Setelah menjalani perdebatan yang melelahkan dengan orang tuanya, Josefa merasa lega menemukan dukungan dari teman-temannya di SMA Yoanes XXIII di Merauke. Didimus, teman sekelasnya yang penuh semangat untuk lingkungan, adalah salah satu dari mereka yang memberinya kekuatan tambahan untuk tetap berpegang pada keputusannya untuk kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB).
Didimus adalah sosok yang selalu mendukung aspirasi Josefa untuk mendalami ilmu pertanian. Mereka sering menghabiskan waktu bersama di perpustakaan sekolah, membaca buku-buku tentang biodiversitas dan teknik pertanian modern. Diskusi mereka mengenai pentingnya melestarikan alam dan memadukan pengetahuan tradisional dengan teknologi membuat Josefa semakin mantap dengan pilihannya.
Pada suatu sore di kantin sekolah, Didimus duduk di sebelah Josefa sambil tersenyum. "Josefa, aku yakin kamu membuat keputusan yang tepat dengan kuliah di IPB. Itu adalah langkah besar untuk mewujudkan impianmu memajukan pertanian di kampung halaman," ujarnya dengan tulus.
Josefa tersenyum lega mendengar kata-kata dukungan dari Didimus. "Terima kasih, Didimus. Dukunganmu sangat berarti bagiku," jawab Josefa dengan hangat.
Mereka berdua menghabiskan waktu bersama untuk merencanakan masa depan mereka. Didimus membantu Josefa dalam menyiapkan persiapan untuk ujian masuk ke IPB dan memberikan tips-tips berharga tentang kehidupan kuliah di Bogor. Semangat Didimus yang tulus dan pengetahuannya yang luas menjadi pendorong bagi Josefa untuk terus maju menghadapi tantangan yang akan dihadapinya di masa depan.
Dukungan dari Didimus juga memberikan Josefa kepercayaan diri yang lebih besar dalam menghadapi perdebatan dengan orang tuanya. Dia merasa memiliki sahabat sejati yang selalu mendukungnya dalam setiap langkahnya menuju mewujudkan mimpi untuk memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungannya.
(Bersambung)
Merauke, 3 November 2024
Agustinus Gereda
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H