Mohon tunggu...
Ayu Sri
Ayu Sri Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Apa Itu Komunikasi Kesehatan?

3 Desember 2017   15:16 Diperbarui: 3 Desember 2017   15:31 859
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

 

Hai Sobat !!! Hari ini kita akan sama sama belajar mengenai komunikasi kesehatan Chaper 3 dari BukuRichard K Thomas Chapter 3. Kita akan membahas mengenai sejarah singkat mengenai kesehatan. Cuss baca sampai selesai ya

            Pertama kita akan membahas mengenai  pelayanan kesehatan di Amerika Serikat. Terjadilah tragedi Perang dunia ke II tahun 1935-1945. Sebelum perang dunia ke II kesehatan belum dianggap penting. Akan tetapi, setelah perang dunia ke II kesehatan menjadi aspek yang penting. Pada tahun 1950 Amerika Serikat sudah berbicara mengenai penerapan kesehatan modern untuk masyarakat. Apabila ibandingkan denga konteks Indonesia, pada era 1950 Indonesia sedang mengalami krisis seperti papan, pangan, dan kesehatan. Pada tahun ini Amerika Serikat mulai menegakkan peraturan HAM bahwa kesehatan merupakan hak dari setiap orang.  Indonesia mengalami krisis karena Indonesia tidak mendapat suplai dari penjajah. Hal ini dikarenakan Indonesia baru saja melepaskan diri dari penjajahan negara barat. Dalam hal ini Indonesia mencoba mandiri dalam segala aspek dan saat itu Bangsa Indonesia sedang dalam masa adaptasi.

            Mulai membahas tahun 1960. Pada tahun 1960 an terjadi momen goldenage kesehatan di US. Hal ini dimaksudkan kesehatan mengalami peningkatan drastis seperti kesehatan mulai mendapatkan tempat di masyarakat dan mulai dianggap sebagai aspek yang sangat penting. Pemerintah Amerika Serikat mulai mengadakan penataan mengenai kesehatan dan mulai berbicara mengenai medical management dan asuaransi kesehatan. Dalam konteks Indonesia, pada tahun 1960 an masih terjadi transisi penjajahan.

            Pada tahun 1970 an, teknologi mulai masuk. Muncul beberapa isu terkait dengan kesehatan dan operasional kesehatan mengenai akses dan kesamaan atas hak untuk mendapatkan layanan kesehatan. Hal ini dikarenakan munculnya permasalahan diskriminasi ras di Amerika Serikat. Ada beberapa kelompok masyarakat yang terpinggirkan dalam sistem kesehatan di Amerika Serikat. Terutama untuk masyarakat yang memiliki ras kulit hitam. Mereka tidak mendapatkan hak untuk layanan kesehatan.

            Pada tahun 1980 an terjadi perubahan besar-besaran. Mulai didengungkan dan ditegakkan mengenai hak-hak setiap orang untuk mendapatkan layanan kesehatan. Mulai terjadi perbaikan seperti Isu-isu yang muncul pada tahun 1970 an mulai dapat ditangani sedikit demi sedikit.

            Pada taun 1990 an terjadi perubahan paradigma. Perubahan berupa medical care menjadi health care. Medical carehanya berupa layanan formal dan adanya peran penting dokter fokus pada chemical dan treatment. Health care berupa pencegahan hingga pengobatan terkait media. Jadi medical care hanya berupa pengobatan akan tetapi, health care berbicara mengenai menjaga, mencegah, dan mengobati. Peran langsung dan tidak langsung berupa mepertahankan, menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatan. Medical care hanya masalah pengobatan. Jika health care berbicara mengenai cara menjaga hingga mengobati. Jadi terjadi perubahan pemikiran menuju hal yyang lebih luas dan kompleks.

            Pada tahun 2000-2010 disebut dengan millenium health care. Hal-hal yang berhubungan dengan pengobatan mulai kehilangan eksistensinya. Model ini mulai ditinggalkan. Hal ini diKarenakan adanya gerakan konsumerisme bahwa konsumen bisa menuntut hak-hak nya, mempunya ber-gainning power untu menuntut atas pemberitahuan dan hak-hak yang harus diterima.

Organisasi Health Care

           Rumah sakit merupakan unik karena mereka berorientasi profit dan juga berorientasi pada pemberian layanan prima.

Strukture Health Care

Primary Care

            Berbicara mengenai basic health services misalnya pencegahan dan pemeriksaan. Primar care memperlibatkan orang profesional kesehatan. Primary care  dapat disebut sebagai layanan kesehatan tingkat pertama seperti puskesmas atau dokter keluarga.

Secondary Care

            Layanan kesehatan yang lebih lengkap dn lebih kompleks dari primary care. Layanan ini memiliki teknologi yang lebih mendukung dari segi perawatannya. Mulai adanya spesialisasi layanan kesehatan. Layanan kesehatan secondary care seperti Rumah sakit daerah. Contoh : Rumah sakit Condong Catur

Tersier Care

            Layanan kesehatan yang lebih baik dan lebih lengkap dibandingkan dengan primary dan secondary care. Layanan kesehatan ini merupakan rumah sakit yang memiliki fasilitas yang sangat memadai. Contoh: Rumah sakit Betesda.

Perkembangan Health care Environmental

            Terjadi perubahan saluran komunikasi, jumlah isu yang terkait isu kesehatan. Hal ini memunculkan peningkatan permintaan konsumen dan agenda publik mengenai kesehatan menjadi semakin meningkat. Hal ini mengubah model pemasaran yaitu aktivitas promosi yang tidak layak dan bahkan tidak etis. Era 1950 munculnya konsep "marketing".  

Pada tahun 1960 an, mulai meningkatnya isu mengenai PR rumah sakit. Dari hal itu muncullah pentingnya perusahaan untuk terus berhubungan dengan publik atau stakehoders. Pada tahun 1960 an mengenai medium atau saluran. Pada tahun 1960 an media elektonik untuk media pemasaran mulai muncul. Media elektronik digunakan untuk menyampaikan laporan tahunan dan publikasi.  Pada era ini komunikasi kesehatan mulai berkembang dengan baik. Rumah sakit mulai menggunakan PR. 

Pada tahun 1960 an Indonesia muncul media cetak seperti Kedulatan Rakyat, Media Partai contoh harian rakyat milik PK, Duta Mayarakat milik nahdathul ulama NU, dan lain sebagainya. Pada tahun 1970 an banyaknya sektor rumah sakit yang menginginkan profit. Hal ini juga disebabkan oleh organisasi lain untuk mengajak masyarakat. Konsep rumah sakit yang berorientai profit, managemen profesional, konsep marketing dan PR. Meningkatkannya kompetisi untuk menarik pasien agar datang dan loyal kepada RS.  

 

           

           

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun