Artikel ini disusun guna untuk memenuhi Tugas mata kuliah "Perilaku Organisasional "
Dosen : Ferdiansyah S.E., M.Ak.
Disusun oleh :
ALFIAH TRI RAHMA SARI Â Â Â Â Â 191011200786
BIMA APRIYANTO Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â 191011201736
DINDA UMIYATUL IKHSAN Â Â Â Â 191011201724
MUHAMAD RIDWAN FIRDAUS Â 191011200083
Universitas Pamulang
Kata pengantar
Puji syukur kami ucapkan kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat, taufik, hidayat dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan Artikel yang bertemakan "Perilaku Organisasional"
Sebelum kita membahas mengenai Struktur Organisasi, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu organisasi. Secara umum, organisasi merupakan suatu perkumpulan bagi sekelompok orang yang bekerjasama dengan terstruktur untuk mencapai tujuan tertentu.
Lalu apa itu Struktur Organisasi???
Struktur organisasi merupakan suatu susunan atau hubungan dalam suatu perusahaan untuk menjalankan kegiatan operasional. Dalam struktur organisasi terdapat penjelasan mengenai pembagian tugas kerja dan penyampaian laporan dalam suatu organisasi.
- Fungsi Struktur Organisasi
Setelah kita mengetahui apa itu struktur organisasi, maka dalam struktur organisasi terdapat fungsinya antara lain : kejelasan tanggung jawab, kejelasan kedudukan, kejelasan jalur hubungan, kejelasan uraian tugas. Mari kita simak penjelasannya
1. Kejelasan tanggung jawab
Dalam suatu organisasi terdapat kejelasan tanggung jawab pada setiap anggotanya yang dimana kewenangan harus kita laksanakan.
2. Kejelasan kedudukan
Suatu organisasi yang mempunyai kejelasan kedudukan untuk mempermudah komunikasi maupun koordinasi dalam suatu hubungan yang dipercayakan pada seseorang.
3. Kejelasan Jalur hubungan
Dalam organisasi hubungan dapat membantu untuk menjalankan pengawasan dan pengendalian dalam suatu perkejaan.
4. Kejelasan uraian tugas
Kejelasan uraian tugas dan tanggung jawab setiap anggota dalam sebuah organisasi, agar jalur pekerjaan dapat  berjalan dengan efektif dan mendapatkan keuntungan.
- Jenis -- Jenis  Struktur Organisasi
Ada banyak jenis-jenis dalam struktur organisasi. Disini kami akan membahas beberapa jenis struktur organisasi yang sering digunakan oleh perusahaan, diantaranya yaitu :
1. Struktur Fungsional
Struktur organisasi fungsional adalah struktur organisasi yang paling sering digunakan dalam suatu organisasi maupun perusahaan. Struktur fungsional memiliki kelebihan yaitu program terarah dan jelas sehingga anggaran lebih mudah dipahami. Dan struktur fungsional mempunyai pembagian kerjanya pada masing-masing fungsi seperti manajemen keuangan, manajemen pemasaran, manajemen produksi dll.
2. Struktur Divisional
Struktur organisasi divisional adalah struktur organisasi yang dikelompokkan berdasarkan kesamaan produk, layanan, pasar dan letak geografis. Jenis struktur organisasi ini biasanya diterapkan oleh perusahaan berskala menengah hingga perusahaan besar, karena biaya operasional yang dikeluarkan akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan struktur organisasi fungsional.
3. Struktur Matriks
Struktur organisasi matriks atau merupakan gabungan dari struktur organisasi fungsional dan struktur organisasi divisional yang bertujuan untuk menutupi kekurangan-kekurangan yang terdapat pada kedua bentuk struktur organisasi tersebut.
4. Struktur Komite/Proyek
Dalam struktur organisasi ini, setiap tugas kepemimpinan dan tugas-tugas khusus lainnya harus dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan secara kolektif oleh sekelompok pejabat yang berupa dewan atau komite.
5. Struktur Organisasi Lini
Dalam sruktur organisasi lini, hubungan antara atasan dengan bawahan terjadi secara langsung dan vertikal. Dimana sejak dari pimpinan tertinggi sampai dengan karyawan dengan jabatan terendah dalam struktur organisasi ini dihubungkan dengan garis komando atau garis wewenang.Â
6. Struktur Organisasi Lini dan Staff
 Struktur organisasi lini dan staff sangat cocok diterapkan pada perusahaan berskala kecil karena tingginya disiplin moral para karyawan sesuai dengan deskripsi tugasnya masing-masing. Akan tetapi, solidaritas para karyawannya masih kurang karena banyak dari mereka yang tidak saling mengenal satu sama lain.
- Unsur-Unsur Struktur Organisasi
Yang terakhir kita akan membahas apa saja unsur-unsur dari suatu struktur organisasi. Adapun unsur-unsurnya yaitu sebagai berikut :
1. Anggota
2. Pekerjaan/Tanggung Jawab
3. Kerjasama
4. Tujuan Bersama
5. Peralatan
6. Lingkungan
KESIMPULAN
Organisasi merupakan sarana untuk orang yang bekerjasama dalam suatu kegiatan untuk mencapai suatu tujuan. Dalam kegiatan tersebut, setiap anggota harus jelas pembagian tugas dan tanggung jawabnya. Struktur organisasi pada dasarnya adalah suatu rancangan organisasi dimana para manajer mengalokasikan sumber daya organisasi, terutama yang berkaitan dengan pembagian kerja dan sumber daya yang dimiliki oleh suatu organisasi, serta bagaimana mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan keseluruhan pekerjaan tersebut.
Struktur organisasi dapat membantu manajemen dalam mencapai tujuannya. Oleh karena itu, manajer harus merancang struktur organisasi agar memudahkan komunikasi di antara para pegawai untuk mencapai tujuan organisasi/perusahaan.
Terima Kasih
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H