Kurikulum Merdeka memberikan kemerdekaan kepada guru dalam mentransfer ilmu kepada siswa, sementara siswa memiliki kemerdekaan untuk mencari sumber ilmu tidak melulu dari guru.
Salah satu tempat terbaik bagi siswa untuk belajar adalah memanfaatkan Perpustakaan sebagai sumber dan tempat belajar.
Perpustakaan merupakan jantung ilmu dari sebuah lembaga pendidikan, oleh karenanya keberadaan perpustakaan di MTsN 4 Kota Surabaya adalah suatu keniscayaan.
MTsN 4 Kota Surabaya di tahun pelajaran 2022-2023 memiliki siswa sebanyak 700 dengan 60 tenaga pendidik dan kependidikan yang semuanya membutuhkan perpustakaan sebagai sarana mencari sumber belajar yang kompeten dan relevan.
Menurut Kepala Perpustakaan MTsN 4 Kota Surabaya, Siti Masfufah, S.Pd., keberadaan perpustakaan sangat bermanfaat bagi siswa ketika mendapatkan tugas dari Bapak/Ibu guru yang harus melengkapi sumbernya dari bahan perpustakaan yang tersedia di Perpustkaan MTsN 4 Kota Surabaya
Kondisi ruang Perpustakaan MTsN 4 Kota Surabaya sedang mengalami rehab sehingga pelayanan kepada pengunjung dalam hal ini siswa dan guru mengalami kendala. Buku akhirnya tertumpuk dalam suatu ruangan, namun proses pelayanan peminjaman tetap berjalan berjalan dengan baik.
Oleh karena itu untuk sementara buku perpustakaan di sebar ke kelas-kelas ditempatkan di almari khusus yang akan digunakan kegiatan harian membaca lima belas menit sebelum pembelajaran, untuk buku-buku agama dan Al quran di tempatkan di rak-rak di masjid Al Hikmah MTsN 4 Kota Surabaya karena setiap pagi setelah salat duha anak-anak wajib membaca Al Quran bersama-sama.
Untuk memaksimalkan fungsi dan manfaat perpustakaan agar bisa maksimal Perpustakaan MTsN 4 Kota Surabaya mencanangkan slogan
Gemar Membaca Menulis yang merupakan akronim dari :
G elorakan rasa cinta perpustakaan di kalangan siswa dan guru madrasah agar bisa memanfaatkan perpustakaan sesuai dengan fungsi dan perannya.
EÂ fektifkan semua daya dan sumber yang ada dalam perpustakaan agar bisa
bermanfaat untuk siswa dan tenaga pendidikan di madrasah.
MÂ anjakan pengunjung perpustakaan dengan pelayanan prima oleh petugas
AÂ jak siswa dan guru untuk memanfaatkan waktu uang masuk ke perpustakaan madrasah
RÂ angkul semua pihak di madrasah agar bersama-sama menggerakkan siswa untuk memanfaatkan perpustakaan madrasah
MÂ embaca lima belas menit sebelum memulai pembelajaran
EÂ valuasi setiap kegiatan agar makin baik ke depannya
MÂ emberi tantangan kepada siswa dengan untuk menjadi duta baca
BÂ uat lomba membaca dan menulis untuk mengasah kemampuan siswa
AÂ jang kreasi siswa harus diapresiasi dengan sebuah penghargaan
CÂ apaian siswa dalam lomba harus didokumentasi sebagai bukti kegiatan
AÂ cara bulanan penghargaan Duta Baca harus dilestarikan
MÂ enjadikan ruang perpustakaan menjadi tempat yang menyenangkan agar pengunjung kerasan dan merindukan
EÂ mpati dan simpati dari petugas perpustakaan untuk anak-anak yang rajin ke perpustakan dengan memberikan minuman, permen dan makanan ringan secara gratis pada hari-hari tertentu
NÂ yatakan program perpustakaan dengan bukti pelaksanaan
UÂ ntuk anak-anak yang aktif dan rajin ke perpustakaan aka nada reward khusus berupa gelar Duta Baca
LÂ ibatkan semua guru dan tim penggiat literasi madrasah merancang kegiatan untuk festival perpustakaan setahun sekali
IÂ nisiatif , ide dan inspirasi dari siapa saja untuk memajukan perpustakaan harus diterima sebagai masukan yang baik untuk perkembangan perpustakaan kea rah yang lebih baik
S emua program harus dilaksanakan oleh semua pihak di madrasah mulai dari pimpinan madrasah, guru, petugas perpustakaan dan khususnya siswa untuk menjadikan perpustakan sebagai tempat yang menyenangkan untuk belajar selain di kelas.
Bagaimana menurut pendapat Anda? semoga bermanfaat.
Surabaya, 14 November 2022