Mohon tunggu...
Andi Ardianto
Andi Ardianto Mohon Tunggu... Guru - Guru SD IT Insan Cendekia

Semoga tulisan yang saya hasilkan bisa menjadi amal yang terus mengalir.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Modul 3.2 PGP - Mulai dari Diri: Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

15 Februari 2024   10:35 Diperbarui: 15 Februari 2024   10:38 601
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1. Mengingat-ingat ekosistem, bayangkan sekolah atau salah satu sekolah tempat Bapak dan Ibu bertugas.
Apa bagian-bagian yang ada dari sekolah tersebut sebagai sebuah ekosistem?

Jawab:

Sebagai sebuah ekosistem sekolah saya terbagi menjadi dua yaitu biotik dan abiotik. Ekosistem biotik terdiri dari semua manusia yang ada di sekolah mulai dari guru dan tenaga pendidik sampai pepohonan yang ada di sekitarnya.

Sementara itu ekosistem abiotik terdiri dari fisik bangunan dengan segala apa yang ada di dalamnya. Bagi saya pikiran dari setiap individu yang ada di dalamnya juga termasuk termasuk dalam lingkungan ini.

2. Apa saja yang bisa Anda sebut sebagai sumber daya yang dimiliki atau dapat dimanfaatkan oleh sekolah?
Perhatikan untuk tidak terpaku pada hal-hal yang kelihatan.

Jawab:

Pertama masyarakat. Lingkungan masyarakat yang kondusif di sekitar sekolah sangat mendukung kegiatan sekolah. Semua penghuni sekolah akan nyaman dengan adanya masyarakat yang baik.

Kedua, semangat maju semua guru. Guru di sekolah memiliki semangat untuk memajukan sekolah. Mereka memiliki cara pandang yang bagus terkait Pendidikan sehingga program-program sekolah bisa berjalan dengan baik.

Hal ini juga diringi semangat para guru untuk menambah kapasitas diri baik melalui jenjang Pendidikan yang lebih tinggi maupun melalui pelatihan dan Pendidikan seperti Pendidikan Guru Penggerak ini.

3. Refleksikan sosok pemimpin atau kepala sekolah yang memimpin sekolah tersebut.
Apa hal-hal yang paling diingat dari sosok pemimpin tersebut, terkait dengan perannya di ekosistem sekolah serta pelibatan/pemanfaatan sumber daya yang ada?

Jawab:

Kepala sekolah kami termasuk pimpinan yang demokratis dan terbuka atas segala perbedaan yang ada di lingkungan sekolah. Beliau terbuka dengan masukan yang masuk.

Setiap ada permasalahan yang terjadi beliau memberi kesempatan kepada guru untuk memberikan masukan kemudian ditimbang mana pilihan terbaiknya.

Kepala sekolah sangat keibuan. Beliau layaknya ibu bagi guru-guru dengan sikap dan tindakannya yang mengayomi.

4. Jadi, seperti apa peran pemimpin yang ideal itu, khususnya dalam hal memanfaatkan semua bagian dari ekosistem dan mengelola sumberdaya yang ada di dalam dan sekitar sekolah?

Jawab:

Pimpinan yang ideal adalah yang mampu berfikir jauh ke depan sekaligus paham Langkah demi Langkah untuk mencapai impiannya itu. Pimpinan yang ideal harus mampu memaksimalkan segala potensiu yang dimiliki Lembaga untuk mendukung visi besarnya.

Selain itu kemampuan komunikasi, manajerial, bijaksana, berwibawa, dan pembelajar sejati juga tidak kalah pentingnya dimiliki oleh pimpinan. Jangan lupakan pula kemampuan adaptifnya. Karena bagaimana pun Lembaga harus terus beradaptasi dengan kemajuan zaman, dan itu diperlukan pimpinan yang adaptif.

5. Silakan refleksikan, posisi diri Bapak dan Ibu dalam ekosistem sekolah.
Sejauh mana Bapak Ibu sebagai guru atau peran lainnya telah memanfaatkan sumber daya sekolah?

Jawab:

Selain guru kelas saya juga adalah waka kurikulum. Sebagai waka kurikulum tentu saja program kegiatan saya banyak bersinggungan dengan pembelajaran. Agar kegiatan pembelajaran bisa berjalan dengan maksimal maka saya memanfaatkan SDM yang ada di bawah tim kurikulum secara maksimal dengan adanya kejelasan pembagian tugas.

Saya juga banyak menulis untuk menyebarkan ide dan gagasan yang saya miliki. Apalagi sekolah memfasilitasi internet yang baik sehingga itu semua bisa mendukung apa yang saya lakukan.

6. Apa saja harapan pada diri Bapak dan Ibu sebagai seorang pendidik, pemimpin, dan pada murid setelah mempelajari modul ini?

Jawab:

a. Diri Sendiri: Dapat memaksimalkan sumber daya yang ada di sekolah dengan optimal sehingga tercapai kemajuan Pendidikan.

b. Murid: Murid bisa berkembang sesuai dengan fitrah dan bakatnya masing-masing. Mereka bisa merasa bahagia dan tumbuh dengan maksimal sesuai potensi terbaik.

c. Sekolah: bisa ikut serta memajukan lembaga dengan langkah-langkah nyata. Hal ini bisa dilakukan dengan menjalin kerjasama dengan seluruh pemangku kepentingan serta memaksimalkan lingkungan sekitar dengan baik.

7. Apa saja kegiatan, materi, manfaat, yang Bapak dan Ibu harapkan ada dalam modul ini?Jawab:

Tumbuhnya mind set yang baik dan wawasan baru terkait bagaimana mengelola sumberdaya yang tersedia di sekolah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun