Mohon tunggu...
Money

Rahasia Manajemen Rantai Pasokan di Balik Kesuksesan Kentucky Fried Chicken (KFC)

2 Maret 2018   11:06 Diperbarui: 2 Maret 2018   11:23 12401
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Tema                           : Manajeman rantai pasokan perusahaan yang efektif

Perusahaan                  : PT. Fastfood Indonesia

Penulis                         : Alodya Agustina Elsam

Dosen Pembimbing     : Liem Gai Sin,M.Bus (Adv) PhD

  Universitas Ma Chung, Malang, Jawa Timur

Tanggal penulisan       : 16 Februari 2018

Kata kunci                   : Semua kata yang diberi garis bawah (underline)

Rahasia Manajemen Rantai Pasokan Dibalik Kesuksesan Kentucky Fried Chicken (KFC)

Gambar 1. Paket Super Besar 1 Original Chicken KFC

Sumber: Klik-eat.com

Perkenalkan nama saya Alodya Agustina. Saya adalah seorang mahasiswi jurusan manajemen Universitas Ma Chung Malang angkatan tahun 2016. Saya sangat menyukai makanan fast food,salah satunya adalah KFC. Saya biasanya pergi bersama keluarga atau teman dan memesan paket super besar 1 original chicken.Saya suka makan di KFC karena pelayanannya yang cepat. Tanpa menunggu lama, makanan yang dipesan akan segera datang dalam hitungan menit. Meskipun makanan datang dengan cepat, rasanya pun tetap enak. Dibalik pelayanannya yang cepat dan rasanya yang enak, terdapat suatu rahasia manajemen rantai pasokan (supply chain management) yang digunakan.

Manajemen rantai pasokan adalah integrasi aktivitas pengadaan bahan dan pelayanan, pengubahan menjadi barang setangah jadi dan produk akhir, serta pengiriman ke pelanggan dengan tujuan menghemat biaya, mempercepat waktu, dan mendapatkan profit yang besar. Manajemen rantai pasokan sangat penting dalam dunia bisnis. Apabila manajemen rantai pasokan yang digunakan sudah tepat, maka dapat memuaskan konsumen, menekan biaya produsen, dan memperoleh profit yang lebih banyak. Saya memilih KFC sebagai bahan analisis dan materi dalam artikel ini, karena manajemen rantai pasokan yang digunakan KFC sangat efektif sehingga dapat menghemat biaya pengeluaran dan menjadikan KFC sukses hingga saat ini.

KFC merupakan salah satu restoran cepat saji terbesar di dunia. Kantor pusat KFC berada di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. KFC didirikan oleh Kolonel Harland Sanders. Pada awalnya, Harland menjual ayam gorengnya di dekat pom bensin yang berada di tepi jalan Corbin, Kentucky. Namun saat ini, gerai KFC dapat ditemukan hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia. Hak eklusif waralaba KFC di Indonesia dipegang oleh PT. Fast Food Indonesia. Saat ini, terdapat 559 gerai KFC yang tersebar di Indonesia. Seringkali ditemukan antrian banyak pelanggan yang hendak memesan di seluruh gerai KFC yang ada di Indonesia. Pernahkah anda penasaran bagaimana strategi KFC dalam memenuhi banyak pesanan konsumen dengan cepat dan KFC menjadi sangat sukses?

Ternyata salah satu kunci kesuksesan KFC adalah manajemen rantai pasokan yang efektif. Bagaimanakah itu ? Berikut adalah bagan dari manajemen rantai pasokan KFC :

BAGAN ALUR MANAJEMEN RANTAI PASOKAN KFC INDONESIA

Konsumen

Manufacturing

KFC Logistic Regional

PT. Fast Food Indonesia

Distribution

Gerai  KFC

Supplier:

  • Ayam - Wonokoyo Grup
  • Sayuran umum - Pasar regional
  • Kentang - Petani kentang luar negeri 
  • Bumbu - KFC USA 
  • Beras non organik - Petani lokal
  • Beras organik - Kantor pusat Jakarta
  • Saos -- PT. Unilever
  • Pepsi -- PT. Pepsi-Cola Indobeverages

Bagan 1. Alur Manajemen Rantai Pasokan KFC Indonesia

Sumber :academia.edu.

Berikut merupakan penjelasan secara rinci mengenai alur manajemen rantai pasokan yang digunakan oleh KFC :

Supplier

KFC memesan bahan baku kepada supplier dengan sistem pre-order setiap minggunya, contoh KFC memesan 500 bagian paha ayam, 900 bagian dada ayam, dan lain-lain. Pesanan itu tergantung dari kebutuhan setiap gerai KFC sehingga dapat menyesuaikan dengan konsumen. Hal ini sangat menguntungkan bagi KFC karena dapat menghindari adanya kelebihan atau kekurangan bahan baku. Apabila terjadi kelebihan bahan baku, dapat dialihkan kepada gerai yang kekurangan bahan baku.

Manufacturing

Bahan baku dari supplier akan dijadikan satu di gudang KFC Logistic Regional.  PT. Fast Food Indonesia akan mengecek kuantitas dan kualitas dari bahan baku itu. Terdapat proses pengolahan bahan baku menjadi bahan setengah jadi yang dilakukan oleh PT. Fast Food Indonesia secara langsung seperti proses memberikan bumbu ke setiap ayam. Setelah itu, bahan setengah jadi tersebut siap didistribusikan ke setiap gerai KFC sesuai kebutuhan.

Distribution

Bahan setengah jadi dan bahan lainnya tiba di setiap gudang gerai KFC seluruh Indonesia dengan jumlah sesuai dengan kebutuhan. Di setiap gerai hanya tinggal melakukan proses pengolahan makanan seperti penggorengan ayam, kentang, dan sebagainya. Setelah itu makanan siap disajikan kepada konsumen.

Kelebihan Manajemen Rantai Pasokan KFC :

  • Kuantitas dan kualitas bahan baku terjamin karena terdapat pengecekan langsung oleh PT. Fastfood Indonesia dari supplier.
  • Kuantitas pesanan dapat terkoordinasi setiap minggunya.
  • Terhindarnya masalah kekurangan atau kelebihan bahan baku yang disimpan di gudang PT. Fastfood Indonesia, karena menggunakan sistem pre-order yang disesuaikan dengan kebutuhan setiap gerai KFC.
  • Bahan baku tidak disimpan terlalu lama karena langsung didistribusikan ke setiap gerai KFC, sehingga menghindari adanya pembusukan.
  • Berkurangnya biaya pengiriman minumanseperti minuman pepsi karena dari supplier langsung didistribusikan ke gerai KFC.
  • Cita rasa seluruh KFC yang ada di Indonesia sama, karena bahan baku dan proses manufaktur seperti pemberian bumbu dilakukan oleh satu pihak yaitu PT. Fastfood Indonesia.
  • Makanan dapat tersaji dengan cepat dan rasanya sangat enak, sehingga konsumen merasa puas.

Kelemahan Manajemen Rantai Pasokan KFC :

  • Bahan baku ada yang diimpor dari Amerika, sehingga butuh perhitungan waktu yang tepat agar tidak kekurangan bahan baku tersebut.
  • Butuhnya sumber daya manusia yang peka terhadap persediaan di setiap gerai KFC. Jadi apabila di gerai KFC terdapat pembludakan konsumen yang melebihi perkiraan, maka orang tersebut langsung  menghubungi PT. Fastfood Indonesia untuk segera mengirimkan ke gerai KFC tersebut.
  • Kondisi konsumen yang dinamis, sehingga setiap gerai KFC harus cermat dalam menganalisis setiap perubahan jumlah banyaknya konsumen setiap harinya.

Salah satu pengaruh utama kesuksesan suatu perusahaan adalah manajemen rantai pasokan. Semakin efektif manajemen rantai pasokan, semakin semakin tinggi tingkat kompetitif yang dimiliki dan semakin besar pula profit yang diterima oleh perusahaan. Manajemen rantai pasokan KFC Indonesia memiliki supplier dengan kuantitas bahan baku yang banyak, kualitas yang bagus, dan fleksibel yaitu sistem pre-order. Proses manufaktur dan distribusi KFC Indonesia sangat efisien dalam mengolah persediaan serta cepat sampai ke tangan konsumen. Oleh karena itu, manajemen rantai pasokan KFC Indonesia dapat menekan biaya yang ada, proses distribusi yang cepat, kualitas bagus dengan rasa yang enak, konsumen menjadi puas, dan profit yang didapatkan KFC menjadi lebih besar.

Semoga dengan adanya artikel ini, pembaca dapat menambah pengetahuan mengenai bagaimana manajemen rantai pasokan yang efektif.

DAFTAR PUSTAKA

Eztolearnt (2017). Manajemen Rantai Pasok pada Perusahaan Ayam Goreng KFC. Diakses pada tanggal 16 Februari, 2018, dari Eztolearnt Wordpress: https://eztolearnt.wordpress.com/2017/10/25/manajemen-rantai-pasok-pada-perusahaan-ayam-goreng-kfc/

Jo.Janitra (2016). Rantai Pasok KFC Indonesia. Diakses pada tanggal 16 Februari, 2018, dari Academia: http://www.academia.edu/23195242/Rantai_pasok_KFC_Indonesia

Marieffauzi (2013). Manajemen Rantai Pasokan Supply Chain Management. Diakses pada tanggal 16 Februari, 2018, dari Wordpress: https://marieffauzi.wordpress.com/2013/10/03/5-manajemen-rantai-pasokan-supply-chain-management/comment-page-1/

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun