Mohon tunggu...
ALI AKBAR NAVIS
ALI AKBAR NAVIS Mohon Tunggu... Guru - Guru SMPN 4 Satu Atap Salaman

Penulis Buku, Motivator, Pengasuh Majelis Taman Surga.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Revolusi Mengajar! Cara Menenangkan Kelas yang Gaduh dalam 5 Hitungan

29 Oktober 2022   19:14 Diperbarui: 29 Oktober 2022   19:41 283
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

REVOLUSI MENGAJAR! CARA MENENANGKAN KELAS YANG GADUH DALAM 5 HITUNGAN!

Oleh : Ali Akbar Navis, S.Pd.

Menjadi seorang pendidik (guru) bukanlah hal yang mudah. Apalagi ketika berada dikelas yang super ambyar. Maka pada saat itu hati nurani seorang pendidik akan bergejolak seperti balon yang hendak meletus. Selain itu manajemen emosinya juga benar-benar diuji. Dan realitanya tidak semua pendidik bisa mengatasi tantangan ini dengan mudah.

Ada beberapa hal yang menyebabkan suatu kelas menjadi kurang kondusif. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Faktor dari peserta didik (siswa).
  • Faktor dari pendidik (guru).
  • Faktor di luar kelas.

Supaya lebih mengenal hal tersebut, mari kita ulas satu per satu ketiga faktor tersebut :

Faktor dari peserta didik (siswa).

Adanya karakteristik peserta didik yang sangat beragam. Tidak bisa dipungkiri bahwa peserta didik di dalam suatu kelas ini sangat heterogen. Mereka bisa jadi memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara yang satu dengan lainnya.

Beberapa perbedaan tersebut bisa dilihat dari etnik, kultural, status sosial, minat, perkembangan kognitif, kemampuan awal, gaya belajar, motivasi, perkembangan emosi, perkembangan sosial, perkembangan moral dan spiritual, dan perkembangan motoriknya.

Tentu saja hal tersebut disadari atau tidak, bisa menjadi faktor yang bisa menentukan suatu kelas bisa terkondisi dengan baik atau tidak.

Hal lain yang bisa menjadi penyebab suatu kelas yang menjadi kurang kondusif adalah adanya perselisihan antar peserta didik, meskupin perselisihan itu adalah hal yang sangat sepele sekali. Kebosanan peserta didik di kelas dalam mengikuti pelajaran juga bisa menjadi penyebab dari gaduhnya suatu kelas. 

Dan ada satu lagi faktor yang berpengaruh, yaitu ketidak pahaman peserta didik pada materi yang disampaikan oleh pendidik.

Faktor dari pendidik (guru).

Pendidik memiliki peran yang sangat penting dalam menyelenggarakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas. Pelayanan pendidikan yang optimal tidak bisa lepas dari kendali pendidik yang mengajar pada suatu kelas. 

Selain kemampuan profesional yang harus dimiliki oleh seorang pendidik, guru juga harus memiliki kemampuan professional yang mumpuni.

Salah satu kemampuan professional yang harus dimiliki oleh seorang pendidik adalah mengelola kelas. Sukses tidaknya kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dipengaruhi oleh kemampuan mengelola kelas seorang pendidik.

Oleh karena itu jangan salah jika seorang pendidik yang pandai mengelola kelas bisa membuat suasana kelas yang sangat dirindukan oleh peserta didik, begitu pula sebaliknya.

Faktor di luar kelas.

Ketenangan dan kenyamanan pembelajaran di dalam kelas juga tidak lepas dari pengaruh faktor dari luar. Sekolah yang berada di pinggir jalan raya yang besar tentu saja akan lebih terganggu dari pada sekolah yang berada didaerah pinggiran, pedesaan dan pegunungan. Oleh karen itu seorang pendidik sangat perlu dan membutuhkan kemampuan mengalola kelas yang mumpuni.

Sayangnya, tidak semua pendidik memiliki cara / Teknik yang efektif dalam nenenangkan kelas. Dan artikel ini disusun untuk menjawab permasalahan tersebut.

Salah satu cara untuk menenangkan kelas yang gaduh dan ramai dalam waktu singkat yang telah saya praktekan adalah menggunakan Teknik "Give me five!". Alhamdulillah dengan teknik ini suasana kelas yang tadinya ramai bisa tenang hanya dalam 5 (lima) hitungan saja. Apakah anda juga mau mencobanya?

Kini saya akan menceritakan pengalaman dalam mempraktekan teknik ini dikelas. Sebenarnya sangat mudah dan simple. Jadi saya yakin anda pasti bisa mempraktekannya setelah membaca artikel ini sampai selesai.

Cara menerapkan teknik Give me five :

Untuk mengajarkan 5 prosedur dari give me five kita perlu mempersiapkan beberapa hal. Pertama adalah memberikan pengkondisian kepada peserta didik. Kedua memberikan pemahaman setiap prosesnya kepada peserta didik. Dan yang terakhir adalah melakukan pengulangan sampai peserta didik benar-benar paham dan mengerti.

Kelima prosedur dari give me five adalah sebagai berikut :

  • Ucapkan "1" dengan tegas, kemudian katakan, "Dengarkan Baik-baik!"
  • Ucapkan "2" dengan tegas, kemudian katakana, "Lihat ke Sumber Suara!"
  • Ucapkan "3" dengan tegas, kemudian katakan, "Tenangkan Seluruh Anggota Tubuh!"
  • Ucapkan "4" dengan tegas, kemudian katakan, "Konsentrasi, Fokuskan Perhatian Pada Guru!"
  • Ucapkan "5" dengan tegas, kemudian katakan, "Menjadi Seperti Patung dan Siap Menerima Instruksi!"

Coba praktekan dan ajarkan kepada peserta didik. Lalu rasakan sendiri betapa efektifnya teknik ini dalam menyulap kondiri kelas yang gaduh agar menjadi tenang dalam waktu yang sangat singkat, yakni lima hitungan.

Semoga teknik pengendalian kelas dengan give me five ini bisa bermanfaat bagi pembaca. Silahkan praktekan sekarang juga dan kami tunggu testimoni di kolom komentar artikel ini dari semua pembaca setelah mempraktekan teknik ini dikelasnya masing-masing.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun