Mohon tunggu...
Aditia Aditia
Aditia Aditia Mohon Tunggu... Pegawai bpjs ketenagakerjaan - penyuka wisata,

abdi negara

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Inovasi Berbasis Digital JNE, Hilang Kekhawatiran dan Bisnis Pun Lancar

30 Juni 2024   23:01 Diperbarui: 30 Juni 2024   23:07 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kredit foto: jne.co.id/myjne-id 

Inovasi Berbasis Digital JNE, Hilang Kekhawatiran dan Bisnis Pun Lancar 

DI MASA-MASA perekonomian sulit terutama setelah Pandemi Covid-19, membuka usaha adalah kreativitas yang diperlukan untuk menambah pemasukan keuangan.

Apalagi saat ini semua serba digital. Teknologi informasi memungkinkan kita memanfaatkan platform digital untuk pemasaran yang lebih luas.

Hal ini tentu saja merupakan suatu keuntungan. Siapapun bisa berbisnis. Tak perlu menunggu jadi pelaku usaha besar dulu untuk bisa mendapatkan pelanggan dan mengirim barang ke luar daerah.

Ita, mencoba peruntungan dengan membuka usaha perlengkapan bayi dengan memanfaatkan beberapa platform marketplace.

Menurutnya usahanya saat ini masih kecil-kecilan. Namun pembeli sampai luar Pulau Sumatera. Bahkan pernah paling jauh pengiriman barang sampai Sulawesi.

Agar usahanya berkembang ia harus memastikan kepuasan pelanggan, tak hanya dari kualitas barang, tapi juga soal pengiriman. Meskipun dari jauh, Ita merasa harus memantau perjalanan barang tersebut agar selamat dan sampai tujuan tepat waktu.

Namun dengan layanan JNE, dia merasa aman karena yakin paket yang dikirimkan akan selamat sampai tujuan dan dalam waktu yang cepat.

Kekhawatiran hilang karena perjalanan barang bisa dilacak melalui informasi pengiriman. Semua dilakukan dengan mudah secara online saja. Berbekal gadget dan internet, penjualan dan pengiriman barang berlangsung cepat dan efisien.

Bukan Cuma Ita, sebagian besar penjual pasti memiliki kekhawatiran yang sama. Mereka ingin agar paket kiramannya bisa sampai dengan aman dan tepat waktu. Sebab hal itu akan berpengaruh kepada kepuasan pelanggan yang ujungnya pada keberlangsungan usaha.

Orang-orang seperti Ita yang memiliki jiwa wirausaha dan memiliki kreativitas untuk mau berusaha ini sangat penting bagi masa depan Indonesia. Upaya mereka akan menjadi jalan bagi peningkatan perekonomian tanah air. Apalagi saat ini yang serba digital, apapun bisa dilakukan asalkan ada kemauan.

Ekonomi digital negara diperkirakan akan mencapai USD124 miliar pada 2025 mendatang. E-commerce, termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjadi bagian di dalamnya, menjadi sektor penopang terbesar pertumbuhan ekonomi digital. Perkiraan nilai transaksi sebesar USD83 miliar pada tahun tersebut.

Memenuhi kebutuhan para pelaku e-commerce yang terus meningkat, JNE juga terus melakukan inovasi. Terutama melihat kebutuhan pasar digital dimana proses distribusi harus ditangani secara cepat dan efisien.

Inovasi Tiada Henti JNE

PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir, lebih dikenal sebagai JNE Express, sebagai perusahaan logistik dan ekspedisi barang asal Indonesia terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Pertumbuhan transaksi belanja daring melalui marketplace dan dan tren gaya hidup digital di Indonesia semakin pesat.

Mengantisipasi hal tersebut, sejak tahun 2013, JNE fokus memperbesar kapasitas dan kapabilitas infrastruktur fisik dan teknologinya.

Tahun berikutnya, yakni pada tahun 2014, JNE meluncurkan aplikasi serba-guna MY JNE yang berbasis android. Aplikasi ini membantu pelanggan mengecek tarif kiriman, menelusuri posisi paket, lokasi konter terdekat, sekaligus tempat transaksi jual-beli antara penjual dan pembeli individual. Cek paket JNE melalui MyJNE paling mudah dan murah karena tanpa biaya bensin dan pulsa telepon.

Proses jual beli dalam bisnis berbasis digital kini semakin canggih dan cepat. Pendistribusian, mulai dari pemesanan sampai ke tangan konsumen harus berjalan cepat dan efisien.

Hal ini menyebabkan penjual kewalahan dalam memproses pendistribusian barang. Hingga lupa untuk berinovasi dan mengembangkan bisnis.

Melihat fenomena itu, JNE pada 2017 JNE membangun E-fulfillment, layanan pergudangan terintegrasi di beberapa cabang sebagai solusi bisnis terpadu bagi para pelaku Usaha Kecil, Mikro dan Menengah (UMKM), khususnya pemilik nama dagang, yang berjualan secara daring.

E-fulfillment bertujuan membantu para pelaku UMKM fokus pada pengembangan produk dan marketing digital. Sedangkan aktivitas logistiknya, mulai dari manajemen pergudangan, stok barang, pemilahan dan pengemasan sampai pengantaran barang ke tangan pelanggan, ditangani oleh JNE.

JNE Fulfillment memberikan layanan berupa warhouse management system, yang dapat membuat proses pemesanan, pengemasan dan pengiriman produk menjadi lebih efisien dan akurat.

Dalam prosesnya, JNE memanfaatkan teknologi mutakhir yang memberikan customer kemudahan untuk mengakses an memonitor proses distribusi secara real time, dari mana saja dan kapan saja.

Layanan ini juga memiliki fasilitas penyimpanan produk yang sudah tersebar di seluruh kota di Indonesia. Dioperasikan oleh tenaga ahli professional yan sudah memahami tata pemeliharaan produk agar tetap terjaga kualitasnya.

Layanan ini tentunya dapat mengurangi biaya distribusi dan meminimalisir risiko kehilangan atau kerusakan pada produk.

JNE fulfilment bahkan menyediakan fasiltas studio live bagi customer yang melakukan live shopping. Studio ini sudah dilengkapi dengan semua alat penunjangnya.

Inovasi lain yang dilakukan oleh JNE untuk kelancaran distribusi barang adalah dengan merintis pembangunan pusat sortir otomatis berskala besar di tahun 2020, yang disebut Mega Hub di Bandara Mas, Cengkareng, Tangerang. Mega Hub diproyeksikan bisa memproses 1 juta paket dalam sehari.

Terbaru, sejalan dengan tren gaya hidup digital yang semakin pesat, JNE merilis Roket Indonesia di tahun 2022.

Roket Indonesia, merupakan layanan kurir instan berbasis aplikasi, Layanan ini bertujuan memudahkan customer untuk mengirimkan paket tanpa harus ke gerai JNE.

Customer disuguhi banyak pilihan jenis layanan kiriman seperti instant, multi address, dan sameday, serta kemudahan untuk pembayaran dengan mengakomodir hampir seluruh metode pembayaran seperti, tunai, kredit, qris, dan wallet.

Layanan ini sangat praktis dan instan, karena kiriman sampai tujuan kurang dari 1 jam. Bukan hanya dari segi kecepatan, layanan Roket Indonesia aman dan terpercaya karena dilengkapi asuransi dan fitur Live Tracking. Tersedia layanan multidrop yang dapat memudahkan pengiriam ke berbagai lokasi dalam satu order. Layanan ini sudah tersedia di 54 kota atau Cabang JNE.

#JNE#ConnectingHappiness#JNE33Tahun#JNEContentCompetition2024#GasssTerusSemangatKreativitasnya

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun