BEST PRACTICES
BAB I PENDAHULUAN
Â
- Latar Belakang MasalahÂ
Dalam praktik pembelajaran yang penulis lakukan selama ini, penulis menggunakan buku siswa dan buku guru sehingga pembelajaran tidak menarik dan monoton, menyebabkan motivasi belajar siswa rendah. Dari permasalahan tersebut penulis mengalami beberapa kesulitan seperti guru belum sepenuhnya menguasai penggunaan model pembelajaran Inovatif (TPACK).
Berdasarkan latar belakang tersebut, kemudian dilakukan identifikasi penyebab masalah yaitu guru kurang mampu dalam menguasai teknologi, guru mengajar kurang kreatif dan inovatif.
Upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan memvariasikan penggunaan model dan media pembelajaran. Dalam hal ini, guru menggunakan Model pembelajaran PjBL pada mata pelajaran PPKn. Guru juga menggunakan media pembelajaran berbasis TPACK berupa Canva, power poin dan vidio pembelajaran. Tantangan tersebut diselesaikan secara bersama dengan melibatkan dosen pembimbing, guru pamong, kepala sekolah, rekan sejawat guru, peserta didik, dan orang tua peserta didik.
BAB II
PEMBAHASAN
- AKSI
Langkah-langkah yang dilakukan untuk mengahadapi tantangan tersebut adalah sebagai berikut:
Memilih model pembelajaran yang tepat , mempelajari model pembelajaran inovatif melalui kajian literatur, mempelajari kemampuan awal serta gaya belajar peserta didik, mempelajari karakterisktik materi pelajaran yang akan disampaikan.
Strategi yang digunakan: