Pengertian perpustakaan secara sederhana adalah salah satu bentuk organisasi sumber belajar yang menghimpun berbagai informasi dalam bentuk buku dan bukan buku yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka (misalnya guru, siswa, dan masyarakat) dalam upaya mengembangkan kemampuan dan kecakapannya.
Perpustakaan merupakan salah satu lembaga sumber informasi guna menunjang
kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Perpustakaan merupakan sistem atau pusat
informasi yang di dalamnya terdapat aktivitas pengumpulan, pengolahan, pengawetan,
pelestarian dan penyajian serta penyebaran informasi. Perpustakaan sebagaimana yang ada
dan berkembang sekarang telah dipergunakan sebagai salah satu pusat informasi, sumber
ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, pelestarian khasanah budaya bangsa, serta
memberikan berbagai layanan jasa lainnya
Perpustakaan sekolah tidak hanya sebagai penyedia bacaan siswa di kala
senggang. Perpustakaan harus menjadi sumber, alat, dan sarana untuk belajar
siswa.perpustakaan harus siap setiap saat untuk menunjangdan terlibat dalam pelaksanaan
proses pembelajaran, baik di dalam jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran.
Keberadaannya sangat penting sebagai salah satu sumber belajar. Perpustakaan dapat
digunakan sebagai sarana peningkatan wawasan dan pengetahuan, meningkatkan minat dan
kebiasaan membaca siswa, sarana pencarian pengetahuan atau informasi dan perpustakaan
pun dapat digunakan sebagai tempat diskusi,ajang bertukar pikiran antara kelompok
belajar.
Dengan memanfaatkan perpustakaan dapat diperoleh data atau informasi untuk memecahkan berbagai masalah, sumber untuk menentukan kebijakan tertentu, serta berbagai hal yang sangat penting untuk keperluan belajar. Hakikat perpustakaan adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya.
Tujuan kegiatan perpustakaan adalah untuk menumbuhkan minat baca pemustaka, memperkenalkan teknologi informasi, membiasakan akses informasi secara mandiri serta menumbuhkan bakat dan minat pemustaka. Jika dilihat keterkaitannya dengan proses belajar mengajar di sekolah, perpustakaan sekolah memberikan sumbangan yang sangat berharga dalam upaya meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran.
Perpustakaan memiliki peranan yang signifikan untuk mendukung gemar membaca dan meningkatkan literasi informasi. Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Perpustakaan sekolah merupakan semua perpustakaan yang ada atau diselenggarakan di sekolah baik itu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas sampai Sekolah Lanjutan seperti Perguruan Tinggi. Perpustakaan sekolah didirikan untuk menunjang pencapaian tujuan sekolah, yaitu pendidikan dan pengajaran seperti digariskan dalam kurikulum sekolah.
Untuk mendukung tercapainya suatu tujuan, maka perpustakaan sekolah melaksanakan fungsinya sebagai pusat pendidikan, pusat informasi, dan pusat rekreasi. Dalam melaksanakan fungsi-fungsi tersebut, perpustakaan sekolah perlu menghimpun, mengelola dan menyajikan bahan pustaka sebagai sumber informasi agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pemakainya, sehingga dapat memperluas wawasan dan menambah informasi bagi para pemakai perpustakaan.
Beberapa fungsi perpustakaan sekolah menurut Bafadal (2011: 6):
a)  Fungsi Edukatif. Segala fasilitas dan sarana yang ada pada perpustakaan sekolah, terutama koleksi yang dikelolanya banyak membantu para siswa sekolah untuk belajar dan memperoleh kemampuan dasar dalam mentransfer konsep-konsep pengetahuan, sehingga di  kemudian hari para siswa memiliki kemampuan untuk mengembangkan dirinya lebih lanjut.
B) Fungsi Informatif. Mengupayakan penyediaan koleksi perpustakaan yang bersifat memberikan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan para siswa dan guru.
C) Â Fungsi Rekreasi. Fungsi ini bukan merupakan fungsi utama dari dibangunannya perpustakaan sekolah, namun hanya sebagai pelengkap saja guna memenuhi kebutuhan sebagian anggota masyarakat sekolah akan hiburan intelektual.
D) Â Fungsi Riset dan Penelitian. Koleksi perpustakaan sekolah dapat dijadikan bahan untuk membantu dilakukannya kegiatan penelitian sederhana.
Apabila ditinjau dari sudut tujuan siswa mengunjungi perpustakaan sekolah, maka tujuannya beraneka macam, seperti untuk belajar, berlatih menelusuri buku-buku perpustakaan sekolah, memperoleh informasi, bahkan ada yang tujuannya hanya untuk mengisi waktu senggang atau sifatnya rekreatif.
Penyelenggaraan perpustakaan sekolah merupakan upaya untuk memelihara efisiensi dan proses belajar-mengajar. Dengan demikian, perpustakaan sekolah diharapkan dapat menunjang aktivitas belajar siswa dan dapat membantu kelancaran mengajar bagi guru. Oleh karena itu, kerja sama antara kepala sekolah, guru, pustakawan, dan staf sekolah yang lainnya sangat diperlukan dalam penyelenggaraan perpustakaan sekolah.
Jadi, begitu pentingnya Perpustakaan sekolah sebagai sumber fasilitas belajar benar-benar harus dijadikan pusat kegiatan proses belajar-mengajar yang menyenangkan. Dalam konteks ini, peranan baru pustakawan atau pustakawan sebagai motivator sangat besar artinya bagi siswa dalam upaya pendayagunaan perpustakaan sekolah
penyediaan koleksi perpustakaan yang bersifat memberikan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan para siswa dan guru.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI