Diplomasi adalah sarana atau forum untuk melaksanakan kepentingan politik luar negeri dan kepentingan nasional masing-masing negara, yang merupakan nilai karakteristik nasional atau negosiasi dalam hubungan bilateral dan kerjasama masing-masing negara, dan baik untuk menjaga citra.
Diplomasi budaya merupakan kajian yang menarik dan sangat penting dalam dunia internasional. Diplomasi budaya itu sendiri berskala kecil, yaitu seni dan olahraga, atau skala besar, seperti publisitas dan kegiatan publisitas lainnya, dan meskipun secara singkat dapat diartikan sebagai kegiatan diplomatik di bidang ekonomi, politik, dan militer, sebagai upaya untuk memperjuangkan kepentingan nasional melalui budaya.
Keanekaragaman budaya Indonesia sangat unik dan beragam, dengan banyak budaya yang sebelumnya diakui oleh dunia internasional, seperti UNESCO. Dimana budaya yang sebelumnya diakui oleh UNESCO sendiri secara resmi terukir dalam memori dunia.
Memori kolektif dunia ini merupakan proyek UNESCO yang didirikan pada tahun 1992 untuk mengakui kekayaan warisan sejarah nenek moyangnya di dalam dan luar negeri dalam rangka melindungi dan memelihara warisan budaya dunia serta mengembangkan studi wilayah. .
Berbagai jenis budaya yang dianggap sebagai warisan budaya oleh UNESCO menunjukkan bahwa Indonesia diakui berhasil karena kemampuannya menarik perhatian dunia internasional. Keanekaragaman Budaya Indonesia menyatakan jati diri bangsa Indonesia. Indonesia adalah budaya yang kaya, unik dan beragam.
Budaya yang lahir dari Indonesia dan warisan budaya Indonesia yang sedang berkembang itu akan dipertahankan, dilestarikan, dan disimpan.
Dengan begitu, budaya yang dimiliki Indonesia dapat terus berkembang untuk generasi selanjutnya. Terlibat dalam diplomasi budaya seperti di banyak negara, merupakan upaya Indonesia untuk melakukan diplomasi agar budaya Indonesia dapat berkembang, dilestarikan dan dibina dengan baik.
Di masa sebelum pandemi, pemerintah Indonesia sebelumnya telah melakukan diplomasi kebudayaan yang bergerak untuk menciptakan pusat kebudayaan untuk Indonesia disetiap negara tujuan dengan nama Rumah Budaya Indonesia atau Indonesia cultural centre sebagai salah satu bentuk upaya dalam menjalankan kepentingan nasionalnya.
RBI adalah suatu program dari pemerintah Indonesia yang di ciptakan oleh Kemendikbud sebagai salah satu wujud dari upaya diplomasi budaya dengan tujuan agar memperlihatkan dan mengenalkan keberagaman budaya Indonesia di kanca internasional, sehingga hal ini dapat menjadikan budaya Indonesia lebih diketahui oleh masyarakat global.
Rumah Budaya Indonesia sendiri merupakan program yang memiliki 3 bagian, seperti, Culture Learning, Culture Expression, dan Culture Advocacy & Promotion.
Adanya pembangunan RBI ini menjadi sasaran utama Indonesia dalam melakukan diplomasi di beberapa negara, dimana hal ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan baru terhadap masyarakat global akan budaya yang dimiliki oleh Indonesia.
Selain itu, pembangunan rumah budaya juga diharapkan untuk dapat memperkuat hubungan bilateral antar negara, serta kerjasama dikalangan masyarakat, seperti pada institusi pendidikan 7 yang berperan dalam pengembangn dan pelestarian kebudayaan Indonesia.
Tokyo menjadi lokasi pembangunan rumah budaya karena merupakan ibu kota dari Jepang itu sendiri, kota yang terkenal akan kepadatan penduduknya di dunia, karena hampir semua penduduk Jepang memilih mendiami Tokyo sebagai pilihan untuk menetap.
Pembangunan rumah budaya di ibu kota negara Jepang tersebut diharapkan mampu untuk meningkatkan pengetahuan, antusiasme akan kebudayaan dan citra positif Indonesia di kalangan masyarakat Jepang walau di masa pandemi covid-19 sekalipun.
Rumah Budaya Indonesia (RBI) Tokyo salah satunya menggelar lokakarya untuk mempromosikan jamu sebagai minuman tradisional Indonesia kepada warga Jepang. Partisipan lokakarya tersebut terbilang cukup tinggi.
Jamu menjadi pilihan tema dalam lokakarya karena selain menyehatkan, jamu juga warisan bangsa yang harus dipertahankan secara turun menurun. Apalagi di masa pandemi saat ini, dimana tubuh butuh asupan untuk meningkatkan imunitas, guna terhindar dari penularan virus corona.
Sayoko Ishii memberi apresiasi atas terselenggaranya acara tersebut. Pengenalan jamu yang bertepatan dengan pandemi covid-19 sangat membantu. Karena warga Jepang bisa ikut menikmati minuman herbal tradisional asal Indonesia.
“Saya dulu sering minum jamu, setelah mendengar Presiden Joko Widodo meminum jamu setiap pagi,” ucap Sayoko Ishii yang mengaku mendapat resep jamu dari media. Ia mengaku terkesan setelah tahu bahwa resep jamu telah diwariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi.
Sementara itu, Yasuko Kanasugi, mengungkapkan, dirinya juga suka minum jamu. Ia minum jamu yang terdiri dari campuran jahe, kayu manis, madu dan gula jawa sekitar 2-3 kali seminggu.
Pada kesempatan yang sama, Ketua Darma Wanita Persatuan Kedutaan Besar Republik Indonesia (DWP KBRI) di Tokyo, Nuning Akhmadi mengemukakan, jamu adalah kekayaan budaya Indonesia sejak dulu dan perlu dipopulerkan, terutama di kalangan generasi muda.
Dalam kesempatan ini, RBI juga ikut membagikan resep dan cara pembuatan kunyit asam, wedang jahe dan beras kencur serta menunjukkan bahan-bahan aslinya yang bisa dibeli di wilayah Tokyo.
Acara dimeriahkan dengan tarian “Mbok Jamu” oleh anggota Sanggar Duta Melati, Chika dan ditutup dengan bersama-sama menyanyikan Lagu “Suwe Ora Jamu” dengan iringan piano Noriko Sasaki. Kegiatan ini telah berlangsung rutin dan dapat dinikmati di kanal Youtube resmi RBI, yaitu RBI Tokyo.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H