BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Di masa sekarang ini dimana masyarakat kita sudah sangat kritis terhadap mutu makanan yang sehat terutama makanan yang bersifat cemilan atau jajanan ringan. Terlebih di dalam kebiasaan masyarakat yang dimana saat mengerjakan suatu pekerjaan atau aktivitas, hobi atau bahkan saat waktu istirahat pun biasanya tidak terpisahkan dari yang namanya cemilan atau jajanan ringanyang biasa dibeli dalam bentuk kemasan dari berbagai toko-toko, retail, supermarket atau bahkan dari stand atau kios yang sering berada di pinggir jalan. Untuk itu kami bermaksud untuk membuat satu macam cemilan yang berbahan dasar dari tepung aci yang aman untuk dikonsumsi karena higienis dan bersih dalam proses produksi serta tentu saja harus berharga terjangkau olehmasyarakat pada umumnya.
Dengan uraian diatas kami memutuskan untuk membuat usaha dengan berbahan dasar cimol yang bisa diperjual belikan dalam kemasan agar lebih praktis dengan harga yang ekonomis. Selain itu karena cimol adalah makanan yang di gemari oleh sebagian besar masyarakat dan juga kami sendiri sudah tau rasa seperti apa yang akan kami buat. Maka dari itu kami membuat olahan ini yang berbentuk gorengan dengan tambahan rasa-rasa yang kekinian dan juga ditambahkan dengan taburan bumbu sesuai rasa yang kami tawarkan agar para penikmat produk kami dapat merasakan hal baru dari produk kami.
1.2 Visi Misi dan Tujuan
A. Visi
Menciptakan sebuahmerk dagangyang kompetitif dengan mutu kualitas yang terbaik.
B. Misi
Memberikan hasil produksidengan mutu yang terbaik kepada konsumen
C. Tujuan
Memperoleh keuntunganyang besar dariusaha produksi ini serta menambah pengalaman serta ilmu kewirausahaan yang maju
1.2 Strategi dan analisis SWOT
- Analisa SWOT
Adapunan alisa SWOT terhadap peluang bisnis ini adalah :
- Strength
- Mempunyai rasa yang enak , gurih dan banyak varian rasa
- Â Terbuat dari bahan baku yang berkualitas dan sehat
- Mempunyai kemasan yang kuat , bersih dan mudah untuk dibawa-bawa
- Â Mempunyai harga jual yang terjangkau
- Peminat di semua kalangan usia
- Weakness
- Mempunyai produsen yang memiliki jenis produksi yang sama
- Tingkat gelombang dari harga bahan baku produksi yang bisa berubah-ubah
- Â Tidak tahan lama
- Pencetakan butuh waktu yang lama
- Opportunities
- Semua lapisan konsumen menyukai cemilan terutama yang berbahan baku tepung aci
- Â Menargetkan konsumen yang butuh cemilan praktis untuk kegiatan yang mobile
- Konsumen suka dengan cemilan yang berharga terjangkau
- Â Jajanan jadul yang di modernisasikan
- Â Bisa dikemas dalam frozen food
- Threats
Dikarenakan hampir semua konsumen sangat menyukai cemilan maka faktor kompetisi dengan sesama produsen cemilan pun menjadi sangat sengit sehingga bila kita sampai lengah dengan kualitas dan besaran hargajual maka sangat mungkin produk kita bisa disalip dan kalah bersaing.Oleh karena itu hendaknya mutu sangat dikontrol dan diperhatikan serta dalam hal penghitungan besaran rasio profit hendaknya jangan terlalu mengambil jumlah yang besar karena lebih baik profit sedikit tapi barang laku banyak daripada profit besar tapi barang laku sedikit.
- Strategi Pemasaran
Beberapa strategi pemasaranyang kami lakukan adalah :
1. Publikasi berupapembuatan akun khusus untuk usaha kami
2. Penyebaran informasi tentang produk ini melalui mekanisme dari mulut ke mulut ataumenggunakan media sosial seperti whasappuntuk memperkuat dan memperkenalkanbrand kami.
1.3 DESKRIPSI USAHA
Uraikan tentang:Â
- Nama perusahaan danjelaskan arti nama tersebut: Cimolerss, memiliki arti yakni usaha yang sedang kami rintis bersama sama mulai dari nol dengan mengembangkan makanan yang sudah ada dengan variasi yang lebih modern lagi.Â
- Bidang Usaha : Bidang kuliner menjalankan usaha makanan ringan cimol dengan isian sosis dan keju mozzarella.Â
- nama produk : Dapur CimolerssÂ
- Lokasi Usaha : stadio maulana yusuf
- Kegunaan , keunggulan, keunikan,atau inovasi produk : produk kami memiliki keunggulan dimana rasa yang dijamin nikmat serta sehat dan mengandung banyak gizi. Selaian itu produk kami dapat dijadikan makanan sandingan untuk minum teh atau kopi dalam acara kumpul kumpul atau begadang. Inovasi dari produk kami adalah selain dengan berbagai varian rasa kami juga menambahkan semacam saus untuk produk kami agar pelanggan kami bisa menikmati rasa yang berbeda. Dan juga kami berinovasi dengan kemasan yang unik.
- Waktu (untuk satu siklus usaha) : waktu kami selama 2 Minggu an dimulai saat pertengahan oktober sampai akhir November dimana dengan siklus 2-3 kali produksi dan pemasaran.
- Dampak usahaterhadap lingkungan (ekonomi , sosial, dan budaya serta lingkungan Alam) .: dengan usaha kami diharapka dari segi ekonomi kami bisa mendapatkan tambahan uang saku dan bisa membantu para mahasiswa yang ingin jajan yang sehat dan ekonomis.Â
- Risiko Bisnis dan Pengelolaannya : resiko dari bisnis ini adalah kegagalan dalam pembuatan produk selain itu rasa yang kurang sesuai dengan yang kami harapkan dan juga resiko terburuk adalah kalah saing dengan produk serupa.
1.3 RENCANA PEMASARAN
- Target konsumen : Mahasiswa danuser dari media sosial tempat kami mempromosikan produkÂ
- Wilayah pemasaran : Kota serang
- Situasi Persaingan : Karna sudah banyak yang membuat produk serupa, kami berusaha untuk membuat produk kami dengan inovasi baru agar bisa bersaing.
- Jumlah dan harga produk :
- Media promosi yang dipilih : Media yangkami gunakan adalah dengan menggunakanmedia sosial, dengan promosi yang dilakukanoleh anggota dari kelompok dan juga meminta bantuan dari teman teman untuk mempromosikan.
1.4 RENCANA PRODUKSI
- Bahan baku :
No      Nama Bahan    Jumlah kebutuhan
1.        Tepung aci            1 kg
2.          Air                 1 gelas
3.         Sosis                 1 pack
4.       Keju mozarella        500 gram
5.       Minyak Goreng        2 liter
6.       Bawang Putih         10 gram
7.       Telur                   2 butir
8.       Saus Sambal           1 kg
9.       Saus Tomat            1 kg
10.     Mayonnaise            1 kg
11.      Garam                 500 gr
12.     Merica                  500 gr
 Alat/teknologi :
No .    Nama alat      Jumlah kebutuhan
1.      Gas                 1 unit
2.      Kompor             1 unit
3.      Wajan              2 unit
4.      Piring               1 lusin
5.      Pisau                3 buah
6.      Talenan             2 buah
7.      Tissue               3 pack
8.      Saringan            3 buah
9.      Sterofoam          1 unit
10.     Plastic klip          2 pack
11.     Kantongplastik     2 pack
12.     Stepler              1 buah
13.     Kertas nasi          1 bungkus
Proses produksi :
- Haluskan bawang putih kemudian masukkan ke dalam panci berisi air Rebus hingga mendidih.
- Tuangkan tepung tapioka dan tepung serbguna ke dalam wadah dengan perbandingan 5:1 .
- Beri garam,lada dan kaldu sesuai selera.
- Masukkan air dan bawang putih yang sudah dimasak sedikit demi sedikit sambil diaduk rata sampai adonan tidak lengket.
- Ambil sedikit adonan kemudian pipihkan dan masukkan keju mozarella. Bulatkan hingga mozarella tertutup
- Siapkan minyak goreng dalam wajan dan panaskan.
- Masukkan adonan dan masak hingga matang .
- Letakkan dalam piring kemudian taburkanbumbu dan cabe bubuk.
a.Peralatan dan investasi (biaya atas alat –alat produksi yang dibutuhkan ).
Material        Jumlah        Harga satuan       Jumlah
Gas              1 unit         Rp. 125.000          Rp. 125.000
kompor         1 unit         Rp. 450.000         Rp. 450.000
Wajan           2 unit         Rp. 100.000         Rp. 200.000
Piring           1 lusin         Rp. 45.000          Rp.45.000
Pisau           3 buah         Rp.25.000           Rp. 25.000
Talenan        2 buah         Rp. 20.000          Rp. 40.000
Tissue          3 pack         Rp. 5.000            Rp. 15.000
Saringan        3 buah        Rp. 15.000           Rp. 45.000
 Sterofoam      1 unit         Rp. 30.000          Rp. 30.000
Plastic klip      2 pack        Rp. 8.000            Rp. 16.000
Kantong plastic 2 pack        Rp. 10.000           Rp. 20.000
Stapler          1 buah        Rp. 29.000          Rp. 29.000
Kertas nasi.      1 bungkus    Rp. 25.000          Rp. 25.000
                               TOTAL             Rp. 1.065.000
b. biaya variabel (biaya atas bahan bahan untuk kegiatan produksi )
Nama bahan      Jumlah       Harga satuan         Jumlah
Tepung aci         2 kg         Rp. 12.000           Rp. 24.000
Air                 1 gelas       Rp. 5.00             Rp. 5.00
Sosis               1pack        Rp. 1.000            Rp. 22.000
Telur ayam         10pcs        Rp. 1.500            Rp. 15.000
Bawang Putih      1 pak        Rp. 1.000            Rp. 10.000
Keju mozarella     500 gram    Rp. 140.000         Rp. 70.000
Minyak goreng    2 liter        Rp.25.000           Rp. 25.000
Saus sambal       1 kg          Rp. 25.000           Rp. 25.000
Saus tomat         1kg          Rp. 18.000           Rp.18.000
mayonaise         1 kg          Rp.30.000           Rp. 30.000
Garam             500 gr       Rp. 6.000            Rp. 3.000
Merica             500 gr       Rp.10.000           Rp. 5.000
                                 TOTAL             Rp. 257.000
C.Jumlah Total
Jumlah total keseluruhan pengeluaran dari data diatas yaitu:
Uraian                                 jumlah (Rp)
Biaya bahan baku                      Rp.257.000
Biaya peralatan dan perlengkapan     Rp. 1.065.000
Biaya promosi                         Rp. 25.000
Jumlah                                 Rp. 1.347.000
- RENCANA PENDAPATANÂ Â (LABA RUGI)
Berikut adalah rencana laba rugi dalam satu hari :
No .      Nama produk                 Harga jual
1 . Â Â Â Â Â Â Â Cimolers (mozzarella) Â Â Â Â Â Â Â Rp. 10.000,-/6 pcs
2 . Â Â Â Â Â Â Â Cimolers(sosis) Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Rp. 10.000,-/6pcs
PENJUALAN BERSIH Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Rp. 450.000
 Pendapatan penjualan
1. Cimolers (moza) = Rp.10.000x25 pack
2. Cimolers (sosis) = Rp.10.000x25 pack
HARGA POKOK PENJUALAN Â =RP. 257.000
LABA KOTOR Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â =RP. 450.000
HARGA POKOK Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â = Rp. 257.000
LABAR KOTOR/HARI=Rp. 193.000
LABA BERSIH Â Â Â Â Â Â Â =RP. 118.000,
PENAPATAN PER BULAN = Rp. 3.540.000
PENUTUP
Cimol sebagai makanan yang memiliki rasa gurih yang dikerasikan dengan tambahan isi keju didalamnya, diberi taburan bumbu dan dikemas dengan menarik yang tentu saja akan diminati oleh semua kalangan. Bisnis yang akan kami jalani bisa menjadi bisnis yang terkenal hingga luar daerah, jika kami serius dan tekun menjalaninya. Kita tidak bisa dalam memulai bisnis secara setengahtengah, meskipun usaha tersebut berupa usaha sampingan.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H