Mohon tunggu...
Aeni Nur aeni
Aeni Nur aeni Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobbi Tiktokan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Proposal Perencanaan Bisnis: "Cimol Mozarella Crispy"

13 Desember 2023   09:38 Diperbarui: 14 Desember 2023   12:20 463
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Di masa sekarang ini dimana masyarakat kita sudah sangat kritis terhadap mutu makanan yang sehat terutama makanan yang bersifat cemilan atau jajanan ringan. Terlebih di dalam kebiasaan masyarakat yang dimana saat mengerjakan suatu pekerjaan atau aktivitas, hobi atau bahkan saat waktu istirahat pun biasanya tidak terpisahkan dari yang namanya cemilan atau jajanan ringanyang biasa dibeli dalam bentuk kemasan dari berbagai toko-toko, retail, supermarket atau bahkan dari stand atau kios yang sering berada di pinggir jalan. Untuk itu kami bermaksud untuk membuat satu macam cemilan yang berbahan dasar dari tepung aci yang aman untuk dikonsumsi karena higienis dan bersih dalam proses produksi serta tentu saja harus berharga terjangkau olehmasyarakat pada umumnya.

Dengan uraian diatas kami memutuskan untuk membuat usaha dengan berbahan dasar cimol yang bisa diperjual belikan dalam kemasan agar lebih praktis dengan harga yang ekonomis. Selain itu karena cimol adalah makanan yang di gemari oleh sebagian besar masyarakat dan juga kami sendiri sudah tau rasa seperti apa yang akan kami buat. Maka dari itu kami membuat olahan ini yang berbentuk gorengan dengan tambahan rasa-rasa yang kekinian dan juga ditambahkan dengan taburan bumbu sesuai rasa yang kami tawarkan agar para penikmat produk kami dapat merasakan hal baru dari produk kami.

1.2 Visi Misi dan Tujuan

A. Visi

Menciptakan sebuahmerk dagangyang kompetitif dengan mutu kualitas yang terbaik.

B. Misi

Memberikan hasil produksidengan mutu yang terbaik kepada konsumen

C. Tujuan

Memperoleh keuntunganyang besar dariusaha produksi ini serta menambah pengalaman serta ilmu kewirausahaan yang maju

1.2 Strategi dan analisis SWOT

- Analisa SWOT

Adapunan alisa SWOT terhadap peluang bisnis ini adalah :

- Strength

  • Mempunyai rasa yang enak , gurih dan banyak varian rasa
  •  Terbuat dari bahan baku yang berkualitas dan sehat
  • Mempunyai kemasan yang kuat , bersih dan mudah untuk dibawa-bawa
  •  Mempunyai harga jual yang terjangkau
  • Peminat di semua kalangan usia

- Weakness

  • Mempunyai produsen yang memiliki jenis produksi yang sama
  • Tingkat gelombang dari harga bahan baku produksi yang bisa berubah-ubah
  •  Tidak tahan lama
  • Pencetakan butuh waktu yang lama

- Opportunities

  • Semua lapisan konsumen menyukai cemilan terutama yang berbahan baku tepung aci
  •  Menargetkan konsumen yang butuh cemilan praktis untuk kegiatan yang mobile
  • Konsumen suka dengan cemilan yang berharga terjangkau
  •  Jajanan jadul yang di modernisasikan
  •  Bisa dikemas dalam frozen food

- Threats

Dikarenakan hampir semua konsumen sangat menyukai cemilan maka faktor kompetisi dengan sesama produsen cemilan pun menjadi sangat sengit sehingga bila kita sampai lengah dengan kualitas dan besaran hargajual maka sangat mungkin produk kita bisa disalip dan kalah bersaing.Oleh karena itu hendaknya mutu sangat dikontrol dan diperhatikan serta dalam hal penghitungan besaran rasio profit hendaknya jangan terlalu mengambil jumlah yang besar karena lebih baik profit sedikit tapi barang laku banyak daripada profit besar tapi barang laku sedikit.

- Strategi Pemasaran

Beberapa strategi pemasaranyang kami lakukan adalah :

1. Publikasi berupapembuatan akun khusus untuk usaha kami

2. Penyebaran informasi tentang produk ini melalui mekanisme dari mulut ke mulut ataumenggunakan media sosial seperti whasappuntuk memperkuat dan memperkenalkanbrand kami.

1.3 DESKRIPSI USAHA

Uraikan tentang: 

- Nama perusahaan danjelaskan arti nama tersebut: Cimolerss, memiliki arti yakni usaha yang sedang kami rintis bersama sama mulai dari nol dengan mengembangkan makanan yang sudah ada dengan variasi yang lebih modern lagi. 

- Bidang Usaha : Bidang kuliner menjalankan usaha makanan ringan cimol dengan isian sosis dan keju mozzarella. 

- nama produk : Dapur Cimolerss 

- Lokasi Usaha : stadio maulana yusuf

- Kegunaan , keunggulan, keunikan,atau inovasi produk : produk kami memiliki keunggulan dimana rasa yang dijamin nikmat serta sehat dan mengandung banyak gizi. Selaian itu produk kami dapat dijadikan makanan sandingan untuk minum teh atau kopi dalam acara kumpul kumpul atau begadang. Inovasi dari produk kami adalah selain dengan berbagai varian rasa kami juga menambahkan semacam saus untuk produk kami agar pelanggan kami bisa menikmati rasa yang berbeda. Dan juga kami berinovasi dengan kemasan yang unik.

- Waktu (untuk satu siklus usaha) : waktu kami selama 2 Minggu an dimulai saat pertengahan oktober sampai akhir November dimana dengan siklus 2-3 kali produksi dan pemasaran.

- Dampak usahaterhadap lingkungan (ekonomi , sosial, dan budaya serta lingkungan Alam) .: dengan usaha kami diharapka dari segi ekonomi kami bisa mendapatkan tambahan uang saku dan bisa membantu para mahasiswa yang ingin jajan yang sehat dan ekonomis. 

- Risiko Bisnis dan Pengelolaannya : resiko dari bisnis ini adalah kegagalan dalam pembuatan produk selain itu rasa yang kurang sesuai dengan yang kami harapkan dan juga resiko terburuk adalah kalah saing dengan produk serupa.

1.3 RENCANA PEMASARAN

- Target konsumen : Mahasiswa danuser dari media sosial tempat kami mempromosikan produk 

- Wilayah pemasaran : Kota serang

- Situasi Persaingan : Karna sudah banyak yang membuat produk serupa, kami berusaha untuk membuat produk kami dengan inovasi baru agar bisa bersaing.

- Jumlah dan harga produk :

- Media promosi yang dipilih : Media yangkami gunakan adalah dengan menggunakanmedia sosial, dengan promosi yang dilakukanoleh anggota dari kelompok dan juga meminta bantuan dari teman teman untuk mempromosikan.

1.4 RENCANA PRODUKSI

- Bahan baku :

No          Nama Bahan       Jumlah kebutuhan

1.              Tepung aci                      1 kg

2.                   Air                                 1 gelas

3.                Sosis                                1 pack

4.            Keju mozarella               500 gram

5.            Minyak Goreng               2 liter

6.            Bawang Putih                 10 gram

7.            Telur                                    2 butir

8.            Saus Sambal                     1 kg

9.            Saus Tomat                       1 kg

10.         Mayonnaise                       1 kg

11.           Garam                                 500 gr

12.         Merica                                  500 gr


 Alat/teknologi :

No .      Nama alat           Jumlah kebutuhan

1.           Gas                                 1 unit

2.          Kompor                        1 unit

3.           Wajan                           2 unit

4.          Piring                             1 lusin

5.          Pisau                              3 buah

6.          Talenan                        2 buah

7.          Tissue                            3 pack

8.          Saringan                      3 buah

9.          Sterofoam                   1 unit

10.        Plastic klip                  2 pack

11.         Kantongplastik         2 pack

12.         Stepler                          1 buah

13.         Kertas nasi                  1 bungkus


Proses produksi :

- Haluskan bawang putih kemudian masukkan ke dalam panci berisi air Rebus hingga mendidih.

- Tuangkan tepung tapioka dan tepung serbguna ke dalam wadah dengan perbandingan 5:1 .

- Beri garam,lada dan kaldu sesuai selera.

- Masukkan air dan bawang putih yang sudah dimasak sedikit demi sedikit sambil diaduk rata sampai adonan tidak lengket.

- Ambil sedikit adonan kemudian pipihkan dan masukkan keju mozarella. Bulatkan hingga mozarella tertutup

- Siapkan minyak goreng dalam wajan dan panaskan.

- Masukkan adonan dan masak hingga matang .

- Letakkan dalam piring kemudian taburkanbumbu dan cabe bubuk.

a.Peralatan dan investasi (biaya atas alat –alat produksi yang dibutuhkan ).

Material               Jumlah               Harga satuan            Jumlah

Gas                          1 unit                 Rp. 125.000                  Rp. 125.000

kompor                 1 unit                 Rp. 450.000                 Rp. 450.000

Wajan                    2 unit                 Rp. 100.000                 Rp. 200.000

Piring                    1 lusin                Rp. 45.000                   Rp.45.000

Pisau                     3 buah                Rp.25.000                    Rp. 25.000

Talenan               2 buah                Rp. 20.000                   Rp. 40.000

Tissue                   3 pack                Rp. 5.000                      Rp. 15.000

Saringan              3 buah               Rp. 15.000                    Rp. 45.000

 Sterofoam          1 unit                 Rp. 30.000                   Rp. 30.000

Plastic klip          2 pack               Rp. 8.000                      Rp. 16.000

Kantong plastic 2 pack              Rp. 10.000                    Rp. 20.000

Stapler                   1 buah              Rp. 29.000                   Rp. 29.000

Kertas nasi.          1 bungkus      Rp. 25.000                   Rp. 25.000

                                                             TOTAL                        Rp. 1.065.000


b. biaya variabel (biaya atas bahan bahan untuk kegiatan produksi )

Nama bahan           Jumlah            Harga satuan                Jumlah


Tepung aci                2 kg                 Rp. 12.000                    Rp. 24.000

Air                                 1 gelas            Rp. 5.00                        Rp. 5.00

Sosis                             1pack              Rp. 1.000                      Rp. 22.000

Telur ayam                10pcs              Rp. 1.500                       Rp. 15.000

Bawang Putih           1 pak               Rp. 1.000                       Rp. 10.000

Keju mozarella        500 gram      Rp. 140.000                 Rp. 70.000

Minyak goreng       2 liter              Rp.25.000                     Rp. 25.000

Saus sambal             1 kg                  Rp. 25.000                    Rp. 25.000

Saus tomat                1kg                   Rp. 18.000                    Rp.18.000

mayonaise                 1 kg                  Rp.30.000                    Rp. 30.000

Garam                         500 gr             Rp. 6.000                      Rp. 3.000

Merica                         500 gr             Rp.10.000                     Rp. 5.000

                                                                 TOTAL                         Rp. 257.000


C.Jumlah Total

Jumlah total keseluruhan pengeluaran dari data diatas yaitu:

Uraian                                                                 jumlah (Rp)

Biaya bahan baku                                          Rp.257.000

Biaya peralatan dan perlengkapan        Rp. 1.065.000

Biaya promosi                                                 Rp. 25.000

Jumlah                                                                Rp. 1.347.000


  • RENCANA PENDAPATAN   (LABA RUGI)

Berikut adalah rencana laba rugi dalam satu hari :

No .           Nama produk                                  Harga jual

1 .               Cimolers (mozzarella)               Rp. 10.000,-/6 pcs

2 .              Cimolers(sosis)                             Rp. 10.000,-/6pcs

PENJUALAN BERSIH                                     Rp. 450.000


 Pendapatan penjualan

1. Cimolers (moza) = Rp.10.000x25 pack

2. Cimolers (sosis) = Rp.10.000x25 pack

HARGA POKOK PENJUALAN  =RP. 257.000

LABA KOTOR                                 =RP. 450.000

HARGA POKOK                            = Rp. 257.000


LABAR KOTOR/HARI=Rp. 193.000


LABA BERSIH              =RP. 118.000,

PENAPATAN PER BULAN = Rp. 3.540.000


PENUTUP

Cimol sebagai makanan yang memiliki rasa gurih yang dikerasikan dengan tambahan isi keju didalamnya, diberi taburan bumbu dan dikemas dengan menarik yang tentu saja akan diminati oleh semua kalangan. Bisnis yang akan kami jalani bisa menjadi bisnis yang terkenal hingga luar daerah, jika kami serius dan tekun menjalaninya. Kita tidak bisa dalam memulai bisnis secara setengahtengah, meskipun usaha tersebut berupa usaha sampingan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun