Mohon tunggu...
Adriano Matematika
Adriano Matematika Mohon Tunggu... Guru - Silahkan isi link opini di list di bawah ini dengan namanya: Nama (link opini) 1. Nur Indah (https://www.kompasiana.com/search_artikel?q=menurunnya+kemampuan+matematika+indonesia+ ) 2. Mustafah (https://www.kompasiana.com/mustafah) 3.pramusinta ayu lestari (https://www.kompasiana.com/pramusintaayulestari/5f406b38097f366371395992/rendahnya-hasil-belajar-matematika 4. Christina gloria https://www.kompasiana.com/chtistinagloriayaas1424/5f41b04bd541df015701b3a2/rendahnya-minat-belajar-siswa-terhadap-matematika-dan-kurikulum-yang-belum-terlaksana-secara-maksimal 5.Martina Sagisolo https://www.kompasiana.com/search_artikel?q=mengapa+siswa+tidak+menyukai+pelajaran+matematika 6. Helena R. Yadafat https://www.kompasiana.com/helenayadafat0434/5f40db44097f3669a5351953/kurangnya-minat-dan-bakat-siswa-dalam-belajar-matematika 7. Auldry Olivia Mantouw (https://www.kompasiana.com/auldrymantouw/5f5cbac3d541df648f44a372/kesulitan-dan-persepsi-siswa-tentang-matematika) 8. Aji Sura Sukma Satumi (https://www.kompasiana.com/ajisura5603/5f5cc16e097f3614370c79a3/stigma-negatif-pembelajaran-matematika-di-kalangan-pelajar) 9.martina kaitana (https://www.kompasiana.com/martinakaitana/5f6178fb097f360c1d7b2663/permasalahan-pembelajaran-matematika dst

Hidup adalah perjuangan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kurangnya Minta Belajar Siswa dalam Belajar Matematika

16 September 2020   12:34 Diperbarui: 20 Mei 2021   20:28 2583
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Minat siswa yang kurang dalam belajar matematika (unsplash/annie spratt)

Matematika merupakan suatu komponen dalam kurikulum yakni merupakan salah satu disiplin ilmu dan dapat meningkatkan kemampuan dalam berpikir yang sistrmatis, yang logis dalam berargumentasi. 

Dalam kemampuan matematika yang diperlukan hanya untuk menguasai dan menciptakan teknologi di masa depan dan menjadikan penguasaan matematika yang kuat, dan ini perlu di bina sejak dini.

Namun jenjang pendidikan dasar dan menengah sering terjadi permasalahan berkaitan dengan kurangnya pengusaan materi. Dan apa menjadi penyebab, sehingga siswa kurang minat dalam belajar matematika? Itu karena kurangnya penguasaan materi matematika yang merupakan rendahnya minat siswa dalam belajar matematika.

Mengapa demikian? Karena siswa selalu berpikiran bahwa matematika adalah mata pelajaran yang cukup menyulitkan dan kurang menyenangkan. Namun upaya perbaikan dan peningkatan mutu pendidikan pembelajaran matematika bagi siswa telah dilakukan, namun keluhannya tentang kesulitan dalam belajar matematika masih sering terdengar. 

Baca juga : Apakah Matematika Ada di Mana Saja dan Kapan Saja?

Kesulitan dalam belajar matematika initidak semata-mata bersumber dari diri peserta didik teapi bisa juga bersumber dari luar diri peserta didik. Misanya, cara penyajian pelajaran yang dilakukan oleh guru yang kurang menarik sehingga peserta didik kurang beminat dalam belajar matematika.

Kurangnya minat siswa dalam belajar matematika adalah kegiatan dalam proses pembelajaran matematika yang masih di dominasi paradigm mengajar dengan cirri-ciri sebagai berikut: guru harus aktif dalam menyampaikan informasi, dan siswa pasif dalam menerima pelajaran. 

Dan peserta didik dipaksa untuk mempelajari apa yang diajarkan oleh pendidik dengan sanksi mendapatkan hukuman jika tidak mengerjakan tugas  tidak dengan menumbuhkan kesadaran dan kebermaknaan sangat bergantung pada gurunya sehingga kompetensi peserta didik kurang berkembang dan kesempatan untuk melakukan refleksi dan negosiasi melalui interaksi antar siswa atau dengan guru juga kurang dikembangkan.

Kondisi ini seharusnya diubah dengan menempatkan siswa sebagai subjek yang belajar secara aktif untuk membangun pemahamannya dengan cara merangkai peengalaman nyata yang di miliki.

Apabila siswa yang kondisinya kurang minat dalam belajar matematika dibiarkan tanpa ada penanganan dari seorang pendidik (guru) sehingga siswa hanya datang dan duduk untuk menerima materi dari guru, namun siswa tersebut merasa tersiksa dan kurang menikmati saat belajar dengan guru. 

Baca juga : Strategi Guru Matematika Mengajar Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Daring/Online

Pelajaran matematika yang merasa sulit dan membosankan akan menjadi pelajaran yang semakin kurang diharapkan oleh para peserta didik (siswa).

Siswa yang memiliki dalam minat belajar dan sikap positif terhadap pelajaran akan merasa senang dengan mempelajari mata pelajaran tersebut, sehingga diharapkan dapat mencapai hasil belajar yang memuaskan. Guru harus dapat merekayasa sistem pembelajaran dengan strategi yang bervariasi dan tentunya melibatkan siswa secara aktif.

Hal ini dilakukan dengan tujuan agar siswa turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental tetapi juga fisik sehingga siswa dapat merasakan suasana belajar yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat lebih di maksimalkan. Oleh karena itu, pembelajaran yang dilakukan antara guru dan harus mengacu pada peningkatan aktifitas dan partisipasi oleh siswa.

Kegiatan aktif bagi siswa dalam proses pembelajaran merupakan indikasi  bahwa peserta didik memiliki minat dalam belajar. Tumbuhnya minat saat siswa belajar diharapkan meningkatkan kemampuan yang dimiliki dengan di tunjukkan oleh hasil belajar yang lebih baik. 

Oleh karena itu, setiap guru yang berharap terhadap peningkatan hasil belajar siswa, pasti akan berupaya untuk mencari berbagai macam solusi dari permasalahan yang dihadapi khususnya berkaitan dengan permasalahan yang didapat menjadi penyebab rendahnya hasil belajar siswa tersebut. 

Baca juga : 5 Fakta Unik seputar Matematika yang Bikin Kamu Senyum-Senyum Sendiri

Berkaitan dengan kegiatan proses belajar-mengajar seorang guru harus dapat membangkitkan minat belajar siswanya dengan mengubah proses pembelajaran yang membosankan menjadi pengelaman belajar yang menggairahkan.

Apabila pada diri siswa telah tumbuh minat dalam belajar matematika maka siswa tersebut akan terdorong untuk mempelajari berbagai materi yang disampaikan oleh seorang guru sesuai dengan tuntutan dalam kurikulum atau dengan kata lain siswa tersebut akan selalu menyukai pelajaran matematika saat belajar di sekolah, dan siswa akan selalu belajar di rumah untuk lebih menguasai materi matematika.

Siswa yang tadinya tidak memahami sama sekali dengan materi_materi yang telah dibahas setidaknya menjadi lebih paham, sedangkan yang sudah paham semakinmemaknai saat belajar matematika. Semoga sebagai guru selalu berupaya untuk dapat meningkatkan  minat siswa dalam belajar matematika dan selalu dapat menciptakan suasana belajar yang membuat siswa menikmati pelajaran matemtika.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun