Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Situasi:
Masa pandemi yang cukup panjang memaksa pelaksanaan pembelajaran haru dilakukan secara daring atau jarak jauh, hal ini sedikit banyak menyebabkan learning loss pada peserta didik yang mengakibatkan motivasi belajarnya menjadi menurun, hal ini dapat dilihat dari sikap peserta didik selama pembelajaran yang menjadi lebih pasif, berleha-leha dalam mengerjakan tugas, serta kurang disiplin dalam mengikuti pembelajaran. Hal ini juga diperburuk dengan  kurangnya inovasi guru dalam pelaksanaan pembelajaran, dimana model, metode, dan media yang digunakan guru masih konvensional dan monoton.
Tantangan :
Setelah identifikasi masalah tersebut maka dilakukan refleksi diri, wawancara pada rekan guru, kepala sekolah dan wali asuh. Adapun yang menjadi tantangan di antaranya:
Peserta didik memiliki beban kognitif tambahan di pondok pesantren, yang mengakibatkan motivasi untuk sekolah menurun karena lelah dengan tugas pondoknya
Beberapa peserta didik memiliki masalah di pondok yang mengakibatkan malas juga untuk sekolah
Kurangnya perhatian orang tua pada beberapa peserta didik
Kurangnya pemanfaatan TPACK oleh guru
Model pembelajaran yang kurang inovatif dan tidak mengakomodir kebutuhan dan karakter peserta didik
Terlalu menuntut materi dan melupakan psikologis peserta didik