Mohon tunggu...
Agustina SulistiaNingsih
Agustina SulistiaNingsih Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Singaperbangsa Karawang

160898na

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Berdialog dalam Matematika, Math Dialog

8 Mei 2020   20:12 Diperbarui: 14 Juni 2021   17:13 2152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mencoba Berdialog dalam Matematika, Math Dialog (unsplash/annie-spratt)

"Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar pada matematika adalah menggunakan metode pembelajaran yaitu Math Dialog. Apa itu Math Dialog?"

Berbicara mengenai matematika pasti yang terlintas pertama kali mengenai hitungan yang rumit, rumus yang banyak, dan konsep yang sangat baku. 

Bukan rahasia lagi bahwa pelajaran matematika adalah yang paling ditakuti oleh setiap siswa di sekolah. Takut disini karena kebanyakan siswa masih belum paham dengan materi yang diajarkan, sehingga para siswa akan terkesan malas jika harus berhadapan dengan pelajaran matematika. 

Namun matematika tidak bisa dihindari, karena matematika merupakan mata pelajaran wajib yang ada pada setiap jenjang pendidikan. Hal tersebut disebabkan matematika merupakan ilmu yang memiliki banyak peranan dalam kehidupan, sehingga sangat penting untuk dipelajari.

Matematika memang dikenal sebagai ilmu yang memiliki konsep abstrak, perlu penalaran yang kuat untuk dapat memahaminya. Dalam memahami matematika diperlukan suatu cara yang berbeda, salah satunya adalah cara yang dapat meningkatkan minat belajar. 

Baca juga : Cara Memasukkan Math Equation di Google Classroom untuk Guru

Minat merupakan suatu awalan agar siswa tertarik mengikuti pembelajaran matematika. Jika siswa sudah minat, maka pembelajaran akan berjalan dengan menyenangkan sehingga siswa akan tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran matematika. 

Selama ini diketahui pembelajaran matematika sangat membosankan, karena hanya mendengar penjelasan guru, membaca materi yang ada di buku, atau hanya diberi soal-soal latihan yang banyak. 

Seiring berkembangnya kurikulum di Indonesia yang berupaya menciptakan pembelajaran menjadi lebih bermakna, dimana para guru saat ini di tuntut untuk dapat kreatif dalam memberikan materi pelajaran. 

Hal itu juga berpengaruh pada pembelajaran matematika. Saat ini banyak digunakan berbagai metode atau media pembelajaran guna meningkatkan minat belajar pada matematika. 

Susanto (2013: 66) menyatakan bahwa minat merupakan faktor yang sangat penting dalam kegiatan belajar peserta didik. Kegiatan belajar yang dilakukan tidak sesuai dengan minat peserta didik akan memungkinkan berpengaruh negatif terhadap peserta didik yang bersangkutan. 

Baca juga : Menyampaikan Teknik Pembelajaran Matematika dengan Metode "Math Manipulatives" agar Siswa Lebih Tertarik

Minat peserta didik tentunya berasal dari ketertarikan dan kemudian timbul melalui rangsangan lingkungan tertentu. Setiap peserta didik tentunya memiliki minat yang berbeda antara satu dengan lainnya terhadap materi pembelajaran terutama matematika.

Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar pada matematika adalah menggunakan metode pembelajaran yaitu Math Dialog. Apa itu Math Dialog? 

Math Dialog merupakan metode pembelajaran yang menerapkan prinsip-prinsip dialog yaitu adanya interaksi antara dua orang atau lebih dengan bahasan matematika di dalamnya.

Dialog merupakan komunikasi yang melibatkan interaksi antara dua orang atau lebih. Dalam prosesnya, siswa mencoba menyelesaikan permasalahan yang disajikan secara individu dan kelompok. 

Dalam dialog terjadi percakapan yang membahas suatu permasalahan. Jika pembelajaran matematika menerapkan metode dialog math siswa akan berperan secara langsung karena terlibat dalam percakapan yang membahas mengenai matematika. 

Dialog merupakan suatu aktifitas yang melibatkan diri seseorang itu sendiri, sehingga dari dialog seseoarang akan lebih paham dengan apa yang dibahas dan menjadikan pemahaman tersebut sebagai pengalaman.  

Dengan pengalaman dipandang sebagai konteks efisien khusus bagi anak-anak untuk mencoba dan menerapkan ide-ide baru, konsep-konsep, nilai-nilai, peran-peran dan bahasa dalam tindakan yaitu dalam konteks situsional yang terjadi secara alami. 

Baca juga : KPM Mandiri, Mahasiswa UNIPDU Edukasi Game Math dan Math Academy untuk Siswa di Desanya

Jadi dengan pembelajaran dialog math siswa dapat menerapkan ide-ide baru ke dalam pembelajaran, seperti yang sudah diuraikan bahwa matematika adalah pelajaran yang abstrak dan sulit untuk dipahami.

Jika pembelajaran matematika dibuat dalam bentuk dialog tentu akan membuat siswa  minat dalam belajar. Karena terlibat diskusi didalamnya, namun dibuat dengan situasi yang tidak kaku. Berikut tahap-tahap metode pembelajaran Math Dialog :

1. Guru memilih empat peserta didika secara acak sebagai perwakilan untuk melaksanakan metode math dialog

2.  Keempat siswa yang terpilih diberi peran masing-masing sesuai dengan bahasan materi matematika

3.  Guru memberikan arahan mengenai cara bermain dari metode math dialog dan menjelaskan sedikit materi

4. Siswa diintruksikan berdiri secara berhadapan

5. Guru membagikan kertas yang berisi dialog untuk siswa bacakan sesuai peran masing-masing

contoh : peran sebagai harga beli, diberi dialog berkenaan harga beli suatu barang

6. Siswa membacakan dialog yang telah diberikan oleh guru, dialog ini harus berjalan berurutan sesuai peran

contoh : peran 1 membacakan dialog mengenai harga beli, kemudian dialog berikutnya dibacakan peran 2 mengenai harga jual, dan terus dibacakan sampai peran ke 4

7. Peran 3 dan peran 4 merupakan dialog pengecoh, dimana siswa yang tidak ikut bermain harus dapat menentukan jawaban mana yang benar

Math Dialog dibuat berdasarkan tahapan penyelesain soal matematika, dengan metode math dialog penyampaian materi dapat lebih dipahami oleh siswa. Karena siswa terlibat secara langsung dalam penyelesaiannya. 

Maka math dialog diyakini dapat memberikan pembelajaran matematika menjadi lebih menarik, dan siswa menjadi lebih minat dalam belajar matematika. Hal unik pembelajaran matematika dibuat dalam bentuk percakapan. 

Cara melakukan metode ini juga sangat mudah dan sederhana. Yang perlu disiapkan hanya dialog-dialog dalam bahasan materi matematika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun