Mohon tunggu...
Alvina Khoiriyah
Alvina Khoiriyah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bermimpi menjadi penulis

life is not easy but it's a simple

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Sering Mengalami Pembicaraan yang Kikuk? Yuk, Pahamu Seninya

28 Juni 2021   09:39 Diperbarui: 28 Juni 2021   09:46 434
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
oh su hyang seorang pakar dan dosen komunikasi korea selatan

Hallo buddy,,, sahabat alvina yang setia.

Kali ini akan ada artikel mengenai self improvement lhooo, tentang kesadaran diri. Pastinya gak akan membosankan deh. Apalagi bagi kalian yang lagi healing, proses penyembuhan diri hehe…

Buddies pastinya sering berkomunikasi bukan? Entah sama teman, saudara, adik, anggota keluarga, dan orang-orang yang baru dikenal. Tidak jarang akan  Sering orang mengalami kesalahan dalam berkomunikasi baik dari cara, tutur kata  atau dengan pembahasan yang tidak searah. Oleh karena itu untuk dapat membuat komunikasi itu berhasil dan tidak memalukan ada beberapa seni yang harus diketahui. Penasaran? Oke baiklah, yuk simak dan baca artikel ini sampai tuntas yaa, semoga nanti kalian akan dapat menemukan seni berbicara dan komunikasi yang tidak akan menyinggung orang lain.

By the way kira-kira kalian udah tahu belum self improvement itu apa? Oke untuk yang belum tau aku bahas singkat dulu, dan jika kalian udah ada yang tahu boleh lho nanti dikoreksi jika ada yang salah.

Self improvement adalah suatu proses sesorang yang ingin meningkatkan kemampuan diri, yang didasari dari peoses kesadaran diri, baik meningkatkan kemampuan, status, karakter, dan hal-hal dasar lainnya. Dikutip dari (Oxford Advanced American Dictionary).

Bagaimana cara menetapkan self improvement goals yang baik?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi apa yang menjadi tujuan, baru setelah itu tetapkan tujuan.

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mencapai peningkatan diri yang efektif diantaranya;

Improve your time management

Manajemen waktu akan sangat membantu dalam mencapai tujuan, sebab dari ini akan dapat lebih efektif mengatur hal-hal yang lebih penting dan di dahulukan.

Measure your progress

Melihat batas dan menentukan batas dari kemampuan diri yang mampu di tempuh, sehingga akan mudah mengetahui sejauh mana perkembangan diri.

Celebrate your success

Ketika mendapatkan kesuksesan jangan lupa untuk tetap mengingat teman yang senantiasa memberikan dampak positif untuk dirimu, luangkan waktu untuk mereka.

Sumber dari instagram @psikologiunesa                                                       

#

Siapa yang tidak kenal dengan seorang dosen dan pakar komunikasi korea selatan? Oh Su Hyang? Buku “ The Secret Habits  To Master Your Art Of Speaking” yang diterjamahkan dalam bahasa Indonesia “Bicara Itu Ada Seninya”?. Pasti sudah tidak asing bukan. Buku yang diincar oleh banyak kalangan intelektual baik pelajar dan mahasiswa.  Untuk info detailnya simak dibawah ini ya..

Nama pengarang                     ; Oh Su Hyang

Judul   (asli)                            ; The Secret Habits To Master Your Art Of Speaking

Judul (bahasa indonesia)         ; Bicara Itu Ada Seninya

Penerbit                                   ; Bhuana Ilmu Populer

Tahun terbit                             ; 2018

Harga pulau Jawa                    ; 65.000

Buku ini hadir sebagai pengantar dalam berkomunikasi. Kalian pasti sangat menggemari drama korea kan? Aku pun juga begitu. Menurut ku drama korea itu memberikan contoh komunikasi yang unik dan tidak membosankan. Dan ternyata memang mereka itu menggunakan seni untuk menanggapi lawan bicaranya, baik orang yang mereka senangi, atau yang mereka tidak sukai. Dari buku ini akan sangat memberikan banyak manfaat dalam memahami seni berbicara. Oleh dari itu aku akan memberikan uraian dan rangkuman secara singkat dari isi buku tersebut.

                                                            #

Komunikasi menjadi daya Tarik tersendiri karena orang akan mudah menilai karakter seseorang dari tanggapan dan bicaranya. Di zaman sekarang anak milenial dikenal sangat meresahkan, apalagi saat berbicara dengan orang lain, dan bisa dibilang tidak memiliki sopan santun. Kesalahannya terletak dari tidak adanya perhatian yang khusus dalam pendidikan, sosial budaya, serta agama. Lembaga pendidikan seperti tidak sanggup untuk mengatasinya. Selain itu mereka cenderung tidak percaya diri jika diminta untuk berbicara di depan. Sekan mereka memiliki mental yang sangat lemah. Oleh karena itu buku ini memberikan suatu penyadaran bahwa pandai berbicara sebenarnya tidak bawaan dari lahir akan tetapi bentukan dari latihan dan mengalahkan rasa gugup.

Ada sebuah kutipan yang berbunyi

“percaya diri yang kuat adalah hal utama untuk bisa pandai berbicara. Oleh karenanya kita harus terbebas dari luka atau rasa rendah diri yang membuat kita tidak berani berbicara kepada orang lain ”

Beberapa seni berbicara yang dapat dipelajari dan ditepkan antara lain;

Hindari ucapan yang membuat seseorang itu il feel

Contohnya; jangan membicarakan diri sendiri dan sering membanggakan diri sendiri, karena orang akan merasa risih dan tidak nyaman.

Saat ada kesempatan berbincang dengan orang yang baru dikenal, maka manfaatkan kesempatan itu dengan baik, karena jika meninggalkan kesan buruk saat pertama kali bertemu maka akan sangat mungkin tidak ada kesempatan ke 2 dalam percakapan.

Belajar storytelling guna mengasah kemampuan komunikasi dan dapat menjadi senjata besar dalam kehidupan sosial. Cara ini dapat dilakukan dengan memberikan kalimat pertama yang menarik, menceritakan kelebihan dan kekurangan dengan suara yang jelas dan lantang.

Masih belum memiliki kepercayaan diri?. Untuk dapat meningkatkannya coba lakukan beberapah tips berikut saat memulai pembicaraan. Pertama, memberi salam saat memulai dan berbicara dengan tersenyum.  Kedua,  berbicaralah dengan jelas. Ketiga,  merubah ekspresi dan gerakan tubuh sesuai isi ucapan.  Keempat,  saat berbicara usahakan tatap lawan bicara dan gunakan lafal yang tepat.

 

Aturan dalam berdialog yang paling penting adalah mendengarkan. Rumus berdialog adalah, communication= question+praise-----reaction.

Melatih logika berbicara dengan cara memberikan alasan yang tepat untuk argument yang diuratakan, hindari kalimat yang melebih-lebihkan, konsisten dalam bersikap, gunakan kata-kata yang sederhana, usahakan tetap tenang..

trik negosiasi yang mampu untuk dapat mencapai tujuan diantaranya; selangkah lebih maju, mengulur waktu, high&low, berpikir positif

kalian adalah seorang pasangan suami istri? Sering terjadi pertengkaran? Tidak memahami pasangan sendiri?. Untuk mengatsinya dan meminimalisir kesalahpaham dalam keluarga, lakukanlah setidaknya 20-30 menit berdialog dengan pasangan masing-masing agar komunikasi berjalan dengan baik.

Kalian sedang menjalin hubungan asmara dengan pasangan? Alias berpacaran?. Agar hubungan tetap terjalin dengan baik harus memperhatikan komunikasi yang baik agar tidak retak. Diantaranya dari wanita harus mampu menghindari kalimat “minta maaf, dong”, “terserah”, “ bagus tidak”, dan hal-hal sepele yang membuat si lelaki muak mendengarnya.

Sering mengalami presentasi yang gagal?. Berikut tips untuk mengatsinya. Hal yang perlu dilakukan adalah sesuaikan 4P (people) orang (place) tempat (purpose) tujuan (presenter) pembicara harus siap.

Jangan terpaku dengan slide presentasi, hindari menampilkan banyak tulisan dalam slide karena audience tidak akan membaca semuanya, tampilkan saja poin-poin terpentingnya. Jangan sampai presenter kurang bahan informasi untuk pemaparan.

Cukup sampai disini saja pembahsan yang aku tulis untuk lebih detailnya kalian bisa baca bukunya hehe….

Dibawah ada beberapa info tambahan yang mungkin menarik untuk dibaca. Silahkan,,,,,

Beberapa kalimat yang dan kutipan di dalam buku yang mungkin dapat dijadikan motivasi diantaranya sebagai berikut;

“ Hidup akan berubah jika pemikiran berubah.

Hidup akan berubah jika perilaku berubah.

Jangan abaikan bahwa ucapan memiliki porsi yang sama pentingnya dengan pikiran dan perilaku.”

 

“ Negosiasi adalah permainan hidup. Negosiasi adalah kesempatan berharga untuk memperoleh hasil yang bernilai dengan menunjukkan kemampuan yang terbaik.”

 

“ Tetapkan nilai sesuai dengan kualitas diri.”

 

 

“ Anda akan tetap berlari jauh dengan terus belajar. Long run long learn.”

 

“ Mahasiswa seharusnya berbahagia akan memiliki kesempatan untuk bisa belajar, bermimpi, lakukan, dan miliki tujuan.”

 

“ Hidup itu ibarat 5 buah bola yang melayang di udara, yakni; pekerjaan, keluarga,kesehatan, teman, dan nyawa. Pekerjaan mengibaratkan sebuah bola karet yang apabila dia terjatuh akan dapat melambung ke atas lagi, sedangkan ke 4 bola lainnya adalah bola kaca yang apabila terjatuh itu akan pecah, tergores, dan hancur. ”

Kelebihan buku

Berisi rangkuman dan trik dalam berkomunikasi yang padat, jelas, dan mudah dipahami.

Dalam setiap babnya ada episode-episode baru yang menarik.

Dapat dijadikan pedoman dalam pemecahan masalah berkomunikasi.

Kekurangan buku

Dalam buku disajikan episode dengan cerita menarik dari tokoh orang Korea Selatan, alangkah lebih baiknya jika disajikan pula tokoh –tokoh dunia yang memiliki seni berbicara yang menarik.

#

Gimana buddies enjoy kan baca artikelnya sampai akhir. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca, semoga kalian tetap setia menunggu artikel-artikel dari aku

Thank you so muchhh dari alvina untuk kalian

Juni 2021

Ngawi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun