Mohon tunggu...
Akbar Pitopang
Akbar Pitopang Mohon Tunggu... Guru - Berbagi Bukan Menggurui

Mengulik sisi lain dunia pendidikan Indonesia 📖 Omnibus: Cinta Indonesia Setengah dan Jelajah Negeri Sendiri terbitan Bentang Pustaka | Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta | Ketua Bank Sampah Sekolah | Teknisi Asesmen Nasional ANBK | Penggerak Komunitas Belajar Kurikulum Merdeka | Akun ini dikelola Akbar Fauzan, S.Pd.I

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Besarnya Manfaat Platform Merdeka Mengajar untuk Kemajuan Pendidikan Indonesia

5 Maret 2023   06:35 Diperbarui: 7 Maret 2023   22:22 4287
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar. (Kemendikbudristek) 

Platform Merdeka Mengajar (PMM) merupakan program penting yang sangat ditekankan oleh Kemendikbud yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia sebagai upaya penguatan kompetensi guru. 

Program ini diikuti secara mandiri oleh guru dan Kepala Sekolah dengan berbasis aplikasi digital di smartphone dan atau tersedia dalam bentuk laman di situs terkait. Dengan memberikan keleluasaan kepada guru untuk mengakses Pelatihan Mandiri yang tersedia di PMM, kapan saja dan dimana saja melalui perangkat masing-masing.

Sebagaimana yang kita pahami, bahwa bagi guru yang mengikuti Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar maka penting bagi guru untuk menuntaskannya hingga menyebarkan Aksi Nyata karena berpengaruh terhadap Rapor Pendidikan.

Perlu untuk diketahui bahwasanya Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar terdiri dari modul yang mencakup berbagai topik seperti kurikulum, strategi pembelajaran, manajemen kelas, asesmen dan seterusnya. Pada setiap modul terdiri dari sekumpulan materi berisi video pembelajaran, latihan pemahaman, guru menceritakan refleksi, hingga post test. 

Melalui Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar, diharapkan guru dapat meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri mewujudkan pembelajaran yang berkualitas bagi peserta didik. 

Hal tersebut diharapkan sekali mampu berdampak pada peningkatan ketercapaian hasil belajar peserta didik hingga pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Tanah Air.

Oleh sebab itu, penuntasan Pelatihan Mandiri hingga Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar akan meningkatkan kualitas pembelajaran yang diharapkan pula akan meningkatkan ketersediaan guru yang berkualitas di Indonesia. 

Itulah cita-cita mulia yang sejatinya hendak dicapai dengan diluncurkannya Platform Merdeka Mengajar oleh Kemendikbud sebagai bagian dari kunci kesuksesan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Lantas, sudahkah guru menyadari betapa bermanfaatnya Platform Merdeka Mengajar untuk kemajuan pendidikan?

Guru mengakses PMM. (Dokpri)
Guru mengakses PMM. (Dokpri)

Pentingnya kesadaran guru memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar 

Tantangan yang kini tengah dihadapi adalah membangun kesadaran guru akan pentingnya menuntaskan Pelatihan Mandiri hingga Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar.

Platform Merdeka Mengajar sebagai cara jitu dan visioner untuk meningkatkan kompetensi guru, namun tak semua guru memahami tentang manfaat yang luar biasa dari program ini. 

Faktanya, banyak diantara guru yang sebatas menyelesaikan Pelatihan Mandiri tapi mengabaikan Aksi Nyata. Padahal, tanpa Aksi Nyata maka sampai kapanpun guru tidak akan memperoleh sertifikat sebagai tanda keberhasilan telah menuntaskannya.

Oleh sebab itu, sosialisasi tentang Platform Merdeka Mengajar harus terus digalakkan oleh Kepala Sekolah bahkan oleh Pengawas Sekolah terhadap seluruh guru. 

Nah, sosialisasi dapat saja dilakukan melalui pertemuan atau rapat-rapat di sekolah. Bahkan Kepala Sekolah dan Pengawas dapat terus mengingatkan guru melalui pesan singkat via WAG atau sejenisnya.

Langkah selanjutnya adalah guru menentukan rencana serta strategi penyelesaian Pelatihan Mandiri dan Aksi Nyata di PMM. Terkait hal perencanaan ini perlu dibicarakan secara bersama-sama oleh segenap guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah. 

Dari hasil rembuk bersama ini hendaknya dapat disepakati tentang jadwal kegiatan Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar dalam kurun waktu yang wajar dan memadai. 

Dengan cara demikian maka akan mendorong para guru untuk menuntaskan Pelatihan Mandiri dan Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar. 

Melalui ilmu dan wawasan yang diperoleh dari PMM, guru semestinya mahir mempraktikkannya dalam proses pembelajaran bagi peserta didik.

Demi mewujudkan kesadaran guru maka Kepala Sekolah dan Pengawas harus terus melakukan monitoring dan mengevaluasi proses penyelesaian Pelatihan Mandiri dan Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar guna memastikan bahwa seluruh guru telah menuntaskannya. 

Pengawasan atau evaluasi yang dilakukan Kepala Sekolah dan Pengawas dapat membantu guru menemukan kendala atau masalah yang dihadapi dalam proses penyelesaian Pelatihan Mandiri dan Aksi Nyata tersebut.

Sebagai bentuk penghargaan dan reward, sebenarnya bagi guru yang menuntaskan Pelatihan Mandiri hingga Aksi Nyata di PMM akan memperoleh sertifikat. 

Aspek efektifitas alokasi waktu dan kualitas Aksi Nyata yang telah disebarluaskan kepada semua pihak terutama terhadap peserta didiknya perlu mendapatkan perhatian.

PMM meningkatkan profesionalisme guru. (Dokpri)
PMM meningkatkan profesionalisme guru. (Dokpri)

Platform Merdeka Mengajar membawa manfaat yang luar biasa 

Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar merupakan upaya hebat yang harus diseriusi oleh para guru karena sangat relevan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri dalam penerapan Implementasi Kurikulum Merdeka. 

Harus diakui bahwa Platform Merdeka Mengajar telah mencangkup segala aspek penting menyangkut kompetensi yang dibutuhkan dalam memahami paradigma Kurikulum Merdeka.

Setelah mengikuti Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar, selanjutnya guru diarahkan mampu mengimplementasikan apa yang telah dipelajari dalam wujud Aksi Nyata yang dapat dirasakan oleh peserta didik. 

Apabila guru mampu menerapkan konsep dan prinsip yang telah dipelajari di Platform Merdeka Mengajar yang diimplementasikan dalam proses pembelajaran bagi peserta didik maka itulah Aksi Nyata yang sebenarnya buah dari Pelatihan Mandiri tadi.

Dengan demikian, para guru akan mengalami peningkatan kualitas proses belajar mengajar (PBM). Dikarenakan guru akan memiliki kemampuan dalam mengajar secara efektif sesuai kebutuhan Merdeka Belajar bagi peserta didik.

Bila kita kaji secara gamblang maka ada manfaat kebaikan yang diperoleh guru bila menuntaskan Pelatihan Mandiri hingga Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar. 

1. Upaya pengembangan kompetensi guru

Manfaat yang paling mendasar dalam penuntasan Pelatihan Mandiri hingga Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar adalah meningkatkan kompetensi guru. 

Pada hakikatnya, melalui Pelatihan Mandiri guru akan mempelajari dan memahami berbagai cara, metode, strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan efektif sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. 

Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang notabene berbasis TIK akan mendorong guru untuk tidak gagap terhadap penggunaan teknologi guna meningkatkan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik perhatian dan antusiasme peserta didik.

2. Meningkatkan kualitas pembelajaran bagi peserta didik

Tatkala kompetensi guru telah mengalami peningkatan melalui Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar, maka guru dalam menjalankan tupoksi dan menghadirkan kualitas pembelajaran di kelas semestinya juga akan semakin meningkat. 

Guru yang telah menuntaskan Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar akan mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang relevan dan esensial sesuai kebutuhan peserta didik. 

Sehingga hal ini dapat terus menarik minat dan motivasi untuk meningkatkan hasrat peserta didik dalam belajar. Alhasil, pola belajar maupun hasil belajar peserta didik pun akan semakin baik.

Para guru akan memiliki kompetensi yang lebih baik dan mampu memberikan pembelajaran yang lebih baik pula, itulah intinya.

3. Guna mewujudkan profesionalisme guru

Guru yang telah menuntaskan Pelatihan Mandiri hingga Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar jelas akan memiliki tingkat profesionalisme yang lebih tinggi. 

Dalam Pelatihan Mandiri ini, guru akan mempelajari berbagai teknik dan strategi pembelajaran sehingga akan meningkatkan efektivitas kemampuan dalam melaksanakan tugas sebagai seorang guru. 

Sementara itu, Platform Merdeka Mengajar juga akan membantu guru dalam mengembangkan kemampuan interpersonal sehingga dapat membangun hubungan yang baik dengan peserta didik, rekan sejawat, orang tua, serta para stakeholder.

Bagi guru yang mampu menuntaskan Pelatihan Mandiri dan Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar, itu berarti guru dapat bersikap profesional dalam manajemen waktu antara mengajar dan mengikuti pelatihan secara mandiri.

Platform Merdeka Mengajar memberikan akses tanpa batas bagi guru untuk mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan diri dan meningkatkan profesionalisme sebagai guru atau pendidik. 

Mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. (Dokpri)
Mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. (Dokpri)

Mengukur mutu pendidikan melalui Platform Merdeka Mengajar dan Rapor Pendidikan

Ternyata penuntasan Pelatihan Mandiri dan Aksi Nyata di Platform Merdeka Mengajar sangat penting karena berpengaruh terhadap Rapor Pendidikan. 

Rapor Pendidikan bagi setiap satuan pendidikan merupakan hasil evaluasi terhadap indikator yang diprioritaskan oleh Kemendikbud untuk menilai kinerja satuan pendidikan.

Rapor Pendidikan juga menjadi laporan Asesmen Nasional (ANBK) tentang capaian kemampuan literasi dan numerasi, survei karakter, serta survei lingkungan belajar. 

Rapor Pendidikan dapat menjadi indikator mutu pendidikan yang sangat bergantung pada kualitas guru dalam mengajar mewujudkan keberhasilan peserta didik mencapai standar kompetensi atau capaian pembelajaran yang telah ditetapkan. 

Rapor Pendidikan juga menerangkan informasi tentang indikator kompetensi guru, kemampuan peserta didik, serta kinerja satuan pendidikan melalui rekomendasi program yang harus dibenahi. 

Satu hal yang pasti terkait dengan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar untuk peningkatan kemampuan guru dan Kepala Sekolah melalui materi-materi pada Pelatihan Mandiri agar menuntaskan masalah yang teridentifikasi.

Pada Rapor Pendidikan yang telah dimiliki sekolah kami ternyata berisi problematika dan rekomendasi program yang harus dibenahi menyangkut pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar untuk meningkatkan kapasitas guru dan Kepala Sekolah.

Dengan ini dapat kita tarik kesimpulan ternyata sudah sangat jelas sekali bahwa Platform Merdeka Mengajar memang sangat ditekankan oleh Kemdikbud agar dapat dimanfaatkan oleh guru dan Kepala Sekolah untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri guna mewujudkan proses pembelajaran yang berkualitas. 

Sebagaimana ditegaskan kembali oleh Bapak Anindito Aditomo selaku Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan dalam webinar yang digelar Kompasiana bersama KEMENDIKBUDRISTEK pada 3 Maret 2023.

Platform Merdeka Mengajar mencita-citakan guru akan mampu memberikan pembelajaran yang lebih baik, maka hasil belajar peserta didik akan meningkat, sehingga Rapor Pendidikan pun terkoreksi dengan baik.

Penuntasan Pelatihan Mandiri di Platform Merdeka Mengajar membantu guru memperbaiki Rapor Pendidikan bagi sekolah tempatnya bertugas. 

Rapor Pendidikan sebagai buah dari penuntasan Platform Merdeka Mengajar akan menjadikan guru bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan Nasional.

Platform Merdeka Mengajar akan memperluas wawasan dan keterampilan bagi guru yang telah menuntaskan Pelatihan Mandiri hingga Aksi Nyata agar mampu membangun lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan sehingga akan meningkatkan minat peserta didik untuk belajar.

Guru mesti mengetahui tentang pentingnya Platform Merdeka Mengajar, serta memahami besarnya manfaat dari Pelatihan Mandiri yang diikuti. 

Untuk itu, hendaklah seluruh guru menuntaskan Pelatihan Mandiri hingga menyebarkan Aksi Nyata ke seluruh pelosok negeri.

Alhasil, motivasi dan kesungguhan guru memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar akan meningkatkan kualitas pembelajaran, mengembangkan kemampuan adaptasi teknologi, mewujudkan profesionalisme guru, memperbaiki Rapor Pendidikan, serta menjadi bagian dari kemajuan pendidikan Indonesia.

Referensi: 1 2

*****

== Akbar Pitopang ==

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun