Instruksi: “Imajiku tentang murid di masa depan”. Buatlah satu gambar mengenai murid yang Bapak/Ibu dambakan 5-10 tahun mendatang.
Saya mengajar di tingkat SD dan saya mempunyai cita-cita sebagai berikut:
Peserta didik saya adalah peserta didik yang memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, rajin beribadah, berdoa, dan selalu beraktivitas dengan penuh keyakinan dan keikhlasan di dalam hatinya.
Peserta didik saya adalah peserta didik yang berkebhinekaan global, memiliki wawasan dan ilmu pengetahuan yang memadai, dapat menggali seluruh ilmu pengetahuan dunia, membuka diri terhadap perkembangan dunia internasionalsesuai dengan kodratnya, serta bisa berkomunikasi dan berinteraksi dengan keberagaman adat dan budaya yang komprehensif.
Peserta didik saya adalah peserta didik yang dapat bergotong royong di berbagai situasi dan kondisi , dapat bekerja sama berkolaborasi dan berinovasi dalam suatu wadah, serta suka membantu di dalam banyak hal.
Peserta didik saya adalah peserta didik yang mandiri. Mereka mampu mengambil keputusan berdasarkan keyakinan hatinya yang terbaik bagi dirinya, serta bertanggung jawab atas pilihannya tersebut untuk masa depannya kelak.
Peserta didik saya adalah peserta didik yang bernalar kritis, memiliki daya pikir dan analisis yang sangat bagus dalam memproses suatu informasi yang diterima dan menggunakan informasi tersebut sesuai kebutuhannya hususnya dalam pendidikan.
Peserta didik saya adalah peserta didik yang kreatif, dapat memciptakan suatu keterampilan yang dapat menumbuh kembangkan bakat dan potensi yang ada pada dirinya.
Refleksi mandiri 2
Silahkan lengkapi kalimat rumpang ini dengan sungguh-sungguh sepenuh hati dan pikiran, sehingga tersusun sebuah paragraf utuh yang dapat menggambarkan visi tentang murid dan sekolah yang Bapak/Ibu idam-idamkan.
Saya memimpikan murid-murid yang……………………………………………………...............
Saya percaya bahwa murid adalah ……………………………………………………...................
Di sekolah, saya mengutamakan ……………………………………………………......................
Murid di sekolah saya sadar betul bahwa …………………………………………………….......
Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk ………………………………………………….
Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa ……………………………………………....
Saya memimpikan murid yang beriman dan bertakwa pada tuhan yang maha Esa yang berakhlak mulia, memiliki etika, dan estetika serta hubungan baik dengan gurunya. Para peserta didik yang cerdas juga pandai dan memberikan manfaat bagi manusia. Semoga menjadi peserta didik yang sukses dunia dan akhirat.
Saya percaya bahwa murid adalah sosok yang memiliki kehendak dan dedikasi untuk terus belajar dan memperbaiki dirinya. Mereka yang menjadi murid sekarang ini dikemudian hari akan menjadi manusia seutuhnya yang memiliki dedikasi dan peran penting yang mendalam terhadap situasi dan kondisi, sehingga mereka memikirkan apa yang mereka harus lakukan setiap keadaan, dan bertanggung jawab atas pilihan dan tantangan yang akan di hadapinya. Setiap murid memiliki karakter dan skill yang berbeda-beda dengan segala pembawaan yang sesuai fitrahnya , serta gaya belajar yang harus bervariasi. Untuk itulah saya percaya bahwa mereka harus mendapat tuntunan dan bimbingan sesuai dengan kodratnya secara holistik.
Di sekolah saya mengutamakan kepentingan murid diantara berbagai kepentingan pekerjaan lainnya. Membimbing mereka di kelas adalah tugas utama. Dengan demikian, memberikan berbagai layanan dan tuntunan dan tontonan akademik seperti pengajaran, budi pekerti, suri tauladan, pengembangan minat dan bakat, yang tidak kalah penting dari tugas mengajar di kelas.
Murid di sekolah saya sadar betul bahwa mereka membutuhkan bimbingan, arahan, tuntunan, tontonan yang menggambarkan suri tauladan yang baik serta perhatian khusus sesuai dengan kemampuan mereka yang berbeda-beda. Tentu saja murid di sekolah saya memiliki keunikan tersendiri di setiap kelasnya.
Saya dan guru lain di sekolah saya yakin untuk terus menggali dan mengembangkan potensi dan minat bakat yang dimiliki oleh setiap individu peserta didik di sekolah.
Saya dan guru lain di sekolah saya paham bahwa setiap murid pasti memiliki bakat, minat dan potensi yang harus digali dan dikembangkan . Hal tersebut bisa jadi potensi dalam bentuk akademik dan non akademik termasuk olah raga, seni, budaya dan prakarya, bahasa, keagamaan, pengembangan bakat literasi, yang akan menunjang untuk pengembangan diri setiap individu.
Refleksi Mandiri 3: Visi sebagai seorang pendidik
Berikut ini saya mencoba untuk mengelaborasi jawaban atas pertanyaan-pertanyaan pemandu yang tersedia.
Apa makna pernyataan visi bagi Bapak/Ibu?
Bagi saya, visi adalah gambaran dari suatu tujuan yang ingin dicapai dalam sebuah perjalanan yang menuju pada suatu titik. Adapun bagaimana cara supaya sampai pada titik tersebut, menggunakan cara apa, dan proses dan tahapan seperti apa yang harus disiapkan dan ditempuh untuk melancarkan perjalanan menuju sebuah visi disebut sebagai misi.
Apa harapan, cita-cita Bapak/Ibu untuk murid, rekan pendidik, komunitas sekolah, kehidupan masyarakat di daerah Bapak/Ibu, dan bangsa-negara Indonesia?
Saya berharap bahwa murid, rekan pendidik, dan semua komunitas pendidikan yang ada di sekolah dan masyarakat di masa depan menjadi warga negara yang ceriman dan bertakwa pada Tuhan yang maha Esa dan berakhlak mulia. Setiap individu memiliki kesadaran dalam beragama,bergotong royong, mencintai lingkungan, mengasihi sesama manusia, serta saling menjaga hidup dan kehidupan sebagai manusia yang mermanfaat dan bermartabat.
Apa yang selama ini jadi keyakinan bersama dan menyatukan sekolah kita?
Visi dan misi sekolah yang ingin menjadikan setiap kegiatan akademika menjadi pribadi yang berakhlakul karimah, sehat lahir batin, cerdas, berprestasi dan berkebinekaan global.
Apa yang diharapkan menjadi pembeda antara murid di sekolah Bapak/Ibu dengan murid di sekolah lain?
Harapannya, murid di sekolah tempat saya mengajar memiliki keunggulan menjadi pembelajar mandiri (semangat dalam berkarya serta belajar dimana pun, kapan pun, dengan moda daring maupun luring) meski banayak rintanagan yang menghadang . Saya berharap mereka memiliki ciri khas murid yang sopan santun, menghormati sesama maupun yang lebih dewasa darinya, menjaga komunikasi yang baik dengan sesama mereka, dan memiliki rasa simpati dan empati untuk saling tolong menolong, peduli akan lingkungan sekitar dengan norma-norma yang berlaku.
Apa kontribusi orang dewasa dan para pemangku kepentingan di sekolah kita dalam mewujudkan murid dengan Profil Pelajar Pancasila?
-Membuat kegiatan pelatihan In-House Training diawal tahun pembelajaran.
-Merencanakan implementasi kurikulum merdeka, melalui rapat kerja.
-Melaksanakan proses pembelajaran yang merdeka belajar, berdiferensiasi, , dan terus membina minat serta bakat siswa.
-Merencanakan konsep proyek penguatan profil pelajar Pancasila dan membuat tim panitia yang terdiri dari komite pembelajar.
-Bekerja sama dengan berbagai pihak yang dapat terlibat langsung dalam proses mewujudkan murid dengan profil pelajar Pancasila termasuk komite orang tua, sosok inspiratif, serta komunitas praktisi lainnya
Susunlah rumusan VISI Bapak/Ibu dalam kalimat-kalimat yang menggunakan kata bermakna kuat, spesifik, berorientasi masa depan, menekankan potensi yang ada sehingga khas menggambarkan murid dan sekolah dalam konteks yang sesuai dengan kenyataan Bapak/Ibu masing-masing.
Visi: Terwujudnya Peserta Didik yang beriman dan bertakwa pada Tuhan yang maha Esa, Berakhlak mulia, mandiri, kreatif yang berasaskan pada profil pelajar pancasila serta dapat belajar sepanjang hayat".
WASSALAM
BERGERAK, TERGERAK DAN MENGGERAKKAN
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H