Apa yang salah dengan pendidikan kita hingga kekerasan di sekolah terus terjadi?
Pertanyaan ini mungkin sering muncul di benak kita setiap kali mendengar kasus perundungan, kekerasan fisik, atau kekerasan verbal yang terjadi di lingkungan sekolah.Â
Meski pendidikan seharusnya menjadi ruang aman untuk belajar dan tumbuh, kenyataannya, banyak siswa yang mengalami trauma akibat kekerasan di sekolah. Sebagai negara yang menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan gotong royong, mungkinkah kita benar-benar menciptakan sekolah tanpa kekerasan?
Jawabannya adalah mungkin, namun dibutuhkan revolusi pendidikan yang melibatkan seluruh elemen sekolah---dari guru, siswa, hingga orang tua. Menghilangkan kekerasan di sekolah bukan hanya soal aturan disiplin yang lebih ketat, tetapi memerlukan perubahan mendasar dalam cara kita mendidik, berinteraksi, dan membangun komunitas di sekolah. Berikut ini adalah delapan langkah yang bisa kita lakukan untuk membangun sekolah tanpa kekerasan.
1. Sekolah Berbasis Restoratif: Mengedepankan Pemulihan, Bukan Hukuman
Pendekatan disiplin tradisional yang berfokus pada hukuman seringkali gagal menyelesaikan akar masalah kekerasan. Sebaliknya, pendekatan restoratif berfokus pada pemulihan hubungan yang rusak akibat kekerasan.Â
Dalam pendekatan ini, pelaku kekerasan dan korban diajak untuk berdialog dan memahami dampak tindakan tersebut, kemudian bekerja sama untuk memperbaiki hubungan. Dengan cara ini, pelaku belajar bertanggung jawab secara sosial dan emosional, sementara korban merasa didengar dan dihormati. Beberapa sekolah di luar negeri yang telah menerapkan metode ini berhasil menurunkan angka kekerasan secara drastis.
Di Indonesia, sistem seperti ini masih jarang diterapkan secara formal. Padahal, budaya kita yang mengedepankan musyawarah dan mufakat sangat cocok dengan pendekatan ini. Sekolah bisa menjadi ruang untuk mempraktikkan penyelesaian konflik dengan cara yang lebih manusiawi, tanpa kekerasan.
2. Pelatihan Emosional dan Kecerdasan Sosial
Seberapa sering kita mengajarkan anak-anak tentang cara mengelola emosi mereka?Â
Atau bagaimana cara berempati terhadap orang lain? Pendidikan di Indonesia cenderung lebih fokus pada pencapaian akademik daripada pengembangan keterampilan sosial dan emosional. Padahal, keterampilan ini adalah kunci untuk mencegah kekerasan di sekolah.
Social-emotional learning (SEL) adalah program pendidikan yang mengajarkan anak-anak untuk mengenali dan mengelola emosi mereka, mengembangkan empati, dan membangun hubungan yang sehat dengan orang lain. Di banyak negara, SEL sudah menjadi bagian penting dari kurikulum.Â
Program ini tidak hanya membantu menekan angka kekerasan, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan siswa secara keseluruhan. Di Indonesia, kita bisa mulai dengan mengintegrasikan SEL dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) atau mata pelajaran lain yang relevan.
3. Keterlibatan Orang Tua sebagai Mitra Utama
Orang tua adalah pendidik pertama dan utama dalam kehidupan anak.Â
Namun, keterlibatan orang tua dalam mencegah kekerasan di sekolah sering kali terabaikan. Sekolah perlu membangun kemitraan yang erat dengan orang tua untuk memastikan bahwa nilai-nilai yang diajarkan di sekolah juga dipraktikkan di rumah.Â
Orang tua bisa dilibatkan dalam kegiatan sekolah yang berfokus pada pendidikan karakter, seperti pelatihan manajemen emosi atau diskusi tentang pentingnya non-kekerasan.
Dengan terlibat secara aktif, orang tua bukan hanya menjadi pendukung, tetapi juga menjadi mitra dalam menciptakan lingkungan yang aman bagi anak-anak mereka, baik di rumah maupun di sekolah.
4. Guru Sebagai Teladan Non-Kekerasan
Guru bukan hanya pengajar, tetapi juga role model bagi siswa.Â
Apa yang mereka lakukan dan bagaimana mereka berinteraksi dengan siswa sangat memengaruhi perilaku siswa. Oleh karena itu, pelatihan untuk guru perlu difokuskan pada pengembangan keterampilan untuk menjadi teladan dalam menyelesaikan konflik tanpa kekerasan.
Guru harus mampu mendeteksi tanda-tanda awal kekerasan, mendampingi siswa dalam menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat, dan menciptakan suasana kelas yang penuh dengan rasa saling menghargai. Jika guru dapat menunjukkan cara menyelesaikan masalah tanpa kekerasan, siswa pun akan menirunya.
5. Sistem Pelaporan Kekerasan Berbasis Teknologi
Di era digital ini, kita bisa memanfaatkan teknologi untuk mencegah kekerasan di sekolah.Â
Salah satu cara inovatif yang bisa dilakukan adalah dengan menciptakan platform pelaporan kekerasan berbasis teknologi. Siswa yang menjadi korban kekerasan atau menyaksikan tindakan kekerasan bisa melaporkannya secara anonim melalui aplikasi atau portal khusus.
Data yang terkumpul bisa diakses oleh konselor sekolah, psikolog, dan pihak yang berwenang untuk melakukan intervensi secara cepat. Sistem ini juga membantu mengatasi masalah ketakutan atau rasa malu yang sering kali membuat korban enggan melapor.
6. Zona Aman dan Ruang Mindfulness di Sekolah
Sekolah bisa menyediakan zona aman atau ruangan khusus di mana siswa yang merasa terancam bisa menenangkan diri.Â
Ruangan ini bisa dilengkapi dengan fasilitas untuk berlatih mindfulness---teknik sederhana namun efektif untuk mengelola stres dan emosi. Selain itu, siswa bisa mendapatkan dukungan emosional dari guru atau konselor yang bertugas di ruang tersebut.
Konsep ini sudah diterapkan di beberapa sekolah di luar negeri, dan hasilnya sangat positif. Siswa merasa lebih aman dan belajar bagaimana mengelola emosi mereka secara mandiri.
7. Membangun Sekolah Sebagai Komunitas
Sekolah yang berhasil mencegah kekerasan adalah sekolah yang memiliki budaya komunitas yang kuat.Â
Salah satu cara untuk membangun komunitas adalah dengan mengadakan kegiatan yang melibatkan seluruh warga sekolah, seperti kegiatan amal, proyek lintas angkatan, atau program mentoring. Dengan membangun hubungan yang kuat antar siswa, kekerasan menjadi sesuatu yang dianggap asing dan tidak sesuai dengan nilai-nilai komunitas.
8. Mengintegrasikan Nilai Kearifan Lokal dalam Pendidikan Karakter
Indonesia memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, termasuk nilai-nilai kearifan lokal yang bisa diintegrasikan dalam pendidikan karakter. Nilai-nilai seperti gotong royong, musyawarah, dan rasa hormat bisa menjadi basis pendidikan karakter yang kuat di sekolah.
Dengan mengajarkan dan mempraktikkan nilai-nilai ini di sekolah, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan minim kekerasan. Misalnya, di beberapa daerah, sekolah-sekolah sudah mulai menggunakan pendekatan budaya lokal dalam menyelesaikan konflik antar siswa, dan hasilnya sangat efektif.
Penutup: Sekolah Tanpa Kekerasan, Sebuah Kemungkinan
Kekerasan di sekolah adalah masalah yang bisa kita atasi jika kita berani melakukan perubahan mendasar dalam cara kita mendidik. Dengan mengadopsi pendekatan restoratif, melatih kecerdasan emosional, melibatkan orang tua, dan memanfaatkan teknologi, kita bisa menciptakan sekolah yang aman dan ramah bagi semua siswa.
Revolusi pendidikan ini memerlukan komitmen dari semua pihak---guru, siswa, orang tua, dan pemerintah. Namun, hasilnya akan sepadan. Sebuah sekolah tanpa kekerasan adalah tempat di mana anak-anak bisa belajar, tumbuh, dan berkembang menjadi individu yang kuat secara emosional dan sosial. Bukankah itu yang kita inginkan untuk masa depan pendidikan kita?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H