Imbauan work from home dari pemerintah untuk menekan angka penyebaran virus corona (Covid-19) memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku usaha, pemilik bisnis ataupun pemilik perusahaan. Terlebih lagi jika belum adanya pengalaman dan sistem bagaimana work form home (WFH) dapat berjalan sukses ketika di terpakan oleh pemilik bisnis.
Sebenarnya bagi perusahaan yang sudah memanfaatkan teknologi seperti menerapkan sistem absensi online bagi karyawannya maka wfh ini tidak menjadi begitu masalah untuk pencatatan kehadiran karyawan. Namun, bagaimana nasibnya bagi perusahaan yang masih menerapkan sistem absensi konvensional? Simak ulasannya dibawah ini, untuk mengetahui mana yang lebih menguntungkan dari sistem absensi online atau absensi konvensional.
Mengikuti perkembangan teknologi saat ini, pencatatan kehadiran atau absensi tidak lagi dilakukan secara manual namun menggunakan absensi online. Dengan kata lain absensi manual seperti menggunakan kertas atau bahkan fingerprint yang dulu sempat diterapkan oleh berbagai perusahaan kini mulai ditinggalkan.Â
Saat ini cukup banyak aplikasi yang menyediakan fitur absensi online untuk memudahkan karyawan melakukan absensi. Kendati demikian masih ada beberapa perusahaan yang bertahan menggunakan absensi konvensional atau manual karena dinilai lebih mudah digunakan.
Lantas sebenarnya mana yang lebih mudah digunakan, obsensi online atau absensi konvensional? Mana yang lebih praktis dan akurat? Lebih lanjut mari kita bahas perbedaan, kelebihan maupun kekurangan masing-masing dari keduanya.
Pencatatan kehadiran dengan sistem manual tanpa menggunakan jaringan internet atau kadang menggunakan dukungan teknologi elektronik sederhana disebut absensi konvensional. Sering dibilang ketinggalan zaman karena untuk mendapatkan data absensi seluruh karyawan membutuhkan lebih dari satu orang.Â
Absensi konvensional dinilai kurang efektif terutama jika diterapkan pada perusahaan besar dengan jumlah karyawan sangat banyak. Disamping itu sistem manual ini mempunyai risiko human error lebih tinggi karena data yang dimasukkan dihitung secara manual.Â
Absensi Online
Pencatatan kehadiran dengan sisten cloud dan terhubung database secara real-time disebut absensi online. Karena menggunakan sistem cloud maka input data absensi dapat dilakukan secara otomatis. Jadi selama bisa terhubung internet data absensi tersebut dapat diakses dengan mudah kapan saja dan dimana saja.