SMP Xaverius 1 Palembang yang terletak di tengah kota Palembang yang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi sekolah penggerak terus melakukan pengembangan diri dengan tujuan pelayanan kepada masyarakat dengan baik, begitu juga dengan pelaksanaan kurikulum merdeka untuk tahun kedua. Maka untuk itu, SMP Xaverius 1 Palembang melaksanakan In House Training Sekolah Penggerak untuk hari kedua, Jumat, 7 Juli 2023.
Diawali dengan refleksi dari peserta IHT SMP Xaverius 1 Palembang tentang kegiatan hari 1 IHT, Rabu, 6 Juli 2023
Sukamdi
Tentang sekolah penggerak
Sukarnoto
Tentang capaian pembelajaran
Suratman
Tentang pelayanan maksimalÂ
Wina Widiati
Pembelajaran diferensiasi proses dan hasil
Keleluasaan penuh untuk membuat TP-TP di masing-masing jenjang dalam kelompok mapel.Â
Buku panduan pembelajaran dapat digunakan buku dari Kemendikbud
TP-TP lebih banyak diukur dengan menggunakan KKO.
Ice breaking oleh Bu Septa
Ketepatan dan kecepatan dengan mendengarkan perintah dan penambahan, perkalian
Materi Sesi 2
1. Prinsip pembelajaran
Tahap perkembangan dan tingkat.pencapaian peserta didik
Dirancang dan dilaksanakan untuk pembelajar sepanjang hayat
Mendukung perkembangan kompetensi dan karakter secara holistik
Pembelajaran sesuai konteks, lingkungan dan budaya peserta didik
Berorientasi masa depan dan berkelanjutan
2. Prinsip asesmen
Mamandu peserta didik dan menentukan strategi
Menentukan teknik dan waktu pelaksanaanÂ
Aduk, proposional, valid dan dapat dipercaya
Laporan bersifat sederhana dan informatif
Hasil dalam.bentuk refleksi
3. Perencanaan Pembelajaran dan Asesmen
Memahami CP - Merumuskan TP - Menyusun Alur TP dari TP - Merancang Pembelajaran
* Memahami CP
Pembelajaran yang fleksibel
Pembelajaran yang sesuai dengan kesiapan peserta didik
Pengembangan rencana pembelajaran yang kolaboratif
* Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Terdapat 2 komponen utama: kompetensi dan lingkup materi
Urutan kemampuan dari dasar hingga paling tinggi yang dikembangkan Anderson dan Krathwohl 2001
Level 1 mengingat
Level 2 memahami
Level 3 mengaplikasi
Level 4 menganalisis
Level 5 mengevaluasi
Level 6 menciptakan
Berikut 6 level menurut Marzano
Tingkat 1 mengenali dan mengingat kembali
Tingkat 2 pemahaman
Tingkat 3 analisis
Tingkat 4 pemanfaatan pengetahuan
Tingkat 5 metakognisi
Tingkat 6 sistem diri
* menyusun Alur TP
*merencanakan pembelajaran dan asesmen
-membuat modul ajar
-asesmen formatif
-asesmen Sumatif
Materi Sesi 3
Presentasi hasil penugasan:
1. Sulistya: memberikan contoh dan strategi pembelajaran dalam kurikulum merdeka tidak hanya tes-tes namun disesuaikan dengan kebutuhan murid
2. Hermanto: Alur cp disusun benerapa TP dengan KKO, modul ajar. Asesmen sumatif dan formatif. Teknis asesmen: observasi, tugas, praktek dengan proyek dan fortofolio. Guru perlu mengetahui karakteristik dan minat murid serta memahami metode pembelajaran.
3. Theo Graciani: asesmen formatif dengan bertanya pada anak-anakÂ
Pembelajaran dan Asesmen oleh Wina Widiati
Prinsip pembelajaran andragogi, syarat pembelajaran dan Asesmen dalam kurikulum merdeka, pendidik perlu:
Bersedia mengenal, menerima dan mencintai peserta didik apa adanya
Bersedia berpusat pada peserta didik
Bersedia terus belajar
Bersedia berkolaborasi dengan peserta didik dan orang tua
Prinsip asesmen
1. Terpadu dengan proses pembelajaran
2. Netral
3. Sederhana dan informatif
4. Adil, valid, proporsional dan dapat dipercaya
5. Reflektif
Proses berfikir dalam merencanakan pembelajaran dan Asesmen:
1. Memahami capaian pembelajaran
2. Merumuskan tujuan pembelajaranÂ
3. Menyusun alur tujuan pembelajaran dari tujuan pembelajaran
4. Merancang pembelajaran dan asesmen
Pembelajaran terdiferensiasi
Strategi mengajar sesuai dengan tahap capaian belajar atau kemampuan peserta didik .
Tahapan dibawah kemampuan mayoritas akan mendapat penguatan dan tahapan kemampuan di atas mayoritas. Merupakan strategi guru untuk membuat peserta didiknya bergerak semakin mendekati dan mencapai tujuan titik awal masing-masing dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki.
Salam Bahagia