Mohon tunggu...
adiyatmaekasaputra
adiyatmaekasaputra Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

saya hobi bermain game

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Penggunaan Website untuk Media Pengenalan dan Perluasan Akses Produk Lokal ke Pasar Internasional sebagai Bentuk Nyata Penerapan Nilai Bela Negara

21 Desember 2024   21:52 Diperbarui: 21 Desember 2024   21:52 32
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

PENDAHULUAN

Seiring dengan percepatan inovasi teknologi yang terjadi dan menuju era digital, digitalisasi telah menjadi bagian penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk di dalam dunia perdagangan. Digitalisasi dalam perdagangan memiliki peran penting dalam promosi produk supaya dikenal banyak khalayak ramai. Tidak hanya itu, media digital juga memiliki keunggulan pada proses komunikasi dan transaksi yang dapat dilakukan setiap waktu tanpa harus bertemu secara langsung antara pembeli dan penjual.(Radhiana, 2023). Salah satu media digital yang mudah diakses oleh semua orang adalah website.

Website tidak hanya menjadi media digital yang berfungsi untuk memperkenalkan produk lokal kepada dunia, namun juga berfungsi sebagai jembatan untuk memperluas akses pasar lokal menuju internasional. Pemasaran produk lokal melalui website mencerminkan implementasi nilai bela negara dalam sektor ekonomi. Nilai bela negara bukan sekadar tulisan di atas kertas, melainkan harus diaplikasikan dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satu contoh nyata adalah dengan mempromosikan produk lokal melalui digitalisasi. Langkah ini tidak hanya meningkatkan daya saing produk dalam negeri, tetapi juga berkontribusi pada pembangunan ekonomi nasional.

ISI

Perngertian Website

Website merupakan sebuah media digital yang dirancang untuk menyediakan informasi dan interaksi secara via internet. Website berupa kumpulan halaman yang saling terhubung, diakses melalui internet, dan berfungsi sebagai media untuk menyampaikan pesan, promosi, atau transaksi secara efektif. Website bukan hanya terbatas dalam negeri saja, tetapi website juga dapat diakses oleh warga negara asing.

Keunggulan dari website adalah kemampuannya untuk menjangkau masyarakat dalam skala global. Tidak seperti media tradisional yang terbatas oleh ruang dan waktu, website dapat diakses kapan saja dan di mana saja, selama memiliki jaringan internet. Oleh karena itu, website tidak hanya terbatas pada pasar domestik, melainkan juga dapat diakses oleh warga negara asing, memungkinkan produk atau layanan lokal untuk lebih dikenal dalam kancah global. Dengan kemampuan ini, website menjadi alat yang sangat efektif dalam memperluas jangkauan pasar, memperkenalkan produk lokal, dan meningkatkan potensi transaksi internasional.

Pemanfaatan website juga mendukung terjalinnya interaksi dua arah antara produsen dan konsumen. Website memungkinkan konsumen memberikan umpan balik melalui fitur komentar atau ulasan, serta berkomunikasi langsung dengan penjual melalui berbagai saluran komunikasi online, seperti chat atau email. Hal ini menjadikan website sebagai platform yang sangat efektif untuk membangun hubungan yang lebih erat antara bisnis dan konsumen, sekaligus memperkenalkan produk atau layanan secara lebih luas.

Pentingnya Digitalisasi Dalam Dunia Perdagangan

Digitalisasi telah mengubah secara signifikan pemandangan perdagangan dalam beberapa dekade terakhir. Kemajuan teknologi informasi dan internet telah membuka berbagai peluang baru di dunia bisnis, seperti peningkatan efisiensi operasional, ekspansi pasar, serta metode baru dalam berinteraksi dengan konsumen. Proses digitalisasi ini sangat krusial, terutama dalam mendukung perdagangan yang lebih cepat, transparan, dan efektif, baik di pasar domestik maupun internasional. Sebagaimana dijelaskan oleh Rohimah (2018), media pemasaran online di era digital telah menjadi solusi utama, di mana banyak pelaku usaha berlomba-lomba memanfaatkan media digital sebagai penggerak utama bisnis mereka. Pemasaran online memungkinkan hubungan antara produsen dan konsumen terjalin dengan biaya yang lebih efisien.

Tantangan Menggunakan Website untuk Pemasaran Internasional

Menggunakan website untuk pemasaran internasional memang menawarkan banyak keuntungan, namun menghadirkan beberapa tantangan yang perlu dihadapi.

Perbedaan Bahasa

Dengan harapan menjangkau skala global, perbedaan Bahasa menjadi tantangan yang perlu dihadapi. Semua konsumen belum tentu tahu arti ucapan ataupun perkataan yang kita berikan karena perbedaan bahasa setiap negara. Diperlukan terjemahan yang akurat atau bisa dengan website menggunakan bahasa internasional yaitu bahasa Inggris.

Perbedaan Budaya

Selain bahasa perbedaan budaya juga mempengaruhi dalam pemasaran internasional. Setiap negara memiliki norma dan preferensi budaya yang berbeda.

Mata Uang

Setiap negara memiliki mata uang dengan nilai yang berbeda. Website diharuskan memiliki beberapa metode pembayaran baik secara internasional maupun lokal agar transaksi berjalan dengan lancar tanpa terhambat perbedaan mata uang.

Reputasi atau Rating dan Kepercayaan

Reputasi sebuah seller dan produk diharapkan selalu dalam keadaan baik dan sesuai dengan yang ada di foto. Reputasi sangat mempengaruhi seseorang dalam memilih sebuah produk. Selain daripada itu menurut Bahtiar (2020), kepercayaan juga merupakan faktor penting yang mendorong konsumen untuk melakukan pembelian, penjualan dan pembayaran menggunakan komputer dan jaringan internet. Kepercayaan di dalam e-commerce berhubungan dengan dua aspek yaitu kepercayaan terhadap penjual dan kepercayaan terhadap proses transaksi.

PENUTUP

Digitalisasi telah menjadi pendorong utama dalam memperluas akses pasar bagi produk lokal ke tingkat global. Situs web, sebagai salah satu sarana digital, tidak hanya mempermudah komunikasi dan transaksi, tetapi juga membuka peluang besar bagi pelaku usaha untuk menjangkau konsumen internasional. 

Namun, tantangan seperti perbedaan bahasa, budaya, mata uang, serta pentingnya membangun reputasi dan kepercayaan tetap harus dihadapi dengan pendekatan yang strategis. Hal ini menegaskan bahwa digitalisasi tidak hanya sekadar memanfaatkan teknologi, tetapi juga memahami karakteristik dan kebutuhan pasar global. 

Melalui pemanfaatan website yang optimal, upaya memperkenalkan produk lokal dapat diwujudkan sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional. Langkah ini mencerminkan penerapan nilai bela negara di bidang ekonomi, dengan memanfaatkan inovasi digital untuk meningkatkan daya saing bangsa di era globalisasi.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun