Mohon tunggu...
Agustian Anggraeni
Agustian Anggraeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa PPG Prajabatan di kampus Universitas Jember.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

T1-8 Aksi Nyata Topik 1

10 Januari 2024   14:06 Diperbarui: 10 Januari 2024   14:34 977
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

SEL.11.2-T1-8 Aksi Nyata

Pada akhir pembelajaran setiap topik, Anda diminta untuk merefleksikan pembelajaran dalam blog masing-masing, dengan menggunakan alur MERDEKA seperti dalam proses pembelajarannya. Anda bisa menceritakan refleksi Anda dengan caranya masing-masing, bisa narasi yang dilengkapi visual, ataupun narasi saja, atau model kreatif lainnya. Berikut ini panduan pertanyaan yang dapat membantu Anda menuliskan blog:

No.

Alur pembelajaran

Pertanyaan Refleksi

1

Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

2

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

3

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

4

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

5

Elaborasi Pemahaman

Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

6

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

7

Aksi Nyata

Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Kesan pertama yang saya pikirkan bahwa topik ini akan membahas tentang latar belakang yang dikaitkan dengan proses pendidikan yang ada di indonesia.

Pada bagian eksplorasi konsep, saya mempelajari kaitan antara prinsip sosiokultural yang berkaitan dengan faktor-faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik yang mempengaruhi perjalanan pendidikan di Indonesia. 

Selain itu, saya juga mengetahui betapa sangat berperannya perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam mewujudkan tujuan dari pendidikan dengan menciptakan pembelajaran yang nyaman dan sesuai dengan karakteristik dan latar belakang dari peserta didik.

Melalui ruang kolaborasi saya dapat bertukar pikiran mengenai video-video yang telah disajikan. dari kelima video kami telah mempelajari serta mendapatkan pengetahuan bahwa di wilayah-wilayah kepulauan yakni wilayah terdepan. 

Terluar, dan tertinggal di indonesia masih belum cukup maju dan berkembang sehingga dari hal ini kami menyimpulkan bahwa masih terjadi ketidak merataan pendidikan yang hadir di pelosok pelosok indonesia. 

Banyak sekali faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut diantaranya keterbatasan teknologi, sarana prasarana disekolah, kesulitan akses jalan, keterbatasan tenaga pendidikan dan lain sebagainya. Hal tersebut menjadi semangat serta motivasi bagi saya untuk semakin ingin menjadi seseorang yang bermanfaat dengan menyebarluaskan apa yang saya ketahui kepada seluruh anak generasi bangsa agar dapat memajukan, meningkatkan serta mengembangkan pendidikan yang ada di Indonesia .

Hal yang saya pelajari dari demonstrasi kontekstual adalah saya dan rekan saya dapat saling berdiskusi mengemukakan pendapat dan saling membuat koneksi antar satu sama lain sehingga mendapatkan kesepakatan dan kesimpulan mengenai konsep pendidikan sosiokultural. 

Setelah saya mempelajari konsep sosiokultural dengan latar belakang sosial, budaya, ekonomi serta politik yang di hubungkan dengan pendidikan di Indonesia, bahwa Indonesia adalah negara yang sangat memerlukan kesadaran dalam memajukan pendidikan didalamnya demi terciptanya tujuan pembelajaran.

Pada bagian ini saya mempelajari bagaimana teori konsep multikultural dapat diterapkan dalam proses pembelajaran. Mempelajari tentang jenis media dan fungsinya dalam pendidikan. 

Selain itu, saya juga mendapatkan pemahaman tentang seberapa pentingnya potensi belajar siswa untuk membangun motivasi belajarnya. Hal baru yang saya pahami adalah adanya pendidikan multikultural ini ternyata merupakan salah satu cara guru menciptakan pendidikan yang sesuai dengan karakteristik dan latar belakang peserta didik. 

Pendidikan multikultural ternyata juga bisa menjadi salah satu cara guru untuk menentukan strategi pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam proses pembelajaran agar tepat sasaran. Maka dari itu saya ingin mempelajari lebih lanjut adalah bahagimana cara penerapan secara langsung mengenai pendidikan sosiokultural ini di lingkungan pendidikan.

Melalui koneksi antar materi membuat saya paham bahwa adanya keterkaitan antara pemahaman konsep sosiokultural dengan fokus pembelajaran yang lain. Melalui hal ini saya sadar, bahwasanya dalam menciptakan tujuan dari pendidikan kita harus memahami beberapa komponen di dalamnya, dan salah satunya adalah tentang pemahaman sosiokultural ini. 

Selain itu dengan mengaitkan koneksi antar materi saya dapat menyajikan konten pembelajaran beragam yang berdasarkan karakteristik latar belakang yang hadir sehingga menjadi pembelajaran yang sesuai, nayaman dan tepat bagi peserta didik. Tujuan pembelajaran dan asesmen juga dibuat berdasarkan latar belakang sosiokultural tiap peserta didik agar dapat mengikuti pembelajaran dengan penuh semangat.

Manfaat pembelajaran ini bagi saya sebagai calon guru adalah saya semakin mantap untuk siap menghadapi kondisi, situasi dan latar belakang peserta didik yang ada di dalam kelas. 

Saya semakin sadar akan keanekaragaman yang akan berperan penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Saya menilai kesiapan saya untuk menjadi seorang guru adalah 8,5%, saya siap untuk selalu memperbarui ilmu dalam diri saya dan menciptakan pembelajaran yang maksimal bagi siswa saya nantinya, adapun hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut adalah dengan mempelajari konsep-konsep sosiokultural serta penerapannya secara langsung untuk mempersiapkan mental pribadi demi terciptanya proses pembelajaran yang interaktif, kreatif, efektif, inovatif dan tentunya nyaman bagi peserta didik saya nantinya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun