Mohon tunggu...
Telisik Data
Telisik Data Mohon Tunggu... Penulis - write like nobody will rate you

Fakta dan data otentik adalah oase di tengah padang tafsir | esdia81@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget Pilihan

Pakai Super App Grab, Rumah Jauh dari Jalan Raya Bukan Kendala

4 Desember 2019   10:30 Diperbarui: 4 Desember 2019   10:29 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Info cara melakukan pembayaran dengan OVO di mitra GrabFood (dokpri).

Masalah tata ruang kota, permukiman beserta sarana transportasinya masih menjadi penghambat interaksi antarwarga di Indonesia saat ini. Tidak usah jauh-jauh ke pelosok daerah, di kawasan Jabodetabek sendiri hal itu masih ada dan harus dihadapi setiap hari.

Misalnya pengalaman saya yang harus dua kali berganti kendaraan plus ngojek untuk berkunjung ke rumah keluarga adik, jika menggunakan angkutan umum. Jika frekuensinya tinggi, hal itu tentu tidak praktis karena menghabiskan waktu di jalan, ongkosnya juga membengkak.

Jarak antara kediaman kami di Tangerang Selatan  sebenarnya dekat, hanya 3-4 km saja.  Rumah tinggalnya berada di dalam kompleks perumahan di Kedaung yang cukup jauh dari jalan raya sehingga tidak terjangkau angkutan umum konvensional.

Problem tersebut, yang lazimnya dialami juga masyarakat urban di kota-kota besar, diatasi dengan memiliki motor dan atau mobil sendiri sehingga tidak tergantung pada alat  transportasi massal.

Tetapi solusi tersebut memiliki  masalah bawaan.

Populasi kendaraan bermotor jadi meningkat tajam melebihi kapasitas jalan, terlebih yang berada di tengah permukiman padat penduduk. Akibatnya kemacetan lokal pun kerap terjadi.

Selain keterbatasan kapasitas jalan, lahan rumah tinggal yang terbatas kerap  tidak memadai untuk pembuatan garasi.  Pemilik mobil pun lalu memarkir kendaraan di badan jalan depan rumah, di lahan kosong, atau di halaman rumah ibadah.

Beruntung saat ini  telah  hadir layanan transportasi online, salah satunya yaitu Grab. Layanan ini dapat kita nikmati setelah menginstall aplikasi Super App Grab dalam telepon seluler kita.

Super App Grab disebut sebagai #AplikasiUntukSemua karena dengan satu aplikasi saja kita bisa mendapatkan beragam layanan; dari transportasi online, pesan antar makanan, belanja bulanan, hiburan, pemesanan tiket film, hingga pembayaran digital.

Praktisnya menggunakan GrabBike dan GrabCar

Berbekal telepon genggam di tangan, dengan GrabBike atau GrabCar,  kemanapun tujuannya, kita #SelaluBisa pergi dengan mudah, cepat, dan praktis. Kepastian dan keamanan pengguna juga menjadi jaminan  karena mitra Grab yang terdaftar identitasnya jelas.

Transportasi daring Grab itu beroperasi dengan menjemput dan mengantar pengguna hingga ke titik tujuan. Istilahnya, mengantar hingga ke depan pintu rumah, dan memang bisa begitu.

Meskipun lokasi jemputan dan lokasi yang dituju sama-sama jauh dari jalan raya, dengan Grab hal itu #SelaluBisa diatasi karena rute perjalanan  langsung tertera secara otomatis setelah deal terjadi. Peta dalam aplikasi yang terhubung GPS (Global Positioning System) juga dapat mengenali lokasi pengguna dan mitra driver sehingga memudahkan untuk bertemu.

Dengan menggunakan  aplikasi  Super App Grab ini berarti pengguna tidak harus menggunakan kendaraan sendiri.  Bahkan sekarang, boleh jadi semakin banyak yang merasa tidak perlu memilikinya sehingga tidak terbebani biaya perawatan dan keharusan membuat garasi!

Selain menuntaskan permasalahan akses rumah tinggal yang sulit, layanan transportasi Grab juga fleksibel dari segi jumlah penumpang dan waktu. Terbukti pada saat salah satu anggota keluarga kami dirawat di rumah sakit di Ciputat.

Untuk keperluan satu orang cukup dengan GrabBike saja; tetapi jika lebih banyak --karena ada kerabat yang ikut menengok-- pilihannya adalah menggunakan GrabCar.

Mobil 5 seats yang biasa kami gunakan tidak bisa dipaksa untuk mengangkut lebih. Sangat tidak nyaman, apalagi ada beberapa barang dan perlengkapan yang harus dibawa. Dengan GrabCar masalah-masalah  dalam situasi seperti itu  #SelaluBisa  diselesaikan dengan mudah.

Dari segi waktu, layanan Grab itu juga tersedia sehari penuh sehingga  #SelaluBisa siaga ketika kami harus hilir mudik jaga di rumah sakit hingga lewat tengah malam.

Angkutan umum di malam hari di Jabodetabek memang beroperasi 24 jam, tetapi hanya segelintir jumlahnya. Bukan pilihan yang tepat pada saat kondisi mendesak karena di malam hari ngetemnya lebih lama menanti penuhnya penumpang yang sudah sangat jarang. Sementara di tengah ketergesa-gesaan, waktu adalah sesuatu yang sangat berharga.

GrabFood, solusi cepat untuk masalah perut

Di luar urusan transportasi, aplikasi Super App Grab yang cukup penting adalah GrabFood.

Fitur pesan antar makanan ini cukup mumpuni dalam menopang urusan perut. Bagi pengguna di perkotaan yang pada umumnya adalah masyarakat pekerja, faedahnya sangat terasa sekali.

Ketika kondisi lelah setelah pulang kerja atau bepergian, sementara makanan di rumah tidak memadai, maka GrabFood #SelaluBisa menjadi solusi andalan. Menu yang tersedia pun beragam dengan ribuan seller yang terhubung selama 24 jam.

Selain makanan utama, GrabFood juga menyajikan banyak pilihan cemilan pengganjal lambung pada saat harus bekerja malam hari; baik karena  mendapat giliran kerja shift malam atau gara-gara ketiban lembur.

Kita tidak perlu repot memasak sendiri untuk menyiapkan kudapan perintang kantuk. Kapan kelarnya pekerjaan  kalau harus diselingi ngoprek di dapur untuk sekadar menyiapkan menu-menu instan.

Keluar rumah atau tempat kerja untuk mencari warung tentu tidak efisien karena pasti menyita waktu kita. Dengan #AplikasiUntukSemua  di mana layanan GrabFood termasuk di dalamnya, cukup jemari saja yang bekerja dan tak lama hidangan pun tiba.

Grab, Super App dengan banyak layanan

Grab sebagai Super App yang berarti #AplikasiUntukSemua masih punya segudang fitur lain yang tidak kalah menarik.

Selain GrabBike, GrabCar, dan GrabFood; terdapat pula layanan GrabFresh untuk memfasilitasi belanja rutin bulanan; GrabExpress untuk jasa kurir; BookMyShow untuk pembelian tiket film; dan Hooq yang menyajikan hiburan tontonan di layar ponsel.

Bagi saya dalam waktu dekat ini tampaknya GrabFresh yang cukup menarik. Lumayan menghemat waktu agar #SelaluBisa digunakan untuk kegiatan lain yang produktif.

Layanan-layanan Grab itu semakin solid karena didukung fasilitas pembayaran nontunai OVO. Fitur ini memungkinkan kita untuk menyimpan saldo dan berfungsi seperti dompet digital yang #SelaluBisa jadi  alat pembayaran layanan Grab yang kita gunakan. 

Demikianlah, berkat kemajuan teknologi masalah yang dahulu cukup menguras waktu dan biaya saat ini bisa ditangani dengan mangkus dan sangkil lewat satu aplikasi saja.

Bagi pengguna yang tinggal di dalam kompleks atau permukiman yang jauh dari jalan raya, Super App Grab ini benar-benar #AplikasiUntukSemua yang sangat membantu. Layanannya mudah, cepat, aman, dan pasti. Super mantap!***

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun