merupakan kekuatan penggerak yang dapat memicu kebangkitan aktivitas pada makhluk hidup serta dapat menimbulkan tingkah laku serta mengarahkannya untuk mencapai tujuan tertentu.

Jadi singkatnya, motif merupakan alasan seseorang untuk berperilaku dan motivasi merupakan penggerak atau mesin dalam diri saat bertindak untuk mendapat kepuasan dan mencapai tujuan tertentu.

Motivasi Belajar dan Gen Z

Generasi Z merupakan anak-anak yang lahir pada sekitar tahun 1995 sampai tahun 2010. Saragih (2010) menjelaskan bahwa Gen Z merupakan generasi yang sangat aware terhadap teknologi, generasi ini lahir beriringan dengan kemunculan Era Digital. Saat belajar, Gen Z cenderung menuntut untuk mempelajari subjek pilihan mereka saja dan lebih memilih untuk mendalami subjek atau bidang yang mereka senangi saja untuk mengembangkan potensi dalam diri mereka.

Motivasi belajar sendiri menurut Maslow (2004) merupakan kecenderungan siswa dalam berkegiatan untuk belajar yang didorong oleh keinginan untuk mencapai prestasi atau hasil belajar sebaik mungkin serta kebutuhan penting untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan dalam diri secara optimal sehingga siswa-siswa dapat bertindak lebih baik serta berprestasi.

Menurut ahli Nana Syaodih Sukmadinata (2007) proses motivasi belajar meliputi tiga langkah, yaitu:

  • Kondisi yang terbentuk dari tenaga-tenaga pendorong belajar yang menimbulkan suatu rasa ketegangan dalam diri mahasiswa.
  • Adanya keberlangsungan kegiatan atau perilaku belajar yang diarahkan untuk mencapai suatu tujuan belajar akan membantu memudarkan ketegangan.
  • Tercapainya tujuan belajar dan hilangnya rasa tegang dalam diri mahasiswa.

Pengaruh Motivasi Belajar Generasi Z di Era Pandemic Covid 19

Pada saat seluruh dunia sedang dilanda pandemic covid-19 dan Indonesia termasuk negara terdampak  yang mana mengharuskan beberapa negara yang terkena dampak yang cukup merugikan akibat dari pandemic ini, dampak tersebut berupa quarantine dan lockdown, sehingga mengharuskan orang-orang yang terkena dampak tersebut untuk melakukan aktivitas yang biasanya mereka lakukan di luar rumah untuk melakukan aktivitas seperti biasanya contohnya seperti work from home, sekolah atau perkulihan online, dan berbagai  aktivitas yang dilakukan secara tatap jauh dari rumah. 

Saat kasus pandemic covid-19 sedang melonjak, mengahruskan Gen Z melakukan pembelajaran secara virtual, hal ini secara tidak langsung dapat menuruni tingkat motivasi belajar para pelajar terkena dampak karena diarahkan untuk melakukan pembelajaran secara virtual yang dilakukan secara tatap jauh. 

Dengan adanya pembelajaran jarak jauh yang diakibatkan oleh covid-19 para pelajar yang mengalami perkuliahan secara daring cenderung memiliki sedikit dari motivasi belajar dalam pembelajaran itu sendiri misalnya, saja seperti saat kegiatan perkuliahan sedang berlangsung, biasanya mahasiswa hanya Log in lalu mematikan kamera dan meninggalkan aktivitas perkuliahan.

Motivasi belajar yang menurun serta pembelajaran yang diadakan secara daring juga berpotensi meningkatkan rasa malas pelajar karena merasa mereka tidak diawasi dan konsentrasi mereka pun juga ikut buyar karena situasi dan kondisi di tempat mereka melakukan perkuliahan daring ini. Fokus pelajar yang terbagi ini juga merupakan salah satu penyebab menurunnya motivasi belajar. Para pelajar juga cenderung tidak bergairah dan hanya masuk ke kelas online karena hanya sekedar ingin mengisi daftar kehadiran saja dan melakukan hal lain.

Permasalahan pembelajaran yang sangat berkaitan erat dengan motivasi belajar, apalagi saat melonjaknya kasus pandemi covid 19, mempengaruhi motivasi belajar yang menurun serta berpengaruh pada keberhasilan kegiatan hasil Pendidikan dan begitupun sebaliknya. 

Generasi Z merupakan generasi yang sudah tidak asing lagi dengan adanya teknologi, bahkan Generasi Z mendapat julukan sebagai digital native karena sudah terbiasa mengelola dan berkomunikasi melalui media sosial, namun nyatanya tidak semua mahasiswa memanfaatkan teknologi ini dengan baik, sedangkan bisa saja para pelajar meng-explore kegiatan mereka dengan hal-hal yang bermanfaat bagi kehidupan pendidikan mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun