Mohon tunggu...
Tifa Johnson
Tifa Johnson Mohon Tunggu... Administrasi - Marketing Strategies

Hi, Namaku Tifa, berasal dari Bali. Aku menyukai Binatang, Alam, Fashion dan aku juga tertarik dengan Surfing dan berenang. Sekarang aku bekerja sebagai copywriter dan social media manager di Algo Sea Biz, salah satu perusahaan digital marketing terbaik di Indonesia. Dari tulisan konten yang menarik hingga pesan yang berdampak, Algo Seabiz memastikan cerita Anda bergema di seluruh platform digital, meninggalkan kesan mendalam.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Manfaat Interaksi dengan Audiens di Media Sosial

3 Februari 2023   15:09 Diperbarui: 3 Februari 2023   15:12 1321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Keterlibatan atau lazimnya dikenal sebagai engagement terkait erat dengan ranah pemasaran media sosial. Mungkin Anda pernah dengar term engagement. Apa bila Anda ingin sukses dalam pemasaran online, Anda harus berinteraksi dengan audiens, pelanggan, dan pengikut Anda. Singkatnya, tingkatkan keterlibatan Anda dan Anda akan berhasil. Keterlibatan membantu dalam menentukan keberhasilan bisnis online. Pertumbuhan dan kesuksesan bisnis online Anda terletak pada kemampuan untuk terhubung dan terlibat dengan audiens yang Anda targetkan.

Simak tujuh manfaat interaksi dengan audiens di media sosial:

1. Interaksi di media sosial membantu menjangkau audiens yang lebih luas

Semakin banyak orang yang terlibat dengan Anda, maka semakin besar pula jumlah orang yang dapat melihat postingan konten Anda. Apa bila Anda membuat konten yang bermanfaat di media sosial, maka audien yang telah berinteraksi dengan Anda sebelumnya lebih cenderung membagikan konten Anda. Ketika hal ini terjadi, akan ada semakin banyak orang yang melihat konten Anda. Inilah bagaimana jangkauan besar diciptakan di media sosial.

 

2. Membantu dalam membangun kepercayaan dan loyalitas

Ingatlah bahwa pelanggan atau audiens tidak akan pernah membeli barang atau menggunakan layanan dari bisnis atau perusahaan yang tidak mereka percayai. Ketika Anda terlibat dalam pemasaran media sosial, Anda harus fokus pada cara menarik dan meningkatkan engagement Anda. Hal akan sangat membantu. Semakin banyak audiens terlibat dengan Anda, maka akan semakin banyak pelanggan juga yang akan mempercayai merek Anda. Keterlibatan dan interaksi adalah strategi pemasaran media sosial yang baik untuk membangun loyalitas dan kepercayaan.

3. Membantu dalam menginspirasi emosi

Upaya pemasaran media sosial Anda harus menyentuh audiens Anda secara emosional. Untuk membuat keterlibatan yang kuat, Anda perlu melakukan diskusi yang sehat dengan audiens Anda. Cara Anda berkomunikasi dengan audiens Anda harus memiliki dampak emosional yang memaksa mereka untuk selalu terlibat dengan Anda di masa depan. Buat mereka merasa diperhatikan dan nyaman.

4. Membantu dalam mendapatkan lebih banyak perhatian dari khalayak dan menjaga mereka tetap terhubung

Kebanyakan, orang tetap aktif di media sosial karena mereka ingin dihibur dan terhubung dengan orang yang berpikiran sama. Keterlibatan dapat membantu Anda mendapatkan lebih banyak suka, umpan balik, dan berbagi. Ini akan menarik lebih banyak perhatian. Ketika orang-orang memperhatikan bahwa posting Anda mendapat banyak suka, komentar, dan bagikan, mereka akan secara otomatis berpikir bahwa itu berharga dan Anda dapat dipercaya dan bereputasi baik. Ini akan membuat mereka tetap berhubungan dengan Anda.

5. Interaksi menunjukan bahwa Anda adalah manusia nyata dan bukan robot

Media sosial itu tentang manusia dan bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Manusia akan selalu ingin terhubung dengan orang dan tidak ada yang mau berhubungan dengan robot. Keterlibatanlah yang mendeterminasi apakah brand Anda itu robot atau orang sungguhan. Ketika Anda berkomunikasi dengan audiens dengan baik, mereka akan lebih mengingat Anda dan akan mengikuti berita serta informasi terbaru tentang Anda.

6. Audiens yang membeli adalah audiens yang terlibat

Banyak pemasar digital yang ahli membuktikan secara statistik bahwa orang lebih suka membeli produk atau menggunakan layanan dengan merek atau perusahaan atau industri yang telah mereka gunakan sebelumnya. Keterlibatan mengandung pemicu psikologis yang menyentuh orang secara emosional. Anda perlu memanfaatkannya. Tunjukkan pada mereka nilai Anda dan dapatkan kepercayaan mereka, maka mereka akan menjadi pelanggan Anda. Itulah tujuh alasan mendasar mengapa keterlibatan sangat penting dalam social media marketing. Ingatlah bahwa keterlibatan adalah hubungan timbal balik (hubungan dua arah) -- Baik Anda dan audiens Anda berpartisipasi aktif.

7. Tingkatkan komunikasi 

Platform media sosial memungkinkan pengguna untuk mengirim dan berbagi aneka jenis konten dan postingan baik yang bertujuan untuk marketing, edukasi, maupun hiburan yang mana semuanya itu akan mengarah kepada keterlibatan. Keterlibatan ini akan membantu meningkatkan komunikasi dan interaksi. Anda dapat mengirimkan pesan atau konten promosi kepada siapa pun di platform media sosial. Namun, hal ini bukanlah strategi pemasaran yang efektif karena Anda belum tahu apakah mereka memiliki ketertarikan dengan bisnis Anda atau tidak. Berinteraksi dengan audiens yang telah terlibat dengan Anda dan mengirim konten promosi kepada mereka akan lebih efektif.

Itulah tujuh alasan mendasar mengapa keterlibatan sangat penting dalam pemasaran media sosial. Ingatlah bahwa keterlibatan adalah hubungan timbal balik (hubungan dua arah) -- Anda dan audiens Anda berpartisipasi secara aktif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun