Melihat Blog Competition: Kirim Tugas di Kompasiana. Jadi, aku berfikir lebih baik tugas kuliah yang diberikan dosenku baru-baru ini kukirimkan disini aja. Masalahnya ini tugas kelompok sih, aku bingung ini bisa dimasukkan dalam kompetisi ini atau tidak, walaupun teman-temanku bilang masukkan aja toh kamu juga sering nulis hitung-hitung bisa jadi pembelajaran orang-orang. Oke, baiklah aku masukkan. Selamat Membaca...
PROPOSAL KEWIRAUSAHAAN
“ POTATO CHEESE AND CHOCOLATE BALLS”
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami haturkan kepada Allah SWT, yang mana telah memberikan banyak nikmat serta karunia-Nya kepada kami semua, sehingga kami bisa membuat suatu gagasan usaha yang insha Allah akan bermanfaat bagi pemilik usaha, investor, dan masyarakat pada umumya. Khususnya kepada Ibu Noor Riefma Hidayah, S.E., M.Sc. selaku dosen bisnis dan kewirausahaan yang telah memberikan tugas dalam pembuatan proposal usaha ini. Kami memperkenalkan suatu produk yang bernama POTASEKBAL atau POTATO CHEESE AND CHOCOLATE BALLS yang bergerak dibidang kuliner yang dibuat dari bahan-bahan fresh dan berkualitas serta dengan proses pembuatan yang higenis pula. Dengan sangat di perhatikan dan di perhitungkan kandungan yang ada didalamnya yang benar sesuai. Pada proses penyusunan tugas ini, penulis sadar bahwa masih banyak kelemahan dan kekurangan. Untuk itu kami kelompok 6 memohon maaf atas kelemahan dan kekurangan tersebut.
Akhir kata kami ucapkan banyak terima kasih.
DAFTAR ISI
Sampul..................................................................................................................................
Kata Pengantar....................................................................................................................
Dafta Isi................................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN...................................................................................................
Latar Belakang..........................................................................................................
Tujuan Usaha ............................................................................................................
BAB II KAJIAN TEORI....................................................................................................
Gambaran Objek Usaha.............................................................................................
Profil Usaha...............................................................................................................
Visi dan Misi Usaha..................................................................................................
Analisis Peluang Usaha.............................................................................................
Analisis SWOT..........................................................................................................
Marketing Mix...........................................................................................................
BAB III MANAJEMEN PRODUKSI..............................................................................
Proses Produksi.........................................................................................................
Alat, Bahan dan Perlengkapan
Cara Membuat
BAB IV ANGGARAN BIAYA...........................................................................................
Biaya modal...............................................................................................................
Penentuan Harga Jual................................................................................................
Perhitungan Laba Rugi..............................................................................................
Estimasi Laba Per Bulan............................................................................................
BAB V PENUTUP..............................................................................................................
Kesimpulan................................................................................................................
Saran..........................................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang lebih menyukai makanan siap saji dengan rasa yang enak dan harga relatif murah, namun kualitas tetap terjamin. Untuk memenuhi permintaan masyarakat tersebut harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang sifat nya kreatif, inovatif dan memiliki daya saing yang tinggi, sehingga dapat menarik perhatian masyarakat untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Salah satu makanan cemilan siap saji adalah “Potato Cheese and Chocolate Balls”. Potato atau kentang adalah makanan dari indonesia yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Dulu kentang di kenal sebagai makanan yang dicampur di sup, namun sekarang kentang atau potato dapat dinikmati oleh semua kalangan. Oleh karena itu, ini dapat menjadi peluang usaha bagi kami untuk menjual “Potato Cheese and chocolate Balls” yang enak namun dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan.
Potato adalah inovasi dari kentang yang ditambahkan cheese atau keju dan coklat yang akan menambah rasa nikmat saat dimakan. Dalam memulai usaha, yang pertama kali harus diketahui adalah peluang pasar dan cara menarik minat para konsumen. Peluang pasar yang hendak kita capai dalam bisnis dan bagaimana cara memperoleh order tersebut. Yang kedua adalah kita harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing dan kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan, dan kualitas harus ditingkatkan. Jangan lupa harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi
Agar usaha ini dikenal masyarakat, tentu saja harus dilakukan promosi, baik dengan cara menyebarkan brosur, memasang iklan di media cetak/elektronik, memasang spanduk ataupun promosi dari mulut ke mulut. Promosi ini dilakukan dengan tujuan untuk menarik minat calon pembeli atas produk yang ditawarkan.
Tujuan Usaha
Untuk mewujudkan visi dan misi kami yaitu berwirausaha. Memperoleh keuntungan usaha, menambah penghasilan yang kelak dapat bermanfaat dan menarik minat konsumen untuk merasakan produk yang kami buat, agar mencapai target penjualan. Dan dapat membuka lapangan kerja baru bagi mahasiswa yang memiliki waktu luang.
BAB II
KAJIAN TEORI
Gambaran Objek Usaha
Produk yang kami produksi adalah potato cheese and chocolate yang dibuat dengan bahan-bahan yang fresh dan berkualitas dengan proses pembuatan yang higenis pula. POTASEKBAL merupakan singakatan dari Potato Cheese and Chocolate Balls. Menu yang kami sajikan sangat di perhitungakan dan diperhatikan. Produk ini dibuat untuk mereka yang ingin makan atau ngemil tapi tidak memiliki waktu luang untuk membuatnya.
Kegiatan bisnis ini berjalan di bidang kuliner yang tujuannya ingin membuat masyarakat yang tidak terlalu suka kentang di bikin begitu saja tetapi dengan adanya produk ini dibuat dengan rasa enak. Tentunya menggunakan bahan yang berkualitas dan pengolahan yang bersih dan higenis juga dan mengandung gizi. Nama yang digunakan adalah POTASEKBAL agar mudah diingat masyarakaat dan di kenal oleh semua orang khusunya target konsumen. Dengan moto : “Nikmat Lezat dan Sehat”
Profil Usaha
Nama : Potasekbal
Jenis Usaha : Produksi Makanan
Alamat : Jl. ponegoro
Intagram :
Fecebook :
Wa :
Visi dan Misi
Visi
Menjadikan potato cheese and chocolate balls sebagai cemilan berkualitas dan dapat di nikmati oleh semua kalangan masyarakat, dan termaksud salah satu kuliner yang sukses di kota palu dengan omset yang tinggi sehingga dapat membuka cabang yang lebih banyak lagi dan tersebar di seluruh wilayah kota palu.
Misi
Menyajikan potato cheese and chocolate balls dengan menjaga kualitas yang baik dan penampilan yang mewah namun menarik dan murah, dan dengan promosi yang lebih menarik serta memuaskan konsumen.
Analisis Peluang Usaha
Target segmentasi pasar pada saat ini adalah mahasiswa dan masyarkat serta anak-anak yang ada di Jl.ponegoro dan sekitarnya. Apabila nantinya usaha ini sukses saya akan memperluas atau membuka cabang yang lebih banyak lagi.
Analisis SWOT
Strength (kekuatan)
Strength ialah kekuatan yang mana didalam produknya apa yang mencolok sehingga dapat mengukur kemampuan dan potensi yang ada pada produk.
Kandungan gizi dalam Potato cheese dan chocolate balls ini sangat banyak.
Potato cheese dan chocolate balls ini sangat enak dan memberikan sensasi kenikmatan yang tersendiri.
Harga potato cheese dan chocolate balls ini sangat terjangkau.
Kualitas dan kesegaran bahan potato cheese dan chocolate balls sangat tinggi
Weakness (kelemahan)
Weakness ialah kelemahan, kita harus melihat kelemahannya di mana agar kita bisa meminimalkan kekurangannya dengan cara memperbaiki. Kami dapat melihat kelemahan produk ini ialah :
Produknya mudah di tiru oleh orang lain
Harga bahan yang tidak menentuh bahkan cenderung naik
Modal terbatas
Produk tidak bertahan lama dan harus segera di konsumsi
Opportunity (peluang)
Opportunity adalah peluang, kita sebagai pembisnis harus pintar melihat peluang bisnis yang ada dengan cara kreatifitas. Kami melihat peluang yang muncul ialah :
Pemasaran yang baik dan efektif
Tempat strategis sekali
Makanan ini hits dan banyak yang menyukai
Peluang pasar besar karna belum banyak pesaing-pesaing
Thart (ancaman)
Thart ialah ancaman, yang mana banyaknya ancaman dari sekeliling kita. Kami memperkirakan ancaman akan muncul :
Adanya pesaing.
Menjual produk yang sama dan harga lebih murah.
Peluang pasar menurun karna adanya pesaing.
Munculnya produk baru dan kualitas yang lebih baik.
Marketing MIX
Product (produk)
Kata produk dari Bahasa inggris product yang berarti “sesuatu yang di produk oleh tenaga kerja atau sejenisnya” dan pengertian produk ialah sesuatu yang dapat di tawarkan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan. Produk yang kami buat ini “Potato Cheese And Chocolate Balls”. Potato cheese and chocolate balls ini merupakan makanan kekinian dan sangat enak, banyak mengandung gizi dan di gemari oleh semua kalangan dari anak -anaksampai orang dewasa.
Price (harga)
Price adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan dan diterima penjual. Harga merupakan unsur pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi usaha. Harga yang kami tetapkan dalam usaha kami cukup terjangkau ialah sebesar Rp.13.000 per porsi.
Place (tempat)
Tempa usaha adalah di mana tempat yang kita gunakan untuk perdagangan seperti, industri, produksi, usaha jasa dan lain-lain. Usaha kami di tempatkan di sekitaran kampus IAIN PALU.
Promotion (promosi)
Promosi ialah untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa kepada konsumen atau pembeli atau yang mengkonsumsinya. Kami mempromosikan usaha atau jualan kami dengan cara langsung dan online juga, karna saat ini banyak sekali yang menggunakan media sosial dari anak muda sampai orang dewasa.
BAB III
MANAJEMEN PRODUKSI
Proses Produksi
Dalam membangun sebuah usaha, kita pasti harus melewati proses produksi. Dimana proses produksi yang dilakukan adalah:
Menentukan bahan bak dengan memerlukan survey ke beberapa supplier dengan mencari harga terbaik.
Proses produksi dilakukan dengan berbagai rangkaian kegiatan dimana mengedepankan asas higenis untuk menciptakan kepercayaan terhadap konsumen akan produk yang dibuat
Menyusun laporan keungan, dimana tahapan ini dilakukan guna untuk membuata sistem manajemen yang baik dalam sebuah kegiaan usaha. Kami percaya jika penanganan keuangan di susun secara baik maka semua kegiatan produksi akan berjalan seseuai atau lancar dan maksimal.
Alat, Bahan dan Perlengkapan
Alat : Kompor gas, Gas, Baskom, Spatula, Sendok, saringan minyak, Pisau, Wajan, dan Panci.
Bahan
Bahan kulit :
Kentang 1 kg
Tepung terigu 1/2 kg
Tepung panir 1/2 kg
Gula 1/2 kg
Garam dan air secukupnya
Bahan pelapis :
Tepung terigu 1/2 kg
Telur 3 butir
Tepung panir 1/2 kg
Isian :
Keju 1 dus
Coklat batang 1 bungkus
Perlengkapan :
Kotak dos
Kertas nasi
Tusuk sate
Cara membuat
Kupas kentang dan cuci bersih, lalu masukkan kentang kedalam panci dan rebus sampai lembek. Setelah itu, lumutkan kentang menggunakan sendok dan campur dengan bahan kulit lainnya seperti tepung terigu, tepung panir, gula, garam dan air secukupnya.
Adonan buat menjadi bola-bola, lalu isi dengan keju atau coklat. Setelah itu, lapisin bola-bola tadi dengan terigu, telur dan tepung panir. Lakukan berulang-ulang hingga adonan habis.
Panaskan minyak di wajan dengan api kecil dan goreng adonan bola-bola hingga berwarna keemasan/kecoklatan.
Angkat dan tiriskan bola-bola.
BAB IV
ANGGARAN BIAYA
Biaya modal
Biaya adalah salah satu faktor yang paling penting dalam menyusun suatu usaha bisnis. Maka akan membuat laporan keuangan atau biaya yang dikeluarkan dalam membangun usaha ini.
Tabel 1
Perlengkapan
No
Bahan Baku
Jumlah Barang
Harga Satuan
Total Harga
1
Kotak Dus
2 lusin
22.000
44.000
2
Kertas Nasi
4 Rol
2.000
8.000
3
Tusuk sate
1 Bungkus
12.000
12.000
4
Plastik
2 pak
2.500
5.000
5
Gas 3 kg
1 Buah
18.000
18.000
Jumlah
Rp. 87.000
Tabel 2
Bahan Baku
No
Bahan Baku
Jumlah Barang
Harga Satuan
Total Harga
1
Kentang
1 kg
18.000
18.000
2
Tepung Terigu
1 kg
7.500
7.500
3
Garam
Secukupnya
1.500
1.500
4
Telur
3 Butir
2.000
6.000
5
Keju
1 Dos
10.000
10.000
6
Coklat Batang
1 Bungkus
15.000
15.000
7
Tepung Panir
1 kg
24.000
24.000
8
Gula
1/2 kg
10.000
10.000
9
Minyak
1 Liter
15.000
15.000
Jumlah
Rp. 107.000
Modal yang dikeluarkan dalam sekali produksi ialah Rp. 194.000
Total biaya = Rp. 87.000 + Rp. 107.000 = Rp. 194.000. Jadi, total pengeluaran dalam sekali produksi adalah Rp. 194.000,.
Penentuan Harga Jual
Dalam sekali produksi bisa menghasilkan 100 buah Potato Cheese dan Chocolate Balls. Tiap-tiap dos berisi 4 buah Potato Cheese dan Chocolate Balls sehingga sekali produksi akan mendapatkan 25 dos dengan harga tiap dosnya adalah Rp. 13.000.
Perhitungan Laba dan Rugi
Laba = (hasil produksi x harga jual ) - modal
= (25 dos x Rp. 13.000) – Rp. 194.000
= Rp. 325.000 – Rp. 194.000
= Rp. 131.000
Jadi, presentase laba bersih = Laba/modal x 100%
= Rp. 131.000/Rp. 194.000 x 100%
= 67,52%
Estimasi Laba Per Bulan
Hari efektif produksi 24 hari
Penghasilan produksi/hari Rp. 131.000
Penghasilan produksi/bulan = 24 x Rp. 131.000 = Rp. 3.144.000
Laba bersih/bulan = penghasilan produksi/bln – biaya operasional/bln
= Rp. 3.144.000 – (24 x Rp. 20.000)
= Rp. 3. 144.000 – 480.000
= Rp. 2. 664.000
BAB V
KESIMPULAN
Kesimpulan
Usaha makanan olahan kentang ini adalah salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk kedepannya. Apalagi sekarang ini ditengah pandemi masyarakat banyak melakukan aktivitas dirumah, maka cemilan ini sangat cocok menemani aktivitas serta sulit untuk mencari pekerjaan, sehingga peluang usaha ini sangat baik jika kita tekuni dan kembangkan lagi tergantung dari seberapa besar modal yang kita miliki.
Saran
Kami menyadari bahwa proposal ini jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun demi penyempurnaan proposal ini. Demikian proposal ini kami buat, semoga kegiatan usaha ini dapat berjalan dengan baik dan kami berharap dalam mengembangkan kreatifitas bisa bermanfaat bagi kami sendiri khususnya dan masyarakat umumnya. Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu dalam penyusunan proposal ini sehingga dapat terselesaikan dengan baik dan tepat pada waktunya, sekian terimakasih.
Oh iya, Gambar diatas kita gambar sendiri yah dan tugas ini sudah mendapat izin dari teman-teman saya untuk dikirim disini dan mengingat saya juga ketua kelompoknya. Semoga tugas ini bisa dijadikan referensi bagi teman-teman yang punya tugas serupa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H