Mohon tunggu...
Aina Isma Salsabila
Aina Isma Salsabila Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Perpustakaan sebagai Sistem dan Pusat Informasi

29 Juli 2023   20:59 Diperbarui: 29 Juli 2023   21:00 306
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: dip.fisip.unair.ac.id

Pengertian perpustakaan secara sederhana adalah salah satu bentuk organisasi sumber belajar yang menghimpun berbagai informasi dalam bentuk buku dan bukan buku yang dapat dimanfaatkan oleh pemustaka (misalnya guru, siswa, dan masyarakat) dalam upaya mengembangkan kemampuan dan kecakapannya.

Perpustakaan merupakan salah satu lembaga sumber informasi guna menunjang

kegiatan proses belajar mengajar di sekolah. Perpustakaan merupakan sistem atau pusat

informasi yang di dalamnya terdapat aktivitas pengumpulan, pengolahan, pengawetan,

pelestarian dan penyajian serta penyebaran informasi. Perpustakaan sebagaimana yang ada

dan berkembang sekarang telah dipergunakan sebagai salah satu pusat informasi, sumber

ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, pelestarian khasanah budaya bangsa, serta

memberikan berbagai layanan jasa lainnya

Perpustakaan sekolah tidak hanya sebagai penyedia bacaan siswa di kala

senggang. Perpustakaan harus menjadi sumber, alat, dan sarana untuk belajar

siswa.perpustakaan harus siap setiap saat untuk menunjangdan terlibat dalam pelaksanaan

proses pembelajaran, baik di dalam jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran.

Keberadaannya sangat penting sebagai salah satu sumber belajar. Perpustakaan dapat

digunakan sebagai sarana peningkatan wawasan dan pengetahuan, meningkatkan minat dan

kebiasaan membaca siswa, sarana pencarian pengetahuan atau informasi dan perpustakaan

pun dapat digunakan sebagai tempat diskusi,ajang bertukar pikiran antara kelompok

belajar.

Dengan memanfaatkan perpustakaan dapat diperoleh data atau informasi untuk memecahkan berbagai masalah, sumber untuk menentukan kebijakan tertentu, serta berbagai hal yang sangat penting untuk keperluan belajar. Hakikat perpustakaan adalah pusat sumber belajar dan sumber informasi bagi pemakainya.

Tujuan kegiatan perpustakaan adalah untuk menumbuhkan minat baca pemustaka, memperkenalkan teknologi informasi, membiasakan akses informasi secara mandiri serta menumbuhkan bakat dan minat pemustaka. Jika dilihat keterkaitannya dengan proses belajar mengajar di sekolah, perpustakaan sekolah memberikan sumbangan yang sangat berharga dalam upaya meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran.

Perpustakaan memiliki peranan yang signifikan untuk mendukung gemar membaca dan meningkatkan literasi informasi. Perpustakaan merupakan upaya untuk memelihara dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses belajar-mengajar. Perpustakaan yang terorganisir secara baik dan sistematis, secara langsung atau pun tidak langsung dapat memberikan kemudahan bagi proses belajar mengajar di sekolah tempat perpustakaan tersebut berada. Perpustakaan sekolah merupakan semua perpustakaan yang ada atau diselenggarakan di sekolah baik itu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas sampai Sekolah Lanjutan seperti Perguruan Tinggi. Perpustakaan sekolah didirikan untuk menunjang pencapaian tujuan sekolah, yaitu pendidikan dan pengajaran seperti digariskan dalam kurikulum sekolah.

Untuk mendukung tercapainya suatu tujuan, maka perpustakaan sekolah melaksanakan fungsinya sebagai pusat pendidikan, pusat informasi, dan pusat rekreasi. Dalam melaksanakan fungsi-fungsi tersebut, perpustakaan sekolah perlu menghimpun, mengelola dan menyajikan bahan pustaka sebagai sumber informasi agar dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh pemakainya, sehingga dapat memperluas wawasan dan menambah informasi bagi para pemakai perpustakaan.

Sumber gambar: dip.fisip.unair.ac.id
Sumber gambar: dip.fisip.unair.ac.id

Beberapa fungsi perpustakaan sekolah menurut Bafadal (2011: 6):

a)  Fungsi Edukatif. Segala fasilitas dan sarana yang ada pada perpustakaan sekolah, terutama koleksi yang dikelolanya banyak membantu para siswa sekolah untuk belajar dan memperoleh kemampuan dasar dalam mentransfer konsep-konsep pengetahuan, sehingga di  kemudian hari para siswa memiliki kemampuan untuk mengembangkan dirinya lebih lanjut.

B) Fungsi Informatif. Mengupayakan penyediaan koleksi perpustakaan yang bersifat memberikan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan para siswa dan guru.

C)  Fungsi Rekreasi. Fungsi ini bukan merupakan fungsi utama dari dibangunannya perpustakaan sekolah, namun hanya sebagai pelengkap saja guna memenuhi kebutuhan sebagian anggota masyarakat sekolah akan hiburan intelektual.

D)  Fungsi Riset dan Penelitian. Koleksi perpustakaan sekolah dapat dijadikan bahan untuk membantu dilakukannya kegiatan penelitian sederhana.

Apabila ditinjau dari sudut tujuan siswa mengunjungi perpustakaan sekolah, maka tujuannya beraneka macam, seperti untuk belajar, berlatih menelusuri buku-buku perpustakaan sekolah, memperoleh informasi, bahkan ada yang tujuannya hanya untuk mengisi waktu senggang atau sifatnya rekreatif.

Penyelenggaraan perpustakaan sekolah merupakan upaya untuk memelihara efisiensi dan proses belajar-mengajar. Dengan demikian, perpustakaan sekolah diharapkan dapat menunjang aktivitas belajar siswa dan dapat membantu kelancaran mengajar bagi guru. Oleh karena itu, kerja sama antara kepala sekolah, guru, pustakawan, dan staf sekolah yang lainnya sangat diperlukan dalam penyelenggaraan perpustakaan sekolah.

Jadi, begitu pentingnya Perpustakaan sekolah sebagai sumber fasilitas belajar benar-benar harus dijadikan pusat kegiatan proses belajar-mengajar yang menyenangkan. Dalam konteks ini, peranan baru pustakawan atau pustakawan sebagai motivator sangat besar artinya bagi siswa dalam upaya pendayagunaan perpustakaan sekolah

penyediaan koleksi perpustakaan yang bersifat memberikan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan para siswa dan guru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun