Wawancara bubur kacang hijau
A.Nama pemilik: siti hayatiÂ
 Alamat: kp.janur
 Nomor HP Pemilik: 083075284508
B.Nama UMKM : bubur kacang mba yati
C.Jenis usaha : bubur kacang
D.Sejarah berdirinya usaha :
 awal berdiri usaha ini sejak tahun 2021 setiap usaha memiliki kisahnya sendiri, saya memutuskan membuka usaha  karena di jaman sekarang ini untuk mencari pekerjaan sangat sulit, dan akhirnya saya membuka usaha bubur kacang ijo. Tujuan mendirikan usaha ini tentunya untuk mecari penghasilan dan pendapatan tambahan  utama dari usaha ini.
E.Berbagai Upaya mempersiapkan usaha bisnis yang dilakukan mulai dari persiapan awal:
modal awal untuk membangun usaha ini sekitar 7 juta untuk keperluan seperti gerobak, dan bahan baku serta harus melakukan promosi di media sosial seperti facebook, istagram, dan karyawan atau penjual harus ramah agar pelanggan tertarik jika si penjualnya ramah. Â
F.Proses produksi
 1. cuci bersih kacang hijau
 2. rendam kacang hijau selama satu jam, lalu rebu di air sekitar 30 menit
3. rebus air di panci terpisah, masukan gula merah, gula pasir, daun pandan, jahe dan sedikit garam. Masak hingga mendidih dan gula larut.
4. saring air gula lalu campurkan ke kacang hijau yang sedang di rebus
5. masukan santan
6. aduk sampai merata dan matangÂ
G.Strategi mendapatkan bahan baku
untuk mendapatkan bahan baku bubur kacang ijo tentu sangat mudah untuk di dapatkan saat pergi ke pasar dan pastikan bahan baku yang anda beli memiliki harga yang terjangkau dan berkualitas .Â
H.Strategi meningkatkan kualitas produk
memberikan varian rasa dan produk baru yang menarik dan membuat merk yang kuat akan membuat usaha bubur kacang hijau mudah di kenal oleh masyrakat.
I.Strategi mengembangkan pasar (Alamat online /IG/Twiter/Tiktok/FB dll)
mempromosikan melalui media sosial seperti faccebok, istagram, whatshap dengan cara memposting poto atau video yang menarik .
J.Strategi meningkatkan kualitas layanan
Melalu menjaga kebersihan di tempat karena kebersihan adalah paling utama agar pelangga merasa nyaman dan menggunakan bahan- bahan baku yang berkualitas.
K.Strategi meningkatkan loyalitas pelanggan
Memberikan pelayanan yang terbaik dan diadakan bonus untuk pelanggan yang setia dan sering membeli bubur kacang hijau di lahan kami.
L.Strategi mendapatkan sumber daya manusia handal
Jika usaha bubur kacang hijau berkembang dengan baik, strategi untuk memperkerjakan karyawan yaitu dengan cara memilih yang mempunyai ketertarikan di dunia makanan, ramah dan sabar. Tetapi untuk saat ini usaha seblak di jalankan sendiri karena masih belum membutuhkan karyawan.
M.Strategi meningkatkan kompetensi SDM
pemilik usaha dianjurkan untuk mengikuti seminar-seminar yang membahas enterpreneuship dan selalu melihat perkembangannya. Serta berkolaborasi dengan usaha lainnya.
N.Jenis-jenis peralatanÂ
 kompor gas,panci, wadah, seendok, mangkuk saji
O.Jenis-jenis bahanÂ
 1. kacang hijau
 2. santan
 3. air
 4. jahe
 5. daun pandan
 6. Gula merah
 7. garam
P.Perijinan
karena penjual hanya membutuhkan lapak beberapa meter saja jadi mungkin tinggal izin ke pemilik tempat untuk menyewa lahan untuk gerobak.
Q.Jumlah pendapatan kotor perhari/perbulan
 jumlah pendapatan kotor perbulan: Rp. 4.500.000
R.Jumlah pendapatan bersihÂ
 jumlah pendapatan bersih: Rp. 3.850.000
S.Strategi mengembalikan modal usaha yang diinfestasikan.Â
 1. harus konsisten berjualan
 2. catat pengeluaran dan pemasukan
 3. sering mempromosikan di media sosialÂ
T.Berbagai kendala yang terjadi
 1. banyak saingan
 2. terkadang omset penjualan berkurang
U.Strategi mengatasi kendala:
meningkatkan strategi promosi produk bubur kacang hijau dengan menarik agar peminat semakin banyak.
V.Lampirkan foto-foto kondisi usaha, pemilik, pekerja, suasana usaha
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H