Mohon tunggu...
Aisah Amini
Aisah Amini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Aisah Amini-Pendidikan Biologi-UNP

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Efektivitas Penggunaan Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19

30 Mei 2022   15:05 Diperbarui: 30 Mei 2022   15:12 200
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada masa pandemi, seluruh sekolah dan universitas tidak diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka. Berdasarkan hal tersebut, sekolah dan universitas menerapkan model pembelajaran daring atau pembelajaran online, yang bertujuan agar mahasiswa maupun siswa bisa tetap belajar dan menuntut ilmu agar tidak ketinggalan materi. 

Aplikasi yang dapat menunjang terlaksananya belajar daring salah satunya adalah google classroom. Google classroom merupakan salah satu media belajar yang dapat membantu guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara tepat dan akurat kepada siswanya.

Penerapan pembelajaran secara daring (online) pada masa pandemic merupakan bentuk inovasi yang dapat dilakukan agar dapat mengkondisikan proses pembelajaran dengan harapan dapat mencegah penyebaran wabah Covid-19. 

Pelaksanaan proses pembelajaran secara daring dapat dilakukan yaitu dengan konsep e-learning dengan memanfaatkan aplikasi pembelajaran yang telah ada. 

Aplikasi-aplikasi pembelajaran secara online yang dapat digunakan untuk mendukung dalam proses pembelajaran diantaranya yaitu seperti Google Classroom, Edmodo, Zoom Meet, dan Google Meet. Google Classroom (GC) merupakan LMS yang dapat digunakan menciptakan pembelajaran secara Online. 

Aplikasi ini bisa diakses dan digunakan secara gratis oleh semua orang. Pada aplikasi GC ini sudah dilengkapi dengan fitur ruang kelas yang dapat dibuat oleh guru/pendidik dan dapat diikuti oleh seluruh siswa/peserta didik. Fitur yang disediakan aplikasi GC termasuk lengkap, diantaranya upload materi, upload video, upload tugas/latihan, bahkan forum diskusi (Kusuma & Astuti, 2019).

Penggunaan teknologi informasi dalam proses pembelajaran memberi kesempatan dan peluang bagi pendidik untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan kompetensinya peserta didik terutama kompetensi professional (Anderson, 2005 dan Moore, 2011). 

Penggunaan teknologi dalam permasalahan pembelajaran diharapkan mampu mengoptimalkan peran pendidik dalam memanfaatkan teknologi dalam dunia pendidikan. Media ini menggunakan jaringan Internet dengan menggunakan komputer dan/atau telepon seluler (Hakim, 2016).

Pemanfaatan google classroom dapat melalui multiplatform yakni dengan menggunakan komputer dan dengan menggunakan android. Tujuan google classroom adalah memudahkan pembelajaran yang dapa direalisasikan dengan syarat kebermaknaan. Google classroom merupakan salah satu media belajar yang dapat membantu guru dalam mengelola pembelajaran dan menyampaikan informasi secara tepat dan akurat kepada siswanya (Wa Linda, 2020). 

Menurut Venkatesh dalam Kurniawati, et al. (2019), performance expectancy merupakan derajat dimana individu atau siswa mengharapkan bahwa dengan menggunakan sistem yang ada pada google classroom dapat membantu memperoleh keuntungan atau kemudahan dalam proses pembelajaran.

Google Classroom (GC) membantu guru untuk membuat dan mengatur tugas kelas dengan cepat dan mudah, memberikan umpan balik kepada siswa langsung secara efisien, dan berkomunikasi bersama siswa tanpa terbatas oleh ruang dan waktu. GC dianggap sebagai platform terbaik yang mampu meningkatkan kinerja guru. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun