Di dalam teori manajemen kita mengenal istilah PDCA atau Plan, Do, Check, dan Action.Â
Konsep tersebut lebih dikenal sebagai siklus PDCA yang digagas oleh Walter Shewhart dan lantas dikembangkan oleh Wiliam Edwards Deming.Â
Siklus PDCA ini merupakan dasar pijakan untuk mengelola suatu proses sehingga berjalan dengan baik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Di dalam PDCA, Plan menempati urutan pertama dan merupakan landasan awal untuk memulai suatu "perjalanan".Â
Segala hal yang berkaitan dengan upaya pencapaian tujuan atau perbaikan terus-menerus (Continuous Improvement) akan selalu dimulai dengan tahap ini. Tahap merencanakan baru kemudian hal itu akan bisa dieksekusi, dievaluasi, hingga kemudian dibuatkan tindakan perbaikan.
Tanpa adanya rencana awal, maka tahapan-tahapan selanjutnya tidak akan bisa dikerjakan dengan sebagaimana mestinya.Â
Hal tersebut sekaligus merupakan indikasi bahwa ketika tahapan awal bermasalah, maka tahap selanjutnya pun akan mengalami kondisi serupa. Sama-sama bermasalah sehingga baik buruknya hasil akhir akan sangat ditentukan oleh baik buruknya Plan yang dibuat pada awalnya.
Prinsip "Lean" dan Produktivitas
Dunia bisnis tentunya sudah cukup familiar dengan konsep lean sebagai salah satu metode yang dimaksudkan untuk mengerek produktivitas.Â
Produktivitas merupakan salah satu pilar penting yang cukup menentukan kondisi bisnis apakah menjadi sesuatu yang menguntungkan atau sebaliknya. Sehingga dengan penerapan metode tersebut, diharapkan akan mampu mendeteksi untuk kemudian menghilangkan hal-hal yang mengganggu produktivitas tersebut.