Tata cara menulish email bahasa Inggris secara formal peru memperhatikan grammar dan aspek lainnya agar kamu terlihat lebih profesional dan terdengar sopan oleh siapapun yang menerima email kamu. Berikut adalah tips menulis bahasa Inggris secara formal:
1. Awali dan akhiri email dengan kalimat yang sesuai
Ketika memulai menulis email, awali dengan kalimat seperti "Dear Mr..."Â atau "Dear Mrs..."Â tetapi jika kamu belum tahu nama dari orang yang dituju maka bisa diganti dengan sapaan umum seperti "Dear Madam"Â atau "Dear Sir".
Bagian terakhir dari suatu email formal adalah kalimat penutup. Kamu bisa gunakan kalimat seperti "I am looking forward to hearing from you. Thank you very much"Â lalu diakhiri dengan sapaan "Sincerily yours"Â atau "Best regards"
2. Hindari singkatan
Menggunakan singkatan pada email formal terkesan tidak profesional. Oleh karen itu tulislah setiap kata sesuai dengan ejaannya yang benar. Hindari menyingkat "you"Â menjadi "u" apa lagi menggunakan simbol pengganti seperti "for" menjadi angkat 4
3. Perfect grammar
Penulisan grammar yang sempurna dibutuhkan untuk menulis email formal. Untuk mencapai ini, perlu pemahaman aturan dan penggunaan struktur kalimat dan pargraf yang resmi. Kamu juga bisa meminta bantuan aplikasi untuk memeriksa grammar.
Biar makin terbayang, kamu bisa simak beberapa contoh email formal dalam bahasa Inggris berikut:
      Â
Terjemahan:
[Subjek: Surat Lamaran Pekerjaan untuk Posisi Front Desk Agent]
Aurea Gitta
Jalan Merdeka 17/Jalur Agustus, Denpasar
aureagitta@seek.pekerjaan
Denpasar, 12 Agustus 2024
Yth. Bapak Green,
Manajer Perekrutan Hotel Gunung Kuning
Jalan Pancasila 45, Denpasar
Saya harap Anda menerima surat ini dalam keadaan baik. Nama saya Aurea Gitta, pelamar yang berminat untuk posisi Front Desk Agent mengenai lowongan yang dipublikasikan perusahaan Anda di surat kabar lokal tanggal 25 Juli 2024. Saya mahir berbahasa Inggris dan Jerman dan oleh karena itu saya menulis untuk mengungkapkan minat saya yang tulus untuk bergabung dengan perusahaan Anda.
Saya meraih gelar Sarjana Manajemen Pariwisata dari Universitas Garuda 1945. Studi saya membekali saya dengan dasar yang kuat dalam hubungan tamu dan manajemen perhotelan. Saya yakin akan kemampuan saya untuk memberikan layanan pelanggan yang prima berbekal kemahiran saya dalam bahasa Inggris dan Jerman.
Sebelumnya, saya pernah bekerja di sebuah hotel bintang 5 di Bali dan memutuskan untuk berhenti dengan niat untuk mempromosikan diri ke perusahaan lain. Oleh karena itu, saya mengambil kursus singkat tentang Manajemen Stres selama dua bulan terakhir karena saya menyadari hal itu penting sebelum saya dipekerjakan di budaya dan lingkungan kerja baru.
Saya berharap untuk bekerja sama dengan Anda di Gunung Kuning Hotel. Waktu dan pertimbangan Anda sangat saya hargai. Terima kasih.
Dengan hormat,
Aurea Gitta
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H