Mohon tunggu...
Adinda Safitri
Adinda Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya menyukai seni, kepenulisan dan sedang menggeluti keteateran

Selanjutnya

Tutup

Analisis Pilihan

Gadis Kretek: Dalam Serial Netflix dan Novel Karya Ratih Kumala

20 November 2023   23:46 Diperbarui: 21 November 2023   06:14 425
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lebas sudah tahu dari awal bahwa ibu yang selama ini merawat Arum adalah Rukayah, bukan Dasiyah. Ia pun saat bertemu dengan Rukayah sudah tahu itu Rukayah adik Dasiyah.

Namun dalam versi novel diceritakan bahwa pencarian Dasiyah dilakukan oleh Lebas bersama dengan kakaknya. Lebas pun tidak dari awal bertemu dengan Arum. Saat menemukan pabrik Kretek Gadis dan menemui sosok perempuan tua, Lebas berpikir bahwa itu Jeng Yah, padahal itu adalah Rukayah.

5. Waktu Meninggalnya Dasiyah

Dalam kedua versi serial maupun novelnya, waktu Dasiyah meninggal pun berbeda, di mana pada serial diceritakan Dasiyah meninggal saat Arum anaknya masih berusia balita.

Dasiyah tiba-tiba sakit karena tubuhnya melemah pasca dirinya jadi tahanan selama beberapa tahun. Dasiyah pun menitipkan Arum balita pada Rukayah.

Sedangkan versi novel, Dasiyah meninggal tak lama setelah melahirkan Arum, buah hatinya dengan Seno Adji yang diperankan oleh Ibnu Jamil. Rukayah pun bertanggung jawab untuk membesarkan Arum sampai dewasa.

6. Rukayah Telah Menikah dan Punya Anak

Dalam serialnya Rukayah tua diceritakan tidak menikah dan memilih untuk merawat Arum Cengkeh anak dari sang kakaknya, Dasiyah.

Namun dalam novel, Rukayah menikah dan mempunyai anak laki-laki. Pernikahan Rukayah terjadi sembilang tahun sebelum pernikahan Dasiyah.

Ketika pertemuannya dengan Tegar, Karim dan Lebas, Rukayah menceritakan bahwa Arum Cengkeh adalah anak dari Dasiyah.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun