Mohon tunggu...
Agung Jayadi
Agung Jayadi Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Chatbot API

We are a Conversational Messaging Platform that helps businesses engage with customers across 30+ messaging channels across commerce, marketing and support.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

11 Cara Bagaimana Conversational AI Meningkatkan Customer Experience di Ecommerce

12 Oktober 2022   10:47 Diperbarui: 12 Oktober 2022   13:22 446
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Perusahaan D2C harus mampu berkomunikasi secara efektif dan cepat saat mengaplikasikan taktik interaksi kepada pembeli. Situs web e-commerce bersaing ketat dengan brand serupa lainnya. Pasar D2C diperkirakan akan meningkat sebesar $ 174,98 miliar pada tahun 2023, dengan lebih banyak brand bersaing untuk pangsa pasar. Selama lockdown terkait pandemi, sekitar 50% bisnis di Inggris mengalami pertumbuhan pendapatan dari penjualan produk D2C. Bisnis dan perusahaan harus memanfaatkan API perpesanan percakapan (conversational messaging API) untuk meningkatkan pengalaman pelanggan (customer experience) agar menonjol dari kompetitor.

Pengantar

Perusahaan D2C kadang-kadang menempatkan lebih banyak sumber daya dan uang ke dalam pemasaran dan pengembangan produk daripada membuat toko online mereka lebih interaktif dan berfokus pada pelanggan.

Pelanggan menyukai produk berkualitas tinggi, tetapi untuk menyelesaikan transaksi, mereka membutuhkan pengalaman online yang menyenangkan dan mudah digunakan. Pelanggan cenderung mengubah loyalitas brand mereka jika pengalaman ritel online jauh dari harapan mereka.

Memahami perilaku pengguna dan variabel real time yang memengaruhi keputusan sangat penting untuk memastikan bahwa situs web e-commerce memenuhi kebutuhan pengguna. Karena perusahaan belum menemukan solusi inovatif untuk merampingkan pengalaman pengguna di seluruh platform virtual, biaya untuk memikat dan mempertahankan pelanggan akhirnya meningkat.

Sukses dengan brand e-commerce bergantung pada personalisasi, gamifikasi, dan kemudahan penggunaan. Apakah Anda ingin brand Anda menjadi yang pertama dipilih pembeli? Hubungi Gupshup - Solusi Chatbot API terbaik - untuk meningkatkan pendapatan dari toko online Anda dengan pengalaman pengguna yang disesuaikan dengan conversational messaging API yang cerdas.

Website D2C Anda Dapat Diakses Melalui Ponsel

Ada perbedaan besar antara adaptasi seluler dan membuat situs web yang mengutamakan seluler. Toko Anda mudah diakses dan dapat dikunjungi secara instan menggunakan bot ritel berkat sistem AI percakapan interaktif (conversational AI platform). Pengguna sekarang dapat menavigasi melalui mobile store Anda menggunakan aplikasi perpesanan pilihan mereka untuk langsung menjelajahi produk Anda.

Pengguna lebih cenderung melakukan pembelian ketika disajikan rekomendasi produk yang relevan. Gupshup - Solusi Chatbot API terpercaya - dapat mengembangkan chatbot toko eksklusif untuk berbagai perusahaan.

Mari kita lihat beberapa contoh bagaimana AI percakapan (conversational AI) meningkatkan pengalaman pelanggan di toko online.

1. Buat Akuisisi Pelanggan Lebih Mudah

Anda dapat memulai dialog pelanggan dengan mengambil pendekatan proaktif. Chatbot interaktif dapat dengan cepat mengubah calon pembeli menjadi pembeli setia. Anda dapat menyarankan produk tergantung pada kebutuhan mereka dengan menggunakan strategi khusus.

sumber: gupshup.io
sumber: gupshup.io

2. Promosikan Pembelian untuk Meningkatkan Penjualan dari Klik

Pengguna online sering kali berlangganan atau mendaftar tanpa melakukan pembelian (hanya dengan menjelajahi situs web Anda). Chatbot Gupshup D2C telah mempermudah untuk menindaklanjuti prospek. Pengalaman pengguna yang menarik disediakan melalui saran produk yang dipersonalisasi, dukungan real time, dan harga yang memikat. Berdasarkan kebiasaan browsing pelanggan dan penawaran terbaru, Anda dapat memantau pelanggan Anda dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian.

sumber: Gupshup.io
sumber: Gupshup.io

Salah satu masalah utama untuk platform e-commerce adalah pengabaian keranjang. Pelanggan dapat diingatkan tentang produk di keranjang mereka dan dibantu dalam menyelesaikan pembelian dengan menggunakan pesan cerdas yang didukung oleh conversational AI (AI Percakapan).

3. Pastikan Fitur Pencarian Produk Mudah Digunakan

Ketika perusahaan Anda menawarkan berbagai hal secara online, pembeli dibanjiri dengan pilihan. Selain itu, untuk memilih produk yang akan dibeli, mereka harus menavigasi melalui sejumlah tautan di situs web. Pelanggan dapat menggunakan alat pemesanan berbasis chat, yang memungkinkan mereka menemukan, memilih, dan membeli barang langsung dari internet. Pelanggan dapat dengan mudah berbelanja di toko online Anda berkat chatbot WhatsApp dan bot toko yang membantu Anda mempromosikan produk Anda!

sumber: Gupshup.io
sumber: Gupshup.io

4. Balasan Cepat Mengurangi Waktu Tunggu Pelanggan

Memastikan pelanggan tidak terus menunggu adalah salah satu cara paling efisien untuk memikat mereka agar melakukan pembelian online. Komunikasi instan adalah strategi cerdas untuk menarik perhatian pembeli. Solusi AI percakapan (conversational AI) dari Gupshup - Solusi Whatsapp API terbaik - menganalisis sikap pembeli dari titik masuk melalui gateway pembayaran, menghasilkan pesan yang relevan, dan tidak menunggu pelanggan Anda mendekati Anda. Untuk berinteraksi dengan mereka, brand dapat langsung berinteraksi dengan konsumen dan menyoroti produk baru.

Sumber: Gupshup.io
Sumber: Gupshup.io

5. Tingkatkan Penjualan dengan Penawaran Khusus dan Diskon

Mempromosikan penawaran spesial harian dan penawaran langsung kepada pelanggan dapat membantu meningkatkan penjualan produk. Pelanggan dapat memilih penawaran terbatas dengan mudah berkat API perpesanan percakapan terpadu (unified conversational messaging API) dari Gupshup - Solusi Instagram API terbaik -. Setiap pelanggan menikmati kupon, rekomendasi produk, dan penawaran yang menggiurkan.

Sumber: Gupshup.io
Sumber: Gupshup.io

6. Menggabungkan Berbagai Layanan Perpesanan Agar Lebih Mudah Diakses 

Antarmuka chatbot Gupshup - Solusi SMS API terbaik - secara otomatis mengirimkan notifikasi SMS ketika pembeli mengakses chatbot toko Anda dan melakukan pembelian. Dengan bantuan satu API terpadu dari Gupshup, otentikasi dan verifikasi pengguna untuk perangkat seluler dapat diselesaikan dengan mudah. Strategi cerdas untuk mengubah satu penjualan menjadi hubungan pembeli yang berkelanjutan adalah dengan memperluas jalur kontak antara konsumen dan brand.

Sumber: Gupshup.io
Sumber: Gupshup.io

7. Tawarkan Saran Profesional

Berdasarkan preferensi mereka, konsumen Anda dapat berkonsultasi dengan tim professional Anda untuk menerima rekomendasi produk. Pengalaman yang menyenangkan dan bebas repot meningkatkan kepercayaan pelanggan dan membantu mempertahankan loyalitas mereka.

Sumber: Gupshup.io
Sumber: Gupshup.io

8. Buat Antarmuka Tunggal yang Menggabungkan Beberapa Platform Media Sosial

Media sosial dapat digunakan oleh bisnis untuk menjual produk mereka dan menarik pelanggan. Misalnya, brand dapat menggunakan Instagram untuk menjual barang dan chatbots dapat dibuat untuk melibatkan pelanggan melalui alat DM Instagram. Popularitas WhatsApp Commerce juga meningkat baru-baru ini. Gupshup (Solusi Telegram API terbaik) adalah pemimpin dalam mengembangkan solusi mutakhir yang didorong oleh AI percakapan (conversational AI) yang memanfaatkan berbagai platform, termasuk messaging API untuk Instagram dan WhatsApp Business API, Facebook Messenger API, dan lainnya.

Sumber: Gupshup.io
Sumber: Gupshup.io

Anda dapat sepenuhnya mengintegrasikan situs media sosial ke dalam toko e-commerce Anda dengan conversational AI. Toko virtual sekarang dapat didirikan tanpa situs web. Daripada menghabiskan waktu dan sumber daya yang diperlukan untuk membuat situs web brand Anda, pertimbangkan untuk memasarkan barang dagangan pada toko virtual Anda kepada pengguna seluler.

Sumber: Gupshup.io
Sumber: Gupshup.io

9. Memberikan Layanan Pelanggan Terbaik melalui Kontak Manusia

Layanan pelanggan yang cepat adalah komponen paling penting dari toko online. Selain memungkinkan konsumen melacak pesanan mereka melalui chatbot, Gupshup juga membantu Anda dalam menyediakan layanan pelanggan secara real-time. Integrasi SMS juga tersedia untuk memungkinkan pelanggan menerima pembaruan pesanan. Namun, pergantian kontrol chatbot yang mulus ke tim layanan pelanggan juga dimungkinkan tanpa memengaruhi pengalaman pelanggan secara negatif ketika bot tidak dapat menanggapi pertanyaan apa pun yang diajukan oleh pengguna.

Sumber: Gupshup.io
Sumber: Gupshup.io

10. Pelacakan Pesanan dan Penagihan Real time dengan Dukungan SMS

Sekali lagi, pertimbangan terpenting adalah memastikan konsumen tidak terus menunggu update.

Sumber: Gupshup.io
Sumber: Gupshup.io
Sumber: Gupshup.io
Sumber: Gupshup.io

11. Tingkatkan Bantuan Pasca Penjualan untuk Menumbuhkan Loyalitas Brand

Pengguna online mencari pengalaman pengguna yang positif dan tidak merepotkan. Dengan menanggapi pertanyaan pembeli dengan komunikasi real time dan menghargai komentar mereka, perusahaan Anda dapat membangun loyalitas brand.

Sumber: Gupshup.io
Sumber: Gupshup.io

Kesimpulan

Bisnis dan perusahaan saat ini harus menjual pengalaman pelanggan selain produk untuk meningkatkan loyalitas terhadap brand. Jadi, menambahkan sentuhan percakapan ke keterlibatan pelanggan sangat penting. Chatbot berteknologi AI berhasil karena membantu pembeli di seluruh alur pembelian. API perpesanan percakapan dari Gupshup (Gupshup's conversational messaging API) meningkatkan semua aspek pengalaman pelanggan, mulai dari perolehan prospek hingga bantuan pasca-penjualan. Pesan percakapan di perangkat seluler dapat membuat toko D2C Anda lebih mudah didekati dan menarik bagi pelanggan.

Untuk meningkatkan keterlibatan dan penjualan konsumen, jadwalkan demo Gupshup gratis. Sebagai alternatif, uji salah satu bot kami dengan memindai kode QR di foto-foto yang disebutkan di atas.

Sumber

Dilokalisasi dari:

11 Ways How Conversational AI Enhances CX At E-commerce Stores

Sumber Sekunder:

Empowering D2C Businesses With WhatsApp In 2022

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun