Mohon tunggu...
Alfin Najid
Alfin Najid Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UIN SMH Banten

Alfin Najid - 191410051

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Strategi Pemasaran

21 Desember 2021   17:23 Diperbarui: 26 Desember 2021   22:54 412
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Artikel ini di buat sebagai Tugas UAS Manajemen Pemasaran Syariah dengan dosen pengampu Dr. H. Syaeful Bahri, S.Ag, MM . *Selamat Membaca dan Semoga bermanfaat*

Strategi pemasaran sekarang ini banyak dipakai oleh kebanyakan perusahaan baik perusahaan kecil maupun perusahaan besar.Tujuannya adalah agar  memiliki daya saing dan juga daya jual yang beragam di pasaran.Di zaman sekarang perusahaan barang maupun jasa menggunakan strategi pemasaran guna menghadapi persaingan pasar dan juga sebagai upaya untuk memasarkan produk atau jasa dengan baik dan strategis.Dengan upaya tersebut nantinya akan membuat produk atau jasa yang di pasarkan menjadi menarik dan menambah minat pelanggan.Di bawah ini ada beberapa poin strategi pemasaran

Strategi Marketing

   Strategi pemasaran pada dasarnya adalah rencana yang menyeluruh,terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, yang memberikan panduan tentang kegiatan yang akan dijalankan untuk dapat tercapainya tujuan pemasaran suatu perusahaan. Dengan kata lain, strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan dan sasaran.Hal yang paling mendasar dan  tentunya diperlukan dalam strategi pemasaran adalah bagaimana cara dan upaya untuk menarik minat calon konsumen agar mau berbelanja,mempertahankan konsumennya ataupun menambah jumlah konsumen di tempat tersebut dengan melakukan kegiatan promosi dan memberikan pelayanan terbaik untuk menarik dan mempertahankan konsumennya.Strategi pemasaran adalah upaya untuk memasarkan produk baik berbentuk barang atau jasa melalui penggunaan rencana dan model strategis tertentu, untuk meningkatkan penjualan.

    Secara umum ada empat tujuan strategi pemasaran, yaitu :

1. Meningkatkan kualitas koordinasi antar individu dalam tim pemasaran

2. Sebagai alat atau metode pengulir hasil pemasaran berdasarkan standar prestasi yang telah diterapkan.

3. Sebagai dasar logis dalam mengambil atau pengambilan keputusan pemasaran.

4. Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi bila terjadi perubahan dalam pemasaran.

Tujuan Perusahaan

      Tujuan perusahaan adalah sesuatu yang akan dicapai atau yang akan di hasilkan perusahaan yang bersangkutan bagi para pemegang saham.Tujuan memproduksi atau memasarkan suatu produk,baik perusahaan dagang ataupun perusahaan jasa selalu berpatokan kepada apa yang ingin dicapai oleh perusahaan tersebut.Penentuan sasaran perusahaan sangat penting untuk diketahui sehingga dapat target yang akan di capai.jika tujuan perusahaan sudah diketahui,maka dapatlah di susun strategi pemasaran yang akan di jalankan untuk mencapai tujuan tersebut.Dan strateginya dapat berupa jangka pendek,menengah ataupun jangka panjang harus sesuai dengan rencana yang telah di susun.Tujuan perusahaan untuk memproduksi atau memasarkan produknya dapat di kategorikan sebagai berikut :

1. Untuk meningkatkan tujuan dan laba

2. Untuk menguasai dunia pasar

3. Mengurangi saingan

4. Menaikan prestise produk tertentu di pasaran

5. Memenuhi pihak pihak tertentu

Strategi Umun dan Menyeluruh

     Strategi pemasaran tersebut harus harus disusun secara sistematis serta menyeluruh sehingga dapat digunakan sebagai panduan untuk melakukan kegiatan pemasaran agar bisa mencapai tujuan perusahaan yaitu menghasilkan keuntungan.Menurut Sofjan assuari terdapat 9 strategi pemasaran yang dapat dijalankan dalam menghadapi persaingan melalui perbedaan harga mutu yaitu :

1. Strategi premium yaitu kualitas tinggi dan harga tinggi

2. Strategi penetrasi yaitu kualitas tinggi harga sedang

3. Strategi super bargain yaitu kualitas rendah dan harga murah

4.strategi over pricing yaitu kualitas menengah dan harga tinggi

5. Strategi kualitas yaitu kualitas menengah harga sedang

6. Strategi Bargain yaitu kualitas menengah harga murah

7. Strategi pukul dan lari yaitu berkualitas rendah harga tinggi

8. Strategi barang barang tiruan yaitu kualitas rendah harga sedang

9. Strategi barang barang murah yaitu kualitas rendah  dan harga murah

Strategi Penetrasi

   Strategi penetrasi pasar merupakan strategi untuk mendapatkan revenue growth dengan cara memfokuskan diri pada penjualan produk produk yang sudah ada pada pasar yang sedang digarap.Penetrasi pasar dapat melibatkan pemerolehan pelanggan baru namun harus pada pasar yang telah ada.Tujuannya adalah untuk mendapatkan produk atau jasa dengan cepat dan menangkap bagian besar dari pasar.Jadi penetrasi pasar ini adalah untuk memperluas pangsa pasar (market share) dalam pasar yang telah ada.Untuk mewujudkan penetrasi pasar,pemasar harus membuat strategi sebagai berikut :

1.kebertahanan pelanggan (customer retention)

2.Penjualan ke pelanggan telah ada (sales to Exiting Customer)

3.Inovasi penggunaan (user inovation)

4.Meningkatkan pangsa pasar yang telah ada

5.Pemasaran menentang arus

Strategi Siklus Hidup Produk 

     Produk dan pasar memiliki siklus hidup yang menuntuk perubahan strategi pemasaran sepanjang waktu dan setiap kebutuhan baru mengikuti siklus permintaan hidup yang menjalani tahap tahap kebangkitan hinggu akhir kedewasaan dan penurunan.Terdapat empat strategi yang harus dipilih perusahaan.Antara lain:

1. Tahap Pengenalan

    Pada tahap ini menunjukkan pembangunan kesadaran akan produk secara meluas dan mendorong konsumen untuk mencoba.

2. Tahap Pertumbuhan

     Dalam tahap pertumbuhan dibedakan menjadi dua kelompok yaitu, pertumbuhan cepat yang ditandai dengan melonjaknya tingkat penjualan perusahaan dengan cepat karena produk telah diterima dan diminta oleh pasar dan yang kedua adalah pertumbuhan lambat pada tahap ini penjualan masih meningkat namun dengan pertumbuhan yang semakin menurun.

3. Tahap Kedewasaan

     ditandai dengan tercapainya titik tertinggi dalam penjualan perusahaan. Ada dua strategi utama yang dapat diterapkan pada tahap kedewasaan antara lain strategi bertahan yang bertujuan untuk mempertahankan pangsa pasar dari pesaing dan yang kedua adalah strategi menyerang yang lebih menitikberatkan pada usaha perubahan untuk mencapai tingkat yang lebih baik.

4. Tahap Penurunan

     Penurunan penjualan ini disebabkan oleh faktor-faktor seperti perubahan selera pasar produk, substitusi diterima konsumen, dan perubahan teknologi. Sejumlah alternatif dapat dilakukan pada tahap akhir ini, namun perlu diperhatikan bahwa pilihan alternatif haruslah didasarkan pada kekuatan dan kelemahan perusahaan serta daya tarik industri bagi perusahaan.

Quot :

"Produk terbaik sekalipun tanpa Strategi Pemasaran yang handal hanya akan menjadi Pajangan di gudang Kumal".

#Dr.H.SyaefulBahri#

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun