Bayangkan seorang siswa berdiri di depan kamera ponsel, gugup dan sedikit kikuk, saat diminta menjawab pertanyaan sederhana:
“Apa kepanjangan dari MPR?”
Jawaban yang muncul bukanlah yang diharapkan.
Adegan yang viral di TikTok ini, menjadi potret yang menyedihkan tentang lemahnya pemahaman siswa terhadap pengetahuan umum dasar.
Ini bukan sekadar masalah teknis dalam pembelajaran.
Lebih dalam, hal ini menggambarkan ada sesuatu yang tidak berjalan baik dalam sistem pendidikan kita.
Kualitas Guru yang Tidak Merata
Salah satu faktor yang sering disebut-sebut dalam diskusi tentang efektivitas kurikulum adalah kualitas guru.
Menurut artikel dari Kompas dan SMERU Research Institute, disparitas kualitas guru antar daerah di Indonesia sangat signifikan.
Di satu sisi, ada guru-guru di daerah perkotaan yang mungkin lebih terlatih dan memiliki akses lebih baik terhadap sumber daya.
Namun, di sisi lain, guru di daerah terpencil sering kali berjuang dengan keterbatasan sumber daya dan pelatihan yang minim.
Bahkan, sebagian kecil guru di sekolah dasar merasa kurang menguasai materi penting seperti literasi dan matematika.