Pada saat ini Media sosial memberian dampak yang besar terhadap kehidupan di masyarakat, Media sosial membuat kerjaan kita menjadi lebih efisien, ,misalnya saat kita ingin mempromosikan produk yang ita buat, kitab isa mempromosikan nya di Media sosial seperti Instagram, Whatsapp, Facebook, line dan media online lainnya. Media sosial tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja tetapi bisa menjadi media yang membuat kita menjadi lebih update dengan berbagai konten yang diberikan dan juga memiliki durasi waktu yang singkat maupun panjang yang bertujuan memberikan informasi kepada kita.
       Tidak sedikitnya dijaman sekarang khususnya masyarakat yang baru mengenal Media sosial, Media sosial saat ini sangat perlu dibutuhan oleh masyarakat bahkan mahasiswa yang menggunakanya untuk kepentingan sendiri maupun semua. Perkembangan teknologi mengalami kemajuan dengan nirkabel sehingga muncul lah internet dan diikuti bersama Media sosial lainnya.
     Media sosial kini telah memberikan kontribusi bagi masyarakat yang ingin melancarkan usaha mereka dengan memanfaatkan media sosial, buktinya terlihat dari adanya platform yang tersedia di beberapa platform media sosial untuk melaksanakan promosi usaha, seperti whatsaap dengan akun bisnis, instagram akun bisnis, facebook halaman bisnis, dan juga terdapat fitur promosi yang ditawarkan di setiap media sosial tersebut dengan biaya yang sangat murah apabila dibandingkan dengan menggunakan media televisi untuk melancarkan promosi. Sehingga apabila semua ciri itu dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat maka tentu saja kegiatan promosi akan dapat dilakukan dengan mudah. Ini juga akan memberikan kesempatan bagi setiap masyarakat untuk melakukan aktivitas usaha tanpa harus memiliki modal yang besar terlebih dahulu.
     Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh CNBN Indonesia (Januari 2021) diketahui bahwa Peter Lydian menyebutkan penggunaan Platfom Interaksi Online di masa pandemi mengalami peningkatan yang cukup besar mencapai 59%, dan percepatan pengguna internet yang meningkat saat ini juga dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk mendorong bisnis melalui jaringan sosial di Indonesia. Peningkatan penggunaan media sosial tidak serta merta membuat masyarakat dapat memanfaatkan media sosial dengan sepenuhnya dengan segala fasilitas yang disediakan.
Dampak Media Sosial bagi Ekonomi :
Impak positif media sosial dari perspektif perniagaan boleh meningkatkan keuntungan
jualan produk, meningkatkan reputasi syarikat atau organisasi dan boleh
menjana kerjasama perniagaan yang meluas. Tetapi terdapat juga kesan negatif seperti promosi produk yang tidak sesuai, penyebaran berita palsu, yang menyebabkan persaingan tidak sehat.
Â
Berikut adalah perincian mengenai kesan media sosial dalam perubahan ekonomi:
1. Pemasaran dan Promosi:
Media sosial menjadi platform utama untuk pemasaran dan promosi produk atau layanan. Bisnis bisa mencapai pangsa pasar yang lebih luas secara internasional tanpa perlu mengeluarkan biaya iklan yang besar. Kemampuan untuk berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan juga meningkat, memungkinkan perusahaan memahami kebutuhan pasar dengan lebih baik.
2. Ekonomi Berbagi:
Konsep bisnis berbagi atau ekonomi kolaboratif semakin berkembang berkat platform-platform media sosial. Platform seperti Uber, Airbnb, dan TaskRabbit memanfaatkan interaksi sosial untuk menghubungkan penyedia jasa dengan pengguna. Ini menciptakan kesempatan ekonomi baru dan memungkinkan pengguna memanfaatkan sumber daya yang dimiliki dengan lebih efektif.
3. Pekerjaan Adaptif:
Media sosial telah mengubah dinamika pekerjaan dengan memperkenalkan model pekerjaan adaptif. Pekerja bebas dan freelancer dapat memanfaatkan platform seperti Upwork atau Fiverr untuk menawarkan keahlian mereka kepada klien di berbagai negara. Ini menciptakan keluwesan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam pilihan pekerjaan.
4. Kewirausahaan dan Personal Branding:
Media sosial memberikan wadah bagi kewirausahaan dan personal branding. Individu dapat membangun merek pribadi mereka sendiri, mempromosikan produk atau ide, dan membangun bisnis secara mandiri. Ini mendorong pertumbuhan sektor kreatif dan memungkinkan koneksi yang lebih luas di antara para pelaku bisnis.
Kesimpulan :
Dampak media sosial dalam transformasi ekonomi di tengah masyarakat telah membuka
jalan ke era baru bisnis dan interaksi sosial. Perubahan ini melibatkan pengaruh yang sangat signifikan dalam pemasaran, koneksi bisnis, dan struktur kerja. Media sosial tidak hanya menjadi sarana untuk berkomunikasi, tetapi juga pendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi. Keberadaan bisnis perdagangan elektronik, model pengiriman tanpa stok, dan strategi pemasaran melalui
jaringan sosial menandai perubahan fundamental dalam cara kita memahami dan terlibat dalam aktivitas ekonomi. Keterhubungan online memungkinkan akses global untuk usaha dan pelanggan, membuka peluang-peluang baru dan menghapuskan keterbatasan geografis. Dalam transformasi ini, koneksi antara merek dan konsumen menjadi lebih jelas dan transparan. Strategi pemasaran lewat media sosial mencetak keterlibatan yang lebih dalam, mengokohkan identitas merek, dan menaikkan kesadaran konsumen. Selagi itu, model usaha dropshipping dan perdagangan elektronik memberikan pelanggan kemudahan berbelanja dan mendorong produsen untuk lebih kreatif dalam menyediakan produk dan layanan.
sc : https://journal.widyakarya.ac.id/index.php/jipsoshum-widyakarya/article/download/2231/2112/8176
sc : https://jurnal.unived.ac.id/index.php/dehasenuntuknegeri/article/view/1869
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H