Kita akan mencoba untuk praktik merumuskan tujuan pembelajaran dengan cara alternatif 2 pada mata pelajaran IPAS fase B yaitu mengidentifikasikan kata kunci pada CP yang berkiatan dengan kompetensi dan lingkup materi. Guru yang mengajar mata pelajaran lain tetap bisa mengikuti karena prisnsip dan proses yang digunakan tetap sama.
Pada alternatif dua tujuan pembelajaran diurmuskan dengan menganalisis kompetensi dan lingkungan materi pada CP. Jadi yang pertama dilakukan pada alternatif 2 adalah:
1. Mengidentifikasikan kata kunci pada CP yang berkaitan dengan kompetensi dan lingkup materi.Â
Pada tabel diatas kompetensi yang diminta adalah "menganalisis hubungan" lingkup materinya adalah "fungi pancaindra" pada kalimat selanjutnya peserta didik diminta "membuat alat simulasi" lingkup mateirnya adalah "siklus mahluk hidup" dan dilanjutkan pada lingkup semua elemen. Â
2. Mengelompokkan Hasil Identifikasi.
Kita kelompokkan kompetensi dan ruang lingkupnya. Untuk mempermudah analisis hasil identifikai ini dapat kita tuangkan dalam tabel seperti contoh berikut.Â
Pada contoh CP diuraikan perkalimat karena pada karakteristik mata pelajaran IPAS , setiap kalimat CP dapat memuat ruang lingkup yang berbeda-beda. Kita juga dapat mengelompokkan hasil identifikasi dengan ruang lingkup yang sama misalnya untuk contoh berikut ini dapat dikelompokkan dalam ruang lingkup energi:
Ini hanya salah satu contoh untuk memudahkan analisis. Bukan menjadi format atau cara baku. Sedangkan dalam keterampilan proses keterampilan ini merupakan keterampilan inkuiri yang bisa membantu dalam memahami IPAS di setiap lingkup materi informasi ini didapatkan pada saat kita mempelajari CP jadi kompetensi elemen ini dikembangkan saat melaksanakan elemen pemahaman dan bisa dijadikan referensi melakukan perencanaan pembelajaran di setiap ruang lingkup.
3. Merumuskan Tujuan PembelajaranÂ
Misalnya untuk kalimat pada CP berikut dengan kompetensi dan ruang lingkup yang sudah dipetakan, maka tujuan pembelajaran adalah; "Menganalisi hubungan antar bentuk serta fungsi bagian tubuh pada manusia (pancaindra)"
Namun ada kalanya saat merumuskan kita perlu menganalisis ruang lingkup materinya lebih dalam misal untuk capaian pembelajaran berikut:
Lingkup materinya adalah wujud zat. Namun sebelum peserta didik mampu menganalisis wujud zat tentunya peserta didik harus mempelajari wujud zat dan karakteristiknya. Dengan demikian untuk kalimat CP ini bisa kita rumuskan tujuan pembelajarannya adalah:Â
Untuk memahami berbagai cara dalam merumuskan tujuan pembelajaran guru dapat melihat referensi yang terdapat pada panduan pembelajaran dan asesemen. Jangan lupa juga untuk melihat kedalaman ruang lingkup materi dan kompetensi prasyarat saat merumuskan tujuan pembelajaran.
Referensi:
1. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. 2022. Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
2. SK Kepala BSKAP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 033/H/KR/2022 tentang Perubahan Atas Keputusan Kepala BSKAP No. 008/KR/2022 tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah pada Kurikulum Merdeka
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H