Mohon tunggu...
Caesar Naibaho
Caesar Naibaho Mohon Tunggu... Guru - Membaca adalah kegemaran dan Menuliskan kembali dengan gaya bahasa sendiri. Keharusan

Pengajar yang masih perlu Belajar...

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Modul 1.1: Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10

25 September 2024   05:55 Diperbarui: 25 September 2024   07:43 397
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Refleksi Filosofi Pendidikan KHD

Akhirnya Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 10 telah memulai pembelajarannya. Kami sebagai Calon Guru Penggerak mulai belajar secara asingkronus memanfaatkan LMS pembelajaran dan dilakukan secara online.

Ki Hajar Dewantara mengatakan alur belajar merdeka dimulai dari Diri Sendiri, sehingga secanggih apapun metode atau model pembelajaran dan sepintar apapun guru yang memberikan materi toh tak akan mampu diserap oleh murid. Terkadang Guru kewalahan dalam menumbuhkan minat belajar murid. Berpikir Out of the Box, Metode atau langkah-langkah apa saja yang bisa dilakukan guru untuk menumbuhkan minat belajar murid?

Setelah membaca dan mengisi tanggapan pada materi Pendahuluan Modul 1.1 dan membuat tulisan di blog tentang Harapan Saya akan Pemikiran Ki Hajar Dewantara, maka selanjutnya belajar materi pada Ekslporasi Konsep Modul 1.1 dengan tujuan pembelajaran khusus: (1) Peserta memahami pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD) mengenai tujuan dan asas pendidikan; (2) Peserta menganalisis konsep-konsep pemikiran KHD berdasarkan pengalaman pembelajaran yang berpihak pada murid.

Setelah memaknai konsep dalam materi di modul 1.1 ini, pertanyaan yang masih muncul di benak saya adalah: Bagaimana cara kita guru di era kekinian untuk menerapkan sikap Momong, Among, dan Ngemong dalam pola pendidikan masa kini ?

Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untuk mampu memiliki: (1) Pengetahuan tentang dasar-dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD), (2) Keterampilan mengelola pembelajaran yang berpihak pada murid pada konteks lokal kelas dan sekolah, (3) Sikap reflektif-kritis dalam menerapkan pembelajaran yang merefleksikan dasar-dasar Pendidikan KHD dalam menuntun murid mencapai kekuatan kodratnya.

Alur Belajar Merdeka:

Mulai dari Diri

  • Kegiatan pembelajaran pemantik: (1) CGP memberikan jawaban reflektif-kritis untuk mengetahui pemahaman diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara, (2) CGP membuat refleksi diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara.

Eksplorasi Konsep

Mandiri

  • Kegiatan pembelajaran: (1) CGP menyimak video tentang pendidikan di Indonesia dari zaman kolonial dan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan; (2) CGP menyimak video-video tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara; (3) CGP membaca 2 (dua) tulisan karya Ki Hadjar Dewantara.

Forum Diskusi

Kegiatan pembelajaran: (1) CGP mendiskusikan pertanyaan reflektif terkait pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan pendidikan Indonesia saat ini dan pendidikan pada konteks lokal sosial budaya di daerah asal CGP yang difasilitasi oleh Fasilitator. (2) CGP berbagi pengalaman praktik baik penerapan pemikiran filosofis Pendidikan KHD pada konteks lokal sosial budaya di daerahnya.

  • Ruang Kolaborasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun