Mohon tunggu...
Agung Hermanus Riwu
Agung Hermanus Riwu Mohon Tunggu... Guru - Tenaga Pendidik

Guru SMP Katolik Giovanni Kupang

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pertemuan Yang Menginspirasi : Belajar Menuntun Seperti Gembala

2 Juli 2024   18:00 Diperbarui: 31 Juli 2024   10:20 310
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi, Belajar Menuntun Seperti Gembla. Agung Hermanus Riwu, Guru SMP Katolik Giovanni (Sumber : Pribadi)

Guru bukan jalan, tetapi penunjuk jalan. 

Penulis : AGUNG HERMANUS RIWU

Mengikuti pendidikan guru penggerak di tahun 2024 merupakan suatu tantangan baru bagi saya. Di tengah kesibukan sebagai guru di sekolah, pegiat literasi dan mengurus keluarga membuat saya harus pandai membagi waktu. Walau sulit, saya selalu berprinsip hidup harus terus berjalan dan wajib diisi dengan hal-hal yang bermanfaat. Saya juga percaya, kesempatan ini adalah penyelenggaraan Tuhan dan pastinya, berjalan bersama Tuhan adalah sebuah petualangan yang mengagumkan.

Ketika memulai proses pendidikan, saya bertemu dan berkenalan dengan Fasilitator, Pengajar Praktik, para senior guru penggerak dan sesama Calon Guru Penggerak sebagai sahabat baru. Saya memberi nama perjumpaan itu sebagai "pertemuan yang menginspirasi." Menginspirasi karena tidak hanya saling mengenal tetapi saling menguatkan dan meneguhkan karya pelayanan sebagai guru.

Jika ada yang bertanya, perasaan apa yang saat ini sedang membingkai hati dan sanubari saya ? Saya akan menggenggam tangannya, menatap matanya dalam-dalam dan bilang, "saya sangat bahagia." Alasannya sederhana, tidak ada perasaan yang lebih gembira selain bisa bergandengan tangan, berjalan bersama orang-orang hebat untuk menguatkan tugas mulia, mendidik dan mengajar anak-anak bangsa.

Luciano de Crescenzo pernah bilang, "kita masing-masing adalah malaikat bersayap satu dan bisa terbang bila saling berpelukan." Jika kita bisa membangun gotong royong dalam pelukan yang penuh persaudaraan disitulah letak kebahagiaan itu.

Dalam kolaborasi ini, saya menemukan inspirasi yang terang benderang ketika mempelajari pemikiran-pikiran Ki Hajar Dewantara. Pertama, Ki Hadjar Dewantara menjelaskan tujuan pendidikan adalah "menuntun" segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Proses menuntun dapat dilakukan dengan menerapkan tri sentra pendidikan yaitu ingarso sang tulodo, ingmadya mangun karso, tut wuri handayani. Di depan memberikan teladan, di tengah memberikan inspirasi, di belakang memberikan dorongan.

Peran guru sama seperti gembala yang menuntun kawanan ke padang hijau dan mata air. Ketika tiba di padang hijau, sang gembala harus memastikan apakah tempat itu aman bagi kawanan untuk merumput. Setelah dia memastikan bahwa tempatnya nyaman, sang gembala membiarkan kawanan menikmati santapan.

Ketika kawanan sedang merumput, seorang gembala tidak pernah memaksa kawanan harus makan ini dan itu. Atau memilih jenis rumput yang harus dikunyah. Gembala juga tidak mengatur kawanan, misalnya saat merumput harus menghadap ke arah tertentu. Gembala membawa kawanan ke padang hijau, memastikan kenyamanan tempat itu dan memberi kebebasan kepada kawanan untuk menjelajahi padang rumput. 

Tetapi apakah itu berarti tugas gembala sudah selesai ? Tidak, dia tetap berada di tengah kawanan yang sedang merumput. Biasanya, sang gembala duduk di atas batu atau menaiki punggung salah satu kawanan untuk berseruling menghibur sekaligus memantau apakah semua baik adanya.  

Tuntunan guru sebagai gembala bukan untuk menentukan masa depan anak, melainkan memberi rasa aman bagi anak untuk menemukan jalan hidupnya sendiri. Guru bukan jalan, tetapi penunjuk jalan. Dan guru harus memastikan bahwa sekolah sebagai padang yang hijau, aman bagi anak untuk menuntut ilmu dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan.

Sebagai pemberi teladan, guru harus menunjukan sikap keseharian hidup yang mencerminkan karakter berbudaya dan mengedepankan nilai-nilai pancasila. Karena keteladanan guru akan diingat oleh anak-anak. Sebagai pemberi inspirasi, guru harus mampu membangun cipta, rasa, karsa dan pekerti anak-anak lewat karya pelayanan yang mengagumkan. Dan, guru sebagai pendorong, tuntunlah anak-anak untuk mengenal dan membangun kekuatan potensi dirinya agar menjadi pribadi yang mandiri dan bermartabat.

Kedua, Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yang "Menghamba Pada Murid." Ketika mendirikan Taman Siswa pada tahun 1922, ada petikan kalimat yang menjadi inspirasi dalam proses pendidikan dan pengajaran di sana yaitu, "Bebas dari segala ikatan, dengan suci hati mendekati sang anak, tidak untuk meminta suatu hak, namun berhamba pada sang anak". 

Menghamba pada anak dimaknai sebagai rasa penghargaan guru terhadap murid yang merupakan manusia yang memiliki kodrat bawaan dari sang pencipta dan juga terlahir dari zaman yang dinamis.

Seorang guru harus memiliki rasa hormat untuk memuliakan anak dalam setiap kelebihan dan kekurangannya, sehingga tumbuh perasaan senang dan bahagia dalam diri mereka.

Anak bukan kertas kosong yang bisa digambar, ditulis atau dicoret sesuai keinginan guru. Anak lahir dengan kekuatan kodrat yang masih samar. Tujuan guru adalah menuntun anak untuk menebalkan garis kekuatan yang masih samar menjadi terang dan bercahaya, terang di dalam keimanannya kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, terang dalam keilmuan serta keterampilan, dan terang dalam cinta kasihnya terhadap sesama, yang menjadikan mereka sebagai manusia yang seutuhnya.

Oleh karena itu, setiap guru harus mengetahui secara detail kekuarangan dan kelebihan yang dimiliki anak-anak serta mampu memahami dan memenuhi kebutuhan mereka sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Sebagai Pamong, guru terpanggil untuk menjaga, membina dan mendidik anak dengan kasih sayang. Mereka tidak mencari prestasi tetapi pengakuan. Mereka tidak membutuhkan prestise tapi kasih sayang. 

Menghamba pada anak adalah memberi diri kita untuk anak. Guru ada untuk anak, bukan sebaliknya. Sama seperti Sang gembala yang tetap terjaga ketika kawanan sedang tidur di malam hari. Terkadang dia menjadikan tubuhnya sebagai pintu kandang untuk memastikan, tidak ada satu pun kawanan meninggalkan kandang. Bahkan jika ada satu kawanan yang keluar atau hilang, dia akan mencarinya sampai dapat. 

Ketiga, Kebudayaan Bagian Tak terpisahkan dari Pendidikan. Salah satu konsep Ki Hajar Dewantara yang penting adalah pendidikan menjadi tempat persemaian benih-benih kebudayaan masyarakat. Paradigma pendidikan yang hanya mengedepankan ilmu pengetahuan di atas segala-segalanya harus segera diubah, karena kebudayaan harus mendapat tempat yang proporsional dalam menajamkan adab seperti kesopanan, keramahan, dan kehalusan budi pekerti.

Itu artinya, Pendidikan harus menjadi rumah yang memelihara kebudayaan bangsa yang beragam. Sebagaimana dikatakannya, Bercoraklah kebudayaan dan kebangsaan serta tidak memihak golongan, pendidikan yang tidak bersumber dari satu agama tertentu, tetapi pendidikan yang merdeka, humanis, dan universal yang bisa merangkul semua unsur agama, keyakinan, golongan, suku dan ras. Ki Hajar Dewantara meyakini bahwa kebudayaan bangsa yang beragam, banyak terkandung nilai-nilai kehidupan yang harus terus menerus dihidupi dalam pendidikan.

Model Pendidikan berbasis karakter dan kreativitas yang berakar pada kearifan lokal daerah  mampu menjadikan anak tumbuh sebagai individu yang mandiri, memiliki karakter yang kuat, berbudaya dan siap berkontribusi pada masyarakat.

Guru dapat merancang model pembelajaran yang bermakna dengan memasukan nilai-nilai budaya dalam pembelajaran seperti kebiasaan gotong royong dalam kerja sama kelompok, atau mengangkat produk budaya seperti tenun ikat, ritual, rumah adat atau wisata budaya.  Dengan memahami akar budaya lokal, anak dapat memiliki identitas yang kuat dan menjadi agen perubahan yang menjunjung tinggi nilai-nilai sosial yang positif.

Inspirasi yang saya dapatkan dalam pembelajaran ini membantu saya untuk menguatkan langkah-langkah tugas saya sebagai guru. Inspirasi itu sukses membongkar ulang cara pandang terhadap anak dan mengisinya dengan suatu kesadaran bahwa mereka memiliki potensi bakat dan minat yang beragam.

Sebagai guru saya harus meningkatkan kualitas pembelajaran yang benar-benar berorientasi pada anak. Tujuannya adalah anak dapat memperoleh bekal ilmu, iman dan kasih yang menguatkan setiap langkah hidupnya. Oleh karena itu saya harus mampu meramu pembelajaran yang seimbang antara, ilmu pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai kebudayaan.

Akhirnya, saya mengucapkan terima kasih kepada Fasilitator, Pengajar Praktik dan semua rekan-rekan. Anda adalah orang hebat karena bisa memberi inspirasi dan menggerakan orang lain untuk berkarya. Salam.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun