Mohon tunggu...
Ales Tiara Fadilah
Ales Tiara Fadilah Mohon Tunggu... Guru - Tenaga Pendidik di SMP IT Miftahul Ihsan

Tenaga Pendidik SMP IT Miftahul Ihsan Kota Banjar

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Efektifitas Penggunaan Media Amplop Puzzle Dalam Pembelajaran Teks Deskripsi Dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning

10 Desember 2022   06:43 Diperbarui: 10 Desember 2022   06:47 409
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SIKLUS DUA

PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) DALAM JABATAN

UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG (UNNES)

 

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Nama               : Ales Tiara Fadilah

NIM                : 2101022066

No. UKG        : 2018001065946

Prodi               : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

LPTK             : Universitas Negeri Semarang

 


Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMP IT MIFTAHUL IHSAN

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai

Peserta didik mampu meningkatkan minat dalam pembelajaran menulis teks deskripsi para peserta didik merencanakan, merevisi, dan menyunting karangan mereka sendiri dengan kolaborasi yang erat dengan teman satu tim sehingga model pembelajaran ini sesuai untuk mengembangkan kompetensi 4C yaitu: communication, collaboration, creative, dan critical thingking

Penulis

Ales Tiara Fadilah, S.Pd

Tanggal

02 Desember 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah

Mengapa Praktik ini Penting untuk dibagikan?

Apa yang menjadi peran dan tanggung jawab pendidik dalam praktik ini?

Berikut hal-hal yang menjadi latar belakang permasalahan dalam menyajikan lisan dan menulis teks deskripsi menggunakan media amplop puzzle dengan tepat, antara lain :

  • Guru tidak mengaitkan pedaogiknya dalam hal inovasi pembelajaran.
  • Guru hanya fokus memerintah untuk menuntaskan beban tugas mengajar ke kelas.
  • Pemahaman pendidik dalam penggunaan model pembelajaran yang minim.
  • Peserta didik kesulitan dalam menemukan ide dan menuangkannya ke dalam tulisan
  • Minimnya pengetahuan peserta didik terhadap kaidah-kaidah penulisan huruf kapital dan (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia) PUEBI

Beberapa hal tersebut di atas menjadi penyebab latar belakang masalah dari praktik pembelajaran yang telah dilakukan. Sehingga praktik pembelajaran menggunakan model dan media pembelajaran yang interaktif dianggap penting dilaksanakan untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik yang rendah.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan?

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan melakukan kajian literatur dan wawancara pendidik, dan pakar, maka beberapa tantangan yang muncul yaitu :

  • Guru belum terbiasa menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
  • Model pembelajaran yang biasa digunakan adalah model konvensional dengan metode ceramah.
  • Banyak siswa yang mengatakan bahwa menulis itu sulit. Kesulitan yang mereka alami adalah kesulitan dalam menemukan ide tulisan. Hal tersebut diperkuat dengan kebingungan siswa dalam memulai menuangkan ide dalam bentuk teks deskripsi. Kesulitan lain adalah pada saat proses mengembangkan teks. Kesulitan demi kesulitan yang mereka hadapi membuat minat mereka pada pembelajaran menulis kurang.

Berdasarkan tantangan yang dihadapi guru, langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu:

  • Melaksanakan pembelajaran menulis teks deskripsi dengan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Pembelajaran ini menekankan pada sikap atau perilaku bersama dalam bekerja dengan kata lain pembelajaran dilakukan dengan membuat sejumlah kelompok dengan jumlah peserta didik 4-5 anak yang bertujuan untuk saling memotivasi antaranggotanya untuk saling membantu agar tujuan dapat tercapai secara maksimal.
  • Menyusun Bahan Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Bahan ajar memiliki manfaat yang memberikan pengaruh besar terhadap keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Bahan ajar merupakan pedoman bagi guru yang akan mengarahkan semua aktivitas dalam proses belajar dan pembelajaran, sekaligus merupakan substansi kompetensi yang seharusnya diajarkan/dilatihkan kepada siswa. Bahan ajar juga dapat menjadi pedoman bagi peserta didik yang akan mengarahkan aktivitas dalam proses belajar dan pembelajaran, sekaligus merupakan substansi yang seharusnya dipelajari/dikuasainya.
  • Membuat LKPD yang menarik untuk mengukur tingkat pemahaman siswa tentang materi yang dipelajari. Lembar kerja peserta didik (LKPD) merupakan salah satu sarana untuk membantu dan mempermudah dalam kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik , sehingga dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar. Lembar kegiatan berupa petunjuk, langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu tugas. Keuntungan penggunaan LKPD adalah memudahkan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran, bagi peserta didik akan belajar mandiri dan belajar memahami serta menjalankan suatu tugas tertulis. LKPD disusun untuk menarik perhatian dan menumbuhkan minat siswa pada pembelajaran menulis teks deskripsi.
  • Menggunakan Media Berbasis IT untuk menarik perhatian siswa agar pembelajaran lebih mudah, lebih berkesan dan lebih menyenangkan. Media yang digunakan dalam pembelajaran ini adalahpowerpoint dan video teks deskripsi yang ditampilkan melalui layar LED sehingga tayangan terlihat jelas dan menarik. Dengan demikian, harapan pemahaman siswa tentang bagaimana menulis teks deskripsi akan lebih baik.
  • Menyosialisikan pada teman sejawat/ guru lain terkait pembelajaran model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) agar permasalahan yang mungkin timbul pada saat pembelajaran bisa diminimalisasi bahkan bisa diatasi.
  • Membimbing siswa

Pembimbingan dilakukan untuk membantu siswa yang belum memahami tugas dapat memahaminya dan dapat mengerjakan dengan maksimal. Pemberian motivasi juga dilakukan agar anggapan bahwa menulis adalah suatu hal yang sulit dapat berangsur hilang dari pikiran siswa.

Proses pembelajaran menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah sebagai berikut.

  • Peserta didik menyimak tujuan pembelajaran dan materi pembelajaran dari Powerpoint yang disajikan pendidik.
  • Peserta didik mengamati tayangan video melalui link yang diberikan pendidik.
  • Peserta didik menanyakan hal-hal yang belum dipahami terkait langkah menyusun teks deskripsi.
  • Peserta didik berkelompok secara heterogen menjadi 8 kelompok yang terdiri dari 4-5 orang secara tertib.
  • Peserta didik menerima bahan diskusi berupa LKPD menyajikan sebuah teks deskripsi dari pendidik.
  • Peserta didik mengamati potongan kata yang akan disusun menjadi kerangka teks deskripsi sesuai dengan petunjuk dalam LKPD.
  • Peserta didik bersama kelompoknya mengurutkan potongan kata yang akan disusun menjadi kerangka teks deskripsi berdasarkan materi struktur teks deskripsi.
  • Peserta didik bersama teman sekelompok mengembangkan kerangka teks menjadi teks deskripsi sesuai struktur dan kaidah kebahasaan.
  • Peserta didik dalam kelompok melakukan penyuntingan terhadap teks deskripsi yang telah dibuat bersama.
  • Salah seorang siswa mewakili kelompoknya secara bergantian dengan kelompok lain untuk menyajikan teks deskripsi yang telah disusun bersama di depan kelas.
  • Kelompok pemerhati menyampaikan tanggapan dan menanyakan kata/istilah yang belum dipahami, dan menyampaikan pikiran utama teks deskripsi yang disampaikan.
  • Kelompok penyaji menanggapi komentar dan saran dari kelompok pemerhati.
  • Peserta didik melalui bimbingan pendidik melakukan penyimpulan terhadap hasil kerja mereka.

Yang terlibat dalam pelaksanaan praktik pembelajaran ke-2 antara lain : peserta didik dan pendidik. Pendidik bertindak sebagai fasilitator dengan membagikan materi yang akan dibahas kepada peserta didik, menjelaskan mekanisme diskusi kelompok, dan tugas yang harus diselesaikan selama proses pembelajaran.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan di atas adalah sebagai berikut :

  • Berkaitan dengan media ajar 
  • Strategi yang digunakan berkaitan dengan media ajar adalah pendidik menggunakan media ajar yang dekat dengan kondisi nyata/lingkungan sekitar peserta didik, menarik dari segi tampilan dan bahasa yang digunakan, yaitu penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning..

Solusi terpilih tersebut kemudian diterapkan dalam kegiatan pembelajaran dengan melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Kegiatan Pendahuluan

Guru mengawali pembelajaran dengan salam dan doa, mengecek kesiapan siswa, memberikan apersepsi, menyampaikan tujuan dan penilaian, dan melakukan tes kemampuan awal.

  • Kegiatan Inti

Orientasi Masalah

  • Peserta didik menyimak materi tentang Rumah Tongkongan yang ditampilkan guru melalui powerpoint. (TPACK)
  • Peserta didik menyimak video dari youtube.
  • Pesrta didik tanya jawab mengenai materi dan video yang ditayangkan.

Mengorganisasikan Peserta Didik

  • Guru membagi peserta didik dalam kelompok (1 kelompok terdiri atas 4- 5 siswa)

Membimbing Peserta Didik

  • Peserta didik berdiskusi untuk memperoleh data dari powerpoint yang dibagikan, buku pendamping (Collaboration) (creative)
  • Peserta didik berdiskusi mengidentifikasi struktur teks eksplanasi. (Critical Thingking)
  • Peserta didik berdiskusi menelaah kaidah kebahasaan teks deskripsi. (Critical Thingking)
  • Guru memberikan bimbingan terhadap jalannya diskusi dan melakukan pengamatan terhadap keaktifan peserta didik dalam kelompok.

Mengembangkan dan Menyajikan Hasil Karya

  • Peserta didik menuliskan hasil diskusi pada karton. (Creative)
  • Peserta didik menyampaikan hasil diskusi
  • (Comunication)

Menganalisis dan Mengevaluasi Hasil karya

  • Peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan terhadap presentasi  kelompok.
  • Guru memberikan tanggapan dan koreksi terhadap hasil pekerjaan peserta didik.
  • Peserta didik mengerjakan soal evaluasi mandiri melalui Google form. (TPACK)

  • Kegiatan Penutup

Guru bersama siswa mengambil kesimpulan dan refleksi, memberikan apresiasi  terhadap kelompok terbaik, menyampaikan informasi tentang pembelajaran minggu  depan, dan mengakhiri dengan doa dan salam.


  • Sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah sebagai berikut :
  • Penggunaan PPT (Power Point) untuk materi pembelajaran, LKPD, Teks deskripsi, dan pembelajaran yang menarik bagi peserta didik;
  • Menyusun bahan pembelajaran menulis teks deskripsi.
  • Membuat LKPD yang menarik untuk mengukur tingkat pemahaman siswa tentang materi yang dipelajari
  • Kemampuan pendidik dalam menggunakan google drive, whatsapp group, dan PPT;
  • Kemampuan pendidik dalam mengoperasikan laptop/komputer;
  • Literatur terkait materi teks deskripsi;
  • Ketersediaan komputer, smartphone, dan jaringan internet.

  • Berkaitan dengan model pembelajaran
  • Strategi yang digunakan berkaitan dengan model pembelajaran adalah pendidik menerapkan model pembelajaran inovatifyang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan dalam pelajaran. Dalam praktik pembelajaran tersebut pendidik menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan tujuan agar peserta didik lebih aktif, terampil mengatasi masalah, terlatih dalam belajar secara mandiri, dan tanggungjawab, sehingga peserta didik mampu menuliskan teks deskripsi dengan lebih baik.
  •  
  • Berkaitan dengan penilaian
  • Strategi yang digunakan berkaitan dengan penilaian adalah pendidik harus melakukan penilaian terhadap peserta didik secara menyeluruh. Pendidik harus menyusun instrumen penilaiannya meliputi, rubrik penilaian, pedoman penskoran. LKPD lembar penilaian, dan laporan hasil penulisannya dikumpulkan kepada pendidik sebelum kegiatan penutup untuk dicek dinilai oleh pendidik.
  • Sumber daya dan materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini adalah :
  • Pengetahuan pendidik mengenai materi teks deskripsi;
  • Pengetahuan pendidik dalam mengelola model dan media pembelajaran;
  • Komputer/laptop, Smartphone, dan jaringan internet.

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Bagaimana dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan?

Dampak dari penerapan solusi "Efektifitas Penggunaan Media Amplop puzzle dalam pembelajaran keterampilan menulis teks deskripsi dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada peserta didik kelas VII SMP IT Miftahul Ihsan Kota Banjar" adalah sebagai berikut :

  • Berdasarkan hasil jurnal, wawancara, dan survei yang dilakukan kepada peserta didik, sebagian besar peserta didik menyatakan bahwa mereka senang dan terkesan dengan pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
  • Peserta didik berharap kualitas teks deskripsi yang mereka tulis akan lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya yang masih bersifat konvensional.
  • Harapan lain, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat diterapkan pada materi lain karena mereka menganggap bahwa dengan adanya kerja sama semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik.
  • Penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) membantu peserta didik untuk memahami materi menulis teks deskripsi.

Apakah hasil praktik pembelajaran kesatu efektif?

Berdasarkan dampak yang  terjadi pada praktik pembelajaran, dapat dibuktikan dengan peserta didik mampu memahami materi pembelajaran dilihat dari :


  • Dari 26 peserta didik secara keseluruhan, semua peserta didik dapat memahami materi dengan baik dan memperoleh nilai di atas KKM.
  • Terdapat 6 peserta didik yang memiliki tingkat penguasaan materi mencapai 75% dengan memperoleh nilai 75.
  • Terdapat 12 peserta didik yang memiliki tingkat penguasaan materi mencapai 80% dengan memperoleh nilai 80.
  • Terdapat 8 peserta didik yang memiliki tingkat penguasaan materi mencapai 85% dengan memperoleh nilai 85.

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan?

Dengan demikian model Cooperative Integrated Reading and Composition dapat menyelesaikan permasalahan pembelajaran yang dihadapi guru yaitu rendahnya kemampuan siswa dalam menulis teks deskripsi.

Aksi ini memunculkan respon dari kepala sekolah, teman sejawat, dan peserta didik. Kepala sekolah memberikan apresiasi positif dan mendukung pelaksanaan pembelajaran menulis teks deskripsi menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Respon dari teman sejawat pun berupa pemberian apresiasi positif terkait dengan pelaksanaan pembelajaran. Aksi ini juga menginspirasi rekan sejawat untuk melaksanakan pembelajaran dengan model dan media pembelajaran yang inovatif. Respon dari peserta didik, peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran yang dilakukan menyenangkan dan mudah dipahami.

 

Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan 

sangat ditentukan oleh kompetensi pendidik dalam mengelola pembelajaran terutama dalam hal pemilihan model pembelajaran dan media yang digunakan. pendidik menggunakan media puzzle kata yang digunakan untuk membuat peta konsep dan kerangka teks deskripsi. Media tersebut dipilih karena peserra didik mengalami kesulitan dalam menemukan ide tulisan dan mengembangkan teks. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dipilih agar peserta didik dapat belajar bekerja sama dan belajar menghargai pendapat orang lain dalam menyusun kerangka dan mengembangkannya menjadi teks deskripsi.

Berdasarkan proses dan aktivitas pembelajaran yang telah dilakukan, pembelajaran yang bisa diambil adalah pendidik harus dapat memahami kebutuhan murid agar treatment yang diberikan sesuai. Selain itu, pendidik harus lebih kreatif dan inovatif memilih model dan media agar tujuan pembelajaran tercapai, pembelajaran pun menjadi menyenangkan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun