Saat ini, masyarakat sedang sangat tertarik dengan produk-produk halal. Akhirnya, harapan yang telah lama diinginkan oleh masyarakat akhirnya menjadi kenyataan dengan hadirnya berbagai produk yang telah disertifikasi halal. Dampaknya, tingkat konsumsi masyarakat meningkat pesat. Bahkan, produk halal ini sudah menjadi tren dalam perdagangan internasional. Adanya sertifikasi halal pada produk UMKM juga dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat.
Pada tahun 2023, The State of Global Islamic Economy Report mengungkapkan pada indikator ekonomi syariah, Indonesia berhasil menjadi peringkat 4 dunia. Sedangkan untuk kategori halal food, Indonesia menempati peringkat kedua setelah Malaysia. Trend konsumsi produk industri halal diprediksi juga akan meningkat 6,3% atau mencapai 1,38 triliun US dolar pada tahun 2024," papar Teten (7/9/23).
Bukan hanya pengaruh positif yang timbul, tetapi ada juga pengaruh negatif karena semakin banyak pengeluaran di setiap keluarga yang meningkatkan biaya hidup. Hal ini mengharuskan pengaturan keuangan ulang di setiap keluarga. Namun, dengan kemudahan proses sertifikasi halal untuk UMKM, menjadi solusi yang baik. Ini akan sangat memudahkan masyarakat untuk memulai usaha, bukan hanya konsumsi, tetapi juga meningkatkan penghasilan dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Ada  tiga  nilai  dasar  yang  menjadi pondasi bagi perilaku konsumsi masyarakat muslim (Huda dalam Wigati, 2011):
1.Keyakinan  akan  adanya  hari  kiamat dan  kehidupan  akhirat,  prinsip  ini mengarahkan seorang konsumen untuk mengutamakan  konsumsi  untuk  akhir- at daripada dunia. Mengutamakan kon- sumsi untuk ibadah daripada konsumsi duniawi.  Konsumsi  untuk  ibadah  me- rupakan  future  consumption  (karena terdapat  balasan  surga  di  akherat), sedangkan  konsumsi  duniawi  adalah present consumption.
 2.Konsep  sukses  dalam  kehidupan  se- orang  muslim  diukur  dengan  moral agama Islam, dan bukan dengan jumlah kekayaan yang dimiliki. Semakin tinggi moralitas  semakin  tinggi  pula  ke- suksesan  yang  dicapai.   Kebajikan,  ke- benaran  dan  ketaqwaan  kepada  Allah merupakan   kunci   moralitas   Islam. Kebajikan dan kebenaran dapat dicapai dengan  perilaku  yang  baik  dan  ber- manfaat  bagi  kehidupan  dan  men- jauhkan diri dari kejahatan.
 3.Kedudukan  harta  merupakan  anugrah Allah  dan  bukan  sesuatu  yang  dengan sendirinya  bersifat  buruk  (sehingga harus dijauhi secara berlebihan).  Harta merupakan alat untuk mencapai tujuan hidup,  jika  diusahakan  dan  dimanfaat- kan dengan benar (QS.2.265)
Sri Mulyani mengatakan, berdasarkan perhitungan Halal Market pada 2022 saja, pasar ekonomi halal dapat meningkatkan PDB Indonesia sebesar US$ 5,1 miliar per tahun. Jalurnya melalui ekspor serta peluang investasi yang masih sangat besar.
"Selain itu Indonesia merupakan pasar konsumen halal terbesar di dunia, dengan sekitar 230 juta penduduk Muslim," ucap Sri Mulyani dalam acara The 7th Annual Islamic Finance Conference yang digelar secara virtual, Selasa (29/8/2023)
Permintaan produk halal ini terus meningkat tidak hanya pada makanan dan minuman saja,tetapi sudah memasuki ke produk kosmetik bahkaan obat obatan .dari penjelasan tersebut sudah jelas tentunya pasar ini juga sangat berpengaruh pada konsumsi masyarakat muslim di Indonesia.
Dalam segala aspek produk apa saja pangan ataupun bukan masyarakat muslim tentu mengedepankan kehalalan produk yang terjamin meskipun harus mengeluarkan uang yang relative lebih dibandingkan harus mengonsumsi produk yang belum terjamin kehalalan produk itu sendiri, perilaku masyarakat muslim ini yang sangat mempengaruhi berkembangnya pasar produk halal ini tentunya,meskipun permintaan produk melambung tinggi pemerintah akan terus menjaga kestabilan konsumsi masyaraka tatas produk halal tersebut.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H