Mohon tunggu...
Aida Nur Himayati
Aida Nur Himayati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Pamulang

Saya mahasiswa Universitas Pamulang Yang sedang berjuang menempuh pendidikan dan moral kepribadian. Tujuan hidup saya dalam pendidikan yaitu untuk belajar dan mendidik anak pada generasi muda di masa sekarang dan selanjutnya.

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Metode Pembelajaran Membaca dengan Mengeja pada Pendidikan Sekolah Dasar

19 November 2024   20:20 Diperbarui: 19 November 2024   21:21 164
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Metode pembelajaran membaca adalah bagian penting dalam pendidikan dasar untuk membantu siswa menguasai keterampilan literasi. Salah satu metode yang banyak digunakan sejak dahulu adalah metode membaca dengan mengeja. Metode ini menitikberatkan pada pengenalan huruf, suku kata, dan penyusunan kata untuk membentuk kemampuan membaca yang terstruktur.

Metode ini dianggap efektif karena sederhana dan mudah dipahami, terutama bagi anak-anak yang baru mengenal huruf. Namun, efektivitasnya tergantung pada bagaimana metode ini diimplementasikan oleh guru dalam proses pembelajaran.

Pengertian Metode Mengeja

Metode mengeja adalah cara pembelajaran membaca yang dilakukan dengan mengajarkan siswa mengenali huruf-huruf secara individual, lalu menggabungkannya menjadi suku kata, dan akhirnya membentuk kata-kata. Prosesnya dimulai dengan mengenalkan huruf, diikuti dengan pengucapan suku kata seperti "ba", "bi", "bu", "be", "bo", dan kemudian melanjutkan ke kata-kata utuh seperti "baju" atau "bola".

Tahapan Metode Mengeja

1. Pengenalan Huruf

Guru mengajarkan nama dan bunyi huruf secara satu per satu.

Siswa dilatih mengingat bentuk dan bunyi huruf melalui lagu, permainan, atau visualisasi.

2. Pengejaan Suku Kata

Siswa mulai belajar menggabungkan huruf menjadi suku kata.

Contohnya, huruf "b" digabung dengan "a" menjadi "ba".

Latihan dilakukan secara berulang untuk memperkuat penguasaan.

3. Menyusun Kata

Setelah mahir mengeja suku kata, siswa diajarkan menyusun kata dari beberapa suku kata.

Contoh: "ba" + "ju" menjadi "baju".

4. Membaca Kalimat Sederhana

Guru menyusun kalimat sederhana dari kata-kata yang telah dipelajari.

Contoh: "Budi suka bola."

5. Pengembangan Membaca Lancar

Siswa diajak membaca teks pendek, seperti cerita sederhana atau dongeng.

Kelebihan Metode Mengeja

1. Mudah Dipahami Anak

Metode ini sangat sederhana dan sistematis, sehingga cocok untuk anak-anak usia dini.

2. Mengembangkan Kemampuan Dasar Membaca

Pengenalan huruf, suku kata, dan kata dilakukan secara bertahap sehingga anak memiliki fondasi yang kuat dalam membaca.

3. Meningkatkan Konsentrasi

Proses mengeja membutuhkan fokus untuk memadukan huruf menjadi suku kata dan kata.

4. Cocok untuk Anak dengan Kesulitan Belajar

Metode ini membantu anak-anak yang lambat belajar membaca karena prosesnya yang berulang-ulang.

Kelemahan Metode Mengeja

1. Kurang Menarik

Karena repetitif, metode ini bisa terasa membosankan bagi beberapa siswa.

2. Tidak Mengembangkan Pemahaman Kontekstual

Fokus pada pengejaan membuat anak cenderung hanya membaca tanpa memahami arti kata atau kalimat.

3. Terlalu Mengandalkan Hafalan

Anak-anak cenderung menghafal pola huruf dan suku kata tanpa benar-benar memahami hubungan antara bunyi dan arti.

Strategi Peningkatan Efektivitas Metode Mengeja

1. Menggabungkan dengan Metode Lain

Guru dapat memadukan metode mengeja dengan metode fonetik atau metode membaca langsung untuk meningkatkan pemahaman siswa.

2. Menggunakan Media Interaktif

Misalnya, menggunakan kartu huruf, permainan digital, atau lagu untuk menarik minat siswa.

3. Memberikan Konteks pada Kata-Kata

Guru dapat menggunakan gambar atau cerita sederhana untuk membantu siswa memahami makna kata yang mereka baca.

4. Memberikan Penguatan Positif

Guru perlu memberikan apresiasi terhadap keberhasilan siswa, baik kecil maupun besar, untuk menjaga motivasi mereka.

Kesimpulan

Metode membaca dengan mengeja merupakan metode tradisional yang masih relevan dalam pembelajaran membaca di sekolah dasar. Dengan penyesuaian dan kombinasi dengan metode modern, metode ini dapat menjadi alat yang efektif untuk membangun keterampilan literasi dasar pada siswa. Guru berperan penting dalam mengembangkan kreativitas agar metode ini tetap menarik dan menyenangkan bagi anak-anak

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun